Pepaya sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Buahnya yang berwarna jingga kekuningan saat matang dikenal luas memiliki manfaat untuk melancarakan buang air besar. Namun sebenarnya, banyak lagi manfaat yang terkandung di dalamnya.

Banyak yang mengira bahwa pepaya berasal dari Indonesia. Sebenarnya bukan. Pepaya berasal dari Meksiko dan bagian utara Amerika Selatan. Namun sekarang sudah tersebar luas ke seluruh negeri yang berada di wilayah tropis untuk diambil buahnya.

Nama pepaya diambil dari bahasa Belanda papaja. Dalam bahasa jawa, pepaya disebut dengan kates dan dalam bahasa sunda disebut gedang.

Secara umum, buah pepaya diambil daging buahnya, baik ketika masih muda maupun yang sudah masak. Daging buah muda biasanya dimasak sebagai sayuran. Sedangkan yang sudah masak dimakan secara langsung maupun digunakan sebagai campuran koktail buah.

Selain itu, pepaya juga dimanfaatkan daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda biasanya dimakan dengan dilalap atau dijadikan pembungkus buntil. Getah pepaya dipercaya mengandung enzim papain yang dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein.

Satu buah pepaya ukuran sedang mengandung sekitar 120 kalori, 30 gram karbohidrat, 5 gram serat, 18 gram gula dan 2 gram protein. Dari satu buah pepaya dapat memberikan sekitar 224% dari kebutuhan harian orang dewasa.

Kandungan lainnya yang dapat ditemukan dalam buah pepaya antara lain seperti asam folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat, fiber 3, vitamin B, beta karoten, lutein, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin K dan lycopene.

Dengan banyaknya kandungan seperti di atas, buah pepaya memiliki banyak manfaat. Salah satunya manfaat untuk kesehatan. Beberapa diantaranya seperti.

1Anti Inflamasi

lensaremaja.com

Pepaya dapat berfungsi sebagai penghilang rasa sakit karena enzim anti-inflamasinya. Kandungan tersebut dapat bermanfaat bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama dan juga untuk mencegah kanker.

2Menguatkan Sistem Imun

reps-id.com

Vitamin C, vitamin A dan senyawa beta karoten yang terkandung dalam buah pepaya diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Dengan demikian, pepaya bisa menjadi pilihan buah yang dikonsumsi secara rutin untuk mencegah berbagai penyakit.

Penyakit tersebut antara lain seperti infeksi, flu, batuk dan demam.

3Menyehatkan Tulang

cindyyvalenciaa.blogspot.com

Sebagian besar resiko masalah pada tulang manusia berkaitan dengan kekurangan asupan vitamin K. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk menghindarkan resiko tersebut dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin.

Kandungan vitamin K di dalamnya dapat mencukupi kebutuhan tubuh harian. Vitamin K dalam tubuh berfungsi untuk mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium serta dapat mengurangi ekskresi kalsium yang tidak terkontrol.

4Mencegah Penyakit Jantung

pedulisehat.info

Penyakit jantung dapat dicegah dengan cukupnya asupan nutrisi dalam tubuh berupa serat, kalium dan vitamin. Meningkatkan asupan kalium yang dibarengi dengan upaya menurunkan asupan natrium merupakan hal yang penting untuk dijadikan pola makan sehari-hari.

Kandungan enzim yang terdapat pada pepaya juga dapat mencegah oksidasi kolesterol yang artinya menekan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah resiko penyakit kardoivaskular atau jantung.

5Mencegah Asma

sehatfresh.com

Bagi orang yang beresiko asma, disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung nutrisi beta karoten. Sedangkan dalam pepaya cukup banyak ditemukan kandungan beta karoten. Selain banyak juga ditemukan dalam brokoli, buah melon dan wortel.

6Mengurangi Berat Badan

plus.google.com

Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam buah pepaya muda terdapat lebih banyak enzim dibandingkan dengan buah pepaya yang sudah matang. Enzim dalam buah pepaya muda memberikan dampak mengurangi jumlah protein, karbohidrat dan lemak dalam tubuh.

Efeknya, sistem metabolisme dalam tubuh menjadi lebih optimal dan pembakaran lemakĀ  menjadi energi pun dapat berlangsung dengan baik.