Pasti kalian telah mengenal bunga matahari bukan? Aduh rasanya kok kebangetan ya kalau belum tahu, bunga matahari sering dipakai ektraknya untuk berbagai produk kecantikan.

Bukan itu saja, bijinya yang biasa kita sebut kwaci juga banyak dijual di pasaran. Jadi bagaimana mungkin kita tidak tahu bunga satu ini?

Bunga matahari yang dalam bahasa latinnya Helianthus annuus L. merupakan tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hiasmaupun tanaman penghasil minyak.

Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30 cm). Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol.

Bunga matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap / condong ke arah matahari atau heliotropisme.

Meskipun sekarang sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil.

Bunga matahari memiliki nama latin Helianthus annuus Linn. dan masuk dalam family Compositae. Sama seperti lidah buaya, bunga matahari merupakan tanaman hias yang sering dijadikan sebagai obat tradisional.

Kandungan kimia yang terdapat pada bunganya antara lain: Quercimeritrin, helianthoside (A,B,C), oleanolic acid, echinocystic acid.

Sedangkan dalam bijinya terkandung Beta-sitosterol, prostaglandin E, chlorogenic acid, quinic acid, phytin, 3,4-benzopyrene.

Semua bagian bunga matahari memiliki khasiat untuk kesehatan lho Guys. Mau tahu apa saja? Check it out Guys!

1Bunga Matahari

tanamanobat.tk

Bunga matahari memiliki efek untuk menurunkan tekanan darah dan sebagai pengurang rasa sakit yang mujarab. Biasanya digunakan untuk meredakan sakit kepala yaitu dengan mengambil 30 gram bunga matahari.

Kemudian direbus dengan satu butir telur ayam (jangan dipecahkan ya Guys telurnya). Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas. Kemudian air rebusan tersebut diminum sesudah makan sebanyak dua kali sehari.

2Biji Bunga Matahari

indonesian.alibaba.com

Dapat mencegah penyakit kardiovaskular akibat kekurangan nutrisi seperti vitamin E.

Disamping itu vitamin E dalam biji bunga matahari juga bersifat sebagai antioksidan yang kuat, salah satu fungsinya untuk mencegah efek radikal bebas yang terjadi akibat oksidasi kolesterol.

Saat tubuh teroksidasi, kadar kolesterol akan menempel pada dinding vena sehingga berpeluang besar pada aterosklerosis yang pada ujungnya menyebabkan serangan jantung maupun stroke.

Dan dengan mengonsumsi seperempat cangkir biji bunga matahari, maka kita dapat memenuhi 90% hingga lebih kebutuhan vitamin E harian. Wah, hebat juga ya? Ini kwaci yang imut itu lho!

Bukan itu saja Guys. Biji bunga matahari membantu melindungi kulit dengan menangkal molekul reaktif yang dapat menyerang sel, sehingga mencegah terjadinya kerusakan.

Karena kaya akan vitamin E juga biji bunga matahari yang diolah menjadi minyak dapat melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet. Ya ampun, diborong aja ya nih manfaatnya. Hehehe

3Daun Bunga Matahari

pixabay.com

Next, daunnya pun memiliki manfaat yang lumayan Guys, apa saja? Yup, daun bunga matahari bisa digunakan sebagai anti-radang, anti-malaria, dan analgesik (penahan rasa sakit).

Contohnya, untuk mengobati rematik, kita rebus beberapa helai daun dan sebuah tangkai kepala bunga matahari sampai menjadi kanji. Kemudian tempelkan kanji tersebut ke bagian yang sakit seperti menggunakan salep.

4Sumsum Batang Bunga Matahari

deherba.com

Sumsum batang bunga matahari bisa digunakan untuk menambah vitalitas, mengobati liver, alagesik, dan lainnya.

5Minyak Bunga Matahari

100gambarbunga.blogspot.com

Bekerja sebagai emolien yang efektif, menghilangkan jerawat, perlindungan kulit dari sinar matahari, mencegah penuaan dini, dan mencegah infeksi kulit.

Wah, bukan main ya ternyata manfaat dari bunga matahari itu? Semoga kita selalu bermanfaat seperti bunga matahari ini ya Guys? Aamin. Hehe

 

SHARE