Buah yang mirip dengan srikaya dan nangka ini mulai dari bakal buah hingga matangnya tetap berwarna hijau.

Banyak yang beranggapan buah sirsak berasal dari negeri Belanda, namun sebenarnya tidak demikian. Mungkin karena mereka mengambil kesimpulan dari nama buah tersebut yaitu Durian Belanda (sebutan sirsak ditanah minang).

Tanaman sirsak berasal dari “Karibia” suatu daerah di Amerika Tengah dan juga berasal dari  Amerika Selatan. Pertama kali diperkenalkan diindonesia oleh bangsa Belanda yang dibawanya dari benua Amerika.

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda. Zuurzak. yang berarti “kantung yang asam”.

Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan “buah” sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah.

Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim.

Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.

Makanya durian ini juga disebut Durian Belanda.

Namun sebutan untuk buah sirsak ini untuk berbagai daerah diindonesia juga berbeda-beda misalnya di tanah sunda orang menyebutnya Nangka Walanda, di Jawa orang menyebutnya Nangka Landa, di tanah minang orang menyebutnya dengan Durian Betawi tetapi ada juga yang menyebutnya Durian Belanda.

Lain padang lain pula belalangnya, lain tempat lain pula sebutannya. Hehehe.

Tanaman sirsak tumbuh baik di iklim lembab dataran rendah hingga dataran tinggi 1.000 meter di atas permukaan laut. Di dataran beriklim kering, tanaman ini dapat tumbuh dan berbuah, asalkan air tanah dangkal kurang dari 150 cm.

Curah hujan yang sesuai antara 1500-2,000 mm/tahun dengan musim kemarau 4-6 bulan. Derajat keasaman (pH) tanah yang baik untuk tanaman sirsak 5,5 – 7, tetapi dapat tumbuh di semua jenis tanah.

Tanaman sirsak dapat diperbanyak dengan biji dari buah yang dipilih dan cukup lama akan menghasilkan tanaman dengan cukup banyak dalam waktu singkat.

Benih yang berasal dari biji dianggap baik karena memiliki akar tunjang cukup kuat, namun akan mengalami penyimpangan alam dari pohon induk.

Buah sirsak sangat segar jika dikonsumsi menjadi minuman pada terik siang matahari. Apalagi jika ditambahkan dengan es di dalamnya.

Ternyata buah ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu. Hal ini sangat wajar, karena buah sirsak mengandung banyak senyawa bermanfaat seperti serat, karbohidrat, kalium, Vitamin C, kalsium, air, dan lemak.

Nah, dari sinilah kita bisa memprediksikan bagaimana manfaat buah sirsak bagi tubuh.

Buah sirsak memiliki kandungan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat dalam sirsak dapat mengontrol berat badan.

Dalam satu gelas sirsak mengandung karbohidrat sebanyak 38 gram sebagai sumber energi tubuh. Karbohidrat yang terkandung dalam buah tentunya lebih sehat dibandingkan yang terdapat dalam kue yang justru berakibat buruk bagi kadar gula dalam darah seseorang.

Sirsak mengandung kalium yang dapat membantu otot-otot di dalam tubuh, mengatur tingkat tekanan darah, dan juga untuk perbaikan tulang.

Sirsak memiliki kandungan vitamin C tinggi yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang berfungsi untuk melawan berbagai macam penyakit dalam tubuh, termasuk menyembuhkan luka dan mencegah kerusakan kulit.

Pada buah sirsak juga terdapat fosfor dan kalsium.

Fosfor dan kalsium adalah golongan mineral yang dominan terdapat pada buah sirsak, dengan kisaran 27 : 14 mg / 100 gr buah sirsak. Fosfor dan kalsium berperan penting dalam proses pembentukan  massa tulang, sehingga bisa menguatkan tulang dan mencegah pada pelunakan tulang sertapengeroposan pada tulang.

Selama ini buah sirsak mungkin hanya dikenal untuk menghilangkan rasa haus di tenggorokan. Sebagaimana buah yang lainnya.

Nah, jika kamu atau keluargamu memiliki beberapa keluhan sakit seperti berikut ini, cobalah untuk mengkonsumsi buah sirsak secara rutin.

Kandungan kalsium, mineral, vitamin dan serat di dalamnya mungkin bisa menjadi solusi atas permasalahan sakitmu selama ini.

Baca juga: Manfaat Buah Manggis

1Kolesterol Jahat

jokowinomics.com

Sirsak memiliki kandungan vitamin C dan serat yang baik sekali untuk tubuh. Fungsi serat yang terkandung dalam buah sirsak rupanya dapat menyerap kolesterol jahat dalam tubuh.

Hingga pada akhirnya yang tersisa dalam tubuhmu hanyalah kolesterol baik.

Caranya, konsumsilah segelas jus sirsak secara rutin. Bila memungkinkan, minumlah setiap hari.

Untuk kamu yang masih ragu mencobanya, cari tahulah apa dampak buruknya bila kolesterol jahat banyak berada di dalam tubuhmu.

2Imunitas Tubuh Tidak Terjaga

obatimunitas.com

Dampak sistem imunitas tubuh yang tidak terjaga bagi tubuh sangatlah berbahaya. Kamu akan mudah terserang penyakit akibat radikal bebas yang mengkontaminasi tubuhmu setiap hari.

Penuaan dini juga menjadi ancaman lain bila imunitas tubuhmu lemah. Untuk itu, bagi kamu yang ingin senantiasa terlihat segar dan muda cobalah mengkonsumsi buah sirsak secara teratur.

Di dalam 300 gram buah sirsak terkandung sekitar 60 miligram vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh dalam satu hari. Vitamin inilah yang dapat menjaga imunitas tubuh kita.

3Tulang Keropos

caramengobatikistaginjal.rizalherbal.com

Selain kandungan serat dan vitamin C, buah sirsak juga kaya akan kandungan kalsium, fosfor dan tembaga.

Setiap 100 gram buah sirsak ternyata mengandung 14 miligram kalsium dan 27 gram fosfor. Kalsium dan fosfor memiliki fungsi yang baik sekali untuk menjaga kesehatan tulang.

Sedangkan kandungan tembaga yang juga ada dalam buah sirsak sangat penting sebagai zat pembantu penyerapan kalsium pada tulang secara lebih maksimal.

Jika kalsium dapat terserap dengan baik oleh tulang, maka ancaman penyakit osteoporosis bagi kamu akan menjauh.

4Kanker

dadiobatkankerusustradisionalblog.wordpress.com

Senyawa fitokimia yang memiliki nama Annonaceous acetogenins juga ditemukan dalam buah sirsak.

Senyawa fitokimia ini sangat baik sekali untuk menangkal berbagai virus berbahaya. Salah satunya dapat menangkal virus kanker.

Beberapa jenis virus kanker yang dapat kamu cegah dengan mengkonsumsi rutin buah sirsak antara lain seperti kanker pada prostat, payudara, usus besar dan beberapa jenis kanker lainnya.

Kamu bisa mengkonsumsi buah sirsak ini secara langsung atau yang sudah dalam bentuk obat.

5Migrain

warta.sumedang.info

Kamu sakit kepala sebelah?

Buah sirsak dapat menjadi obat yang tepat untuk menyembuhkan sakitmu. Selain mengkonsumsi obat kimia untuk migrain, kandungan riboflavin atau vitamin B2 yang tinggi dalam buah sirsak dapat menjadi obat yang ampuh.

Vitamin B2 ini dapat mengatasi keluhan migrain yang menjadi kendalamu dalam beraktifitas.

6Kulit Kering

mengatasikulitkering.com

Kulit yang lembab dan bersinar adalah dambaan setiap orang. Khususnya bagi kaum wanita. Menjaga kelembabab kulit menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan.

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah sirsak juga memiliki fungsi membantu kulit tetap lembab.

Kamu bisa mendapatkan pasokan vitamin C untuk kebutuhan kulitmu dengan mengkonsumsinya secara langsung.

7Menghilangkan Bisul

www.alodokter.com

Bisul adalah penyakit yang sebenarnya tidak berbahaya. Tetapi mungkin bisul yang timbul pada kulit anda akan menjadikan anda kurang percaya diri. Bisul tak hanya bisa diobati dengan menggunakan salep saja.

Ternyata bisul bisa diobati dengan obat-obat alami seperti buah sirsak.

Cara menjadikan sirsak sebagai obat bisul juga cukup mudah. Pisahkan sirsak dari isinya. Lalu haluskan hingga lembut seperti bubur. Setelah itu tempel kan adonan sirsak tersebut pada kulit anda yang terkena bisul. Biarkan hingga kering beberapa saat.

Setelah kering, basuhlah dengan air hangat hingga bersih. Lakukan perawatan ini selama beberapa kali hingga bisul yang menempel pada kulit anda menghilang.

8Mengatasi Wasir

www.alodokter.com

Wasir atau ambeien tidak hanya perlu memerlukan obat saja untuk menyembuhkannya. Kamu juga perlu nutrisi alami untuk mempercepat sembuh nya wasir.

Kamu bisa menggunakan buah sirsak untuk membantu cepat sembuh nya wasir yang kamu derita.

Caranya pembuatan obat wasir dari sirsak juga mudah. Pertama, kamu bisa menyeduh sirsak dengan air panas. Setelah itu pisahkan antara buah dan airnya. Lalu peras lah buah sirsak yang diseduh tadi.

Ambil airnya dan minumlah. Minum ramuan khusus wasir ini selama dua kali sehari hingga wasir sudah bisa dipastikan sembuh.

9Manfaat Daun Sirsak

ragammanfaat.com

Ternyata tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat tetapi daun dari buah sirsak juga menawarkan beragam manfaat bagi manusia.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan ada banyak sekali yang harus terutama khasiatnya untuk kanker, diabetes, dan sebagai obat asam urat. Termasuk diabetes, melawan kanker, asam urat, nyeri tulang punggung dan beberapa penyakit lainnya.

Daun sirsak dapat menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif daripada kemoterapi yang menghasilkan beberapa efek samping selain biaya yang sangat mahal.

Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa sirsak memiliki bahan aktif yang 10,000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Dengan demikian, daun sirsak dapat mengobati berbagai jenis kanker termasuk prostat, paru-paru dan kanker payudara.

Sakit punggung sering kita alami terutama saat berolahraga dan bertambahnya usia. Menggunakan obat-obatan kimia untuk sakit punggung dapat menyebabkan efek samping. Daun sirsak merupakan obat herbal yang efektif untuk mengobati nyeri punggung tanpa efek negatif.

Kandungan nutrisi daun sirsak diyakini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh manusia. Rebus daun sirsak 4-5 lembar di 4 gelas air sampai tersisa satu gelas air dan minum ramuan ini secara teratur sekali dalam sehari untuk hasil yang bermanfaat.

Senyawa antioksidan dalam daun sirsak sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Selain manfaat yang disebutkan di atas, daun sirsak sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan perkembangan tumor. Sifat penyembuhan yang dimiliki membuat daun sirsak mampu digunakan sebagai obat anti-kejang.

Mereka juga mampu mengurangi demam dan menurunkan tekanan darah tinggi. Daun sirsak membantu dalam mengobati peradangan dan kaki bengkak. Mereka membantu pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.

Konsumsi daun sirsak secara teratur membantu dalam meningkatkan stamina dan memfasilitasi pemulihan yang cepat dari berbagai penyakit.

Eksim atau eczema merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk kelainan kulit (salah satu penyakit kulit). Eksim ini hampir mencakup seluruh kelainan kulit contohnya adalah kelainan kulit basah atau kelainan kulit yang terlalu kering.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, daun sirsak bisa mengobati eksim dengan cara alami. Anda dapat menggunakan daun sirsak sebagai masker (dengan menghaluskannya terlebih dahulu) dan mengoleskannya pada daerah yang terkena dua kali sehari secara teratur.

Hal ini akan membantu dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh eksim selain untuk menyembuhkannya tentunya.

Nah manfaat daun sirsak untuk kanker masih dalam perdebatan yang sangat panjang, namun secara garis besar kanker memang penyakit yang sampai saat ini masih sulit di sembuhkan.

Beberapa penderita dan keluarganya tidak heran mencoba berbagai herbal dan tumbuhan untuk mengobati kanker tersebut, termasuk salah satunya daun sirsak. Dari penelitian medis, memang terdapat beberapa kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun sirsak yang dapat diandalkan untuk membasmi kanker.

Penelitian lebih lanjut mengenai daun sirsak masih terus dikembangkan dan menjadi salah satu yang paling di tunggu dalam dunia medis.

Manfaat daun sirsak dapat mengobati berbagai penyakit dalam tubuh manusia bahkan mengobati penyakit paling berbahaya di dunia seperti kanker.

Namun ada beberapa cara yang benar untuk menggunakan daun sirsak ini sebagai obat dan agar memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh manusia.

Tidak seperti manfaat buah lainnya yang hanya sebagai nutrisi, daun sirsak cenderung lebih maksimal untuk beberapa penyakit berbahaya.

Batas kadar gula normal dalam darah kita berkisar antara 70 mg sampai 120 mg. Nutrisi dalam daun sirsak diyakini menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi obat herbal diabetes alami

10Fakta Menarik Mengenai Sirsak

www.herba.co.id

Sirsak bisa kita katakan sebagai tumbuhan super, mengapa ? hal ini dikarenakan telah banyak penelitian yang dilakukan dan menemukan bahwa hampir seluruh bagian dari sirsak mulai dari kulit, daun, akar, dan tentu saja buahnya dapat dijadikan sebagai herbal tradisional yang ampuh untuk tubuh manusia, kesehatan, atau pun bagian luar.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan sangat banyak sekali dan manfaat yang paling fenomenal adalah untuk mengobati kanker. Namun bukti empiris dari dunia medis masih belum pernah mengkonfirmasi hal tersebut.

Karena manfaat kesehatan memang sangat banyak maka setiap orang berusaha untuk mencari berbagai alternatif obat alami yang paten.

Jika kamu sering mengkonsumsi buah sirsak tetapi merasa bosan dengan sirsak yang biasa-biasa saja, mungkin beberapa resep dibawah ini dapat membantu kreasimu untuk mengolah buah sirsak.

11Chiffon sirsak

Bahan:

–    250 gram daging buah sirsak
–    7-8 butir putih telur
–    100 gram gula halus, ayak
–    1 sdt garam
–    ½ sdt cream of tar-tar
–    200 gr tepung terigu, ayak
–    100 gram gula halus, ayak
–    3 sdm susu bubuk
–    1 sdm baking powder

Cara membuat:

Remas-remas buah sirsak dengan air secukupnya, saring dan ukur airnya sebanyak ¾ gelas (150 cc ), lalu sisihkan. Kocok putih telur sampai naik. Masukkan gula, garam, dan cream of tar-tar sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai kaku.

Sementara itu, ayak terigu, gula, susu, baking powder, dan vanili. Buat lubanh ditengahnya, lalu masukkan kuning telur ke dalamnya.

Aduk pelan-pelan mulai dari tengah ke tepi sambil dituangi minyak sedikit demi sedikit secara bergantian dengan sirsak, lakukan hingga adonana rata dan lembut.

Tuang adonan sedikit demi sedikit ke dalam putih telur sambil di aduk pelan-pelan dengan sendok kayu hingga rata. Tuang setengah bagian adonan ke dalam Loyang chiffon dan aduk sisa adonan dengan larutan  cokelat rata, lalu tuang di atas adonan putih.

Panggang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 180° celcius sampai kue matang, lalu angkat. Setelah dingin keluarkan kue dari Loyang.

12Stik Sirsak

Bahan:
–    25 lembar kulit pangsit
–    250 gram sirsak
–    150 gram gula pasir
–    1 butur putih telur
–    750 ml minyak goring

Cara membuat:

Haluskan sirsak dengan blender (jangan di tambah air). Masak sirsak dan gula di atas api kecil sambil diaduk hingga matang dan kental. Angkat dan biarkan uap panasnya hilang.

Ambil kulit pangsit, lalu isi dengan sirsak secukupnya. Gulung dengan arah diagonal, rekatkan dengn putih telur pada kedua ujungnya. Bentuk seperti gulungan lumpia supaya semua bagian terbungkus rata..

Panaskan minyak, lalu goreng adonan hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan biasa atau bisa juga dengan selai.

13Cheese cake Sirsak

Bahan:

–    75 gram mentega tawar
–    250 gram crean cheese
–    100 ml whipped cream
–    4 butir kuning telur
–    4 butir putih tlur
–    50 gram sirsak tanpa biji, haluskan dengan blender
–    1/8 sdt garam
–    150 gram gula kastor
–    50 gram tepung terigu protein sedang
–    50 gram tepung maizena
–    1 sdm air jeruk nipis

Bahan lapisan:

–    50 gram sirsak,haluskan dengan blender
–    75 gram guls pasir
–    100 ml air

Cara membuat:

Campur mentega, , dan cream cheese, dan  whipped cream. Masak di atas api kecil hingga semua bahan larut, lalu angkat. Masukkan terigu dan maizena sambil di aduk hingga rata. Masukkan kuning telur dan sirsak, aduk rata, lalu sisihkan.

Kocok putih telur hingga berbusa. Masukkan gula kastor, garam dan air jeruk nipis perlahan sambil terus diaduk hingga kaku

Tuang ¼ putih telur dalam cream cheese kocok, aduk rata. Tuang kembali dalam putih telur kocok, aduk perlahan hingga rata.

Tuang dalam Loyang bulat berdiameter 26 cm yang telah diolesi dengan margarine dan diberi alas kertas roti.

Masak dalam oven bersuhu 150° celcius dengan cara ou bain marie selama 75-90 menit (hingga kuning keemasan). Angkat dan dinginkan.

Untik lapisan,campue semua bahan,lalu aduk rata. Masak di atas api sedang sambil diaduk hingga rata dan mendidih, lalu angkat.

Tuang di atas cheese cake, lalu dinginkan. Potong dan hias sesuai selera. Cake siap disajikan.

14Pudding Sirsak

Bahan:

–    7 gram agar-agar putih
–    200 cc daging buah sirsak yang sudah dihaluskan dengan blender
–    500 cc air
–    50 gram gula pasir
–    2 sdm susu sapi kental manis
–    ½ sdt pasta sirsak
–    1-2 tetes pewarna kue warna hijau

Saus sirsak:

–    1 gelas daging buah sirsak yang sudah dihaluskan
–    250 cc air
–    100 gram gula pasir

Cara membuat:

Campur agar-agar, sirsak, air, gula pasir, dan susu sapi kental manis. Masak di atas api sedang sambil di aduk sampai mendidih.setelah mendidih, matikan apinya.
Tuang ke dalam cetakan/ wadah gelas, dinginkan. Taburi dengan almond cincang. Untuk saus sirsak, masak sirsak, air dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih. Angkat, kemudian saring. Gunakan untuk saus pudding.

15Manfaat Sirsak Bagi Kecantikan

astaga.co
Selain itu, memanfaatkan buah sirsak sebagai masker juga dapat menjadi cara lain. Mudah bukan?
Tidak perlu membuat masker yang menggunakan cara pengolahan yang sulit. Meskipun buah ini memiliki tekstur yang berbeda dari kebanyakan buah lainnya, cukup gunakan cara sederhana seperti membuat masker buah lainnya.
Pertama siapkan buah sirsak yang masih segar. Bersihkan dari kulit serta buang bijinya. Haluskan atau blender buah ini sampai berbentuk seperti bubur. Buah yang sudah halus, bisa dioleskan pada permukaan wajah.
Diamkan kurang lebih 5 sampai 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Mudah bukan, lakukan hal ini secara rutin maka akan menunjukkan hasil yang memuaskan.
Dilansir dari situs id.wikipedia.org, antioksidan adalah zat yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi. Zat ini mampu memperlambat atau menghambat oksidasi zat yang mudah teroksidasi meskipun dalam konsentrasi rendah.
Anti oksidan diketahui sebagai senyawa-senyawa yang melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas. Komponen kimia yang berperan sebagai antioksidan adalah senyawa golongan fenolik dan polifenolik.

 

Senyawa-senyawa golongan tersebut banyak terdapat di dalam, terutama pada tumbuh-tumbuhan, dan memiliki kemampuan untuk menangkap radikal bebas, termasuk si sirsak ini.

Jika buahnya bisa kamu jadikan masker, begitu juga dengan daun sirsak. Selain bisa dijadikan masker untuk wajah, daun sirsak juga bisa direbus dan langsung diminum air rebusannya, air rebusan daun sirsak dipercaya dapat mengencangkan kulit wajah dan membuat wajah terlihat lebih segar.

Siapa sangka kalau daun sirsak juga bisa berfungsi sebagai obat anti-kutu rambut? Untuk mengatasi kutu yang bersarang di rambut, gunakan daun sirsak yang sudah dilumatkan untuk creambath. Usapkan hingga merata di seluruh bagian rambut dan kulit kepala.

Setelah itu bungkus kepala dengan handuk hangat dan diamkan selama 30 menit.

Daun sirsak mengandung bahan yang bersifat anti-parasit. Jika dioleskan pada kulit kepala kandungan anti-parasit tadi akan membantu melawan ketombe beserta gejala yang ditimbulkan, termasuk kulit kepala gatal dan kering.

Yap! Selain memiliki manfaat bagi kesehatan dan mampu mengalahkan ragam penyakit, buah dan daun sirsak juga memiliki khasiat dalam merawat kecantikanmu.

Buahnya memiliki kandungan vitamin C dan memiliki zat anti-oksidan yang sangat baik untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Maka minumlah jus buah sirsak secara teratur, agar kamu terlihat awet muda.
2. Di dalam 100 gram buah sirsak terkandung berbagai jenis zat alami yang memiliki manfaat bagi kecantikan yaitu terdapat :
Pertama : 1 gram protein; bila tubuh kita kekurangan asupan protein, salah satu efek yang timbul adalah masalah kerontokan rambut.
Kedua : 0,6 miligram zat besi, zat besi dalam buah sirsak akan menjaga kualitas sel darah serta mencerahkan warna kulit wajah maupun kulit tubuh.
Tentu memanfaatkan daun dan buahnya sangat besar bagi perawatan dan pemeliharaan baik kesehatan dan kecantikan kita. Bagaimana kamu tertarik untuk mencoba dan memanfaatkan khasiat kekayaan alam ini?
Khasiat selanjutnya, daun sirsak juga dapat menumpas jerawat, flek hitam, dan komedo pada wajah sehingga wajah anda akan lebih bersih dan bersinar.
Berikut cara melakukan perawatan wajah dengan menggunakan daun sirsak, cukup kamu petik 6 lembar daun sirsak dan kemudian tumbuhlah hingga halus.
Setelah itu, mencampurkan air mawar pada daun sirsak yang sudah ditumbuk dan gunakan sebagai masker pada wajah. Kamu juga bisa menggunakan daun sirsak untuk mengencangkan kulit dan terlihat lebih awet muda dengan cara merebus daun tersebut dan minumlah air rebusan daun sirsak tersebut secara rutin.
Setelah mengetahui informasi tentang manfaat daun sirsak untuk kecantikan, maka para wanita bisa langsung mempraktekannya di rumah agar kecantikannya semakin sempurna.