Apa yang terpikir saat mendengar kata bunga mawar? tentu saja bunga dengan segala keindahan. Mawar memang menjadi simbol keindahan sekaligus romantisme.

Warnanya yang indah dan baunya yang sangat harum membuat bunga mawar kadang identik dengan wanita. Mawar memang memiliki daya tarik tersendiri.

Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini.

Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter.

Jadi meski sangat indah, bunga mawar juga bisa berbahaya karena memiliki duri yang sangat tajam.

Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

Mawar memang sejak zaman dulu digunakan untuk keindahan dari berbagai peradaban.

Sejarah mawar sebagai sarana kecantikan para puteri bangsawan di Cina dapat diteliti dari sebuah cawan mangkuk porselein-keramik dari Dinasti Qing yang unik yang ternyata dibuat khusus untuk merendam kelopak-kelopak mawar

Jika para wanita di Eropa memakai baskom terbuat dari logam atau aluminium, untuk merendam kelopak mawar. Kaum bangwasan Dinasti Qing memakai cawan-mangkok dari keramik.

Nah jadi terbukti jika mawar selain untuk hiasan juga bisa berguna untuk kecantikan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat bunga mawar untuk kecantikan.

1Menghaluskan Kulit

www.goodhousekeeping.com

Bunga mawar sangat berguna sebagai bahan Kecantikan alami untuk kulit kering dan sensitif. Selain itu, jika kamu mengalami kondisi kulit yang kering dan agak sensitif harus mencoba air bunga mawar ini.

Karena air mawar ini dapat memberikan perlindungan pada kulit dengan cara memberikan kelembaban secara alami.

2Pencerah Wajah

www.sebarkan.co

Air rendaman bunga mawar dapat dimanfaatkan sebagai toner atau pencerah alami bagi kulit. Menggunakan air mawar sebagai bilasan pada bagian tubuh seperti wajah akan membuat wajah tampak lebih segar dan semakin bercahaya.

Kandungan vitamin E dan juga vitamin A dapat menjadikan kulit wajah anda menjadi lebih cerah dan menyegarkan.

Caranya sangat sederhana yaitu anda ambil kapas kemudian celupkan pada air kapas. Setelah itu tepukkan pada kulit wajah secara merata. Usahakan menggunakan air mawar yang sudah didinginkan agar kulit kamu terasa lebih segar.

3Aromaterapi

hamiltongardens.co.nz

Bunga mawar dapat berguna sebagai aromaterapi, mawar yang dicampurkan pada air akan mengeluarkan minyak dan aroma alami yang membantu menenangkan kulit dan membuatnya rileks.

Mandi dengan air mawar juga akan melembabkan kulit serta meghindarkannya dari kulit kering, kasar dan kusam.

4Obat Jerawat

www.cangcut.net

Kamu yang memiliki masalah pada kuit wajah terutama jerawat, sebaiknya coba bubuhi wajah dengan air mawar dalam balutan kapas.

Sifat anti-bakteri yang terkandung didalamnya dapat mencegah dan mengatasi jerawat serta menenangkan kulit wajah yang iritasi atau ruam kemerahan.

5Mawar Pencegah Penuaan Dini

www.santabanta.com

Kandungan pada air mawar juga mempunyai kandungan Rose Hip Seed. Kandungan ini mempunyai vitamin C yang 8 kali lebih banyak dan membuat mawar bisa menjadi anti oksidan alami untuk menangkal paparan radikal bebas pada wajah kita.

Nah ini juga menjadikan kulit jadi elastis dan memungkinka kulit menjadi lebih kencang dari meminimalisir kerutan pada wajah secara alami.

6Baik untuk Rambut

www.cuisineandhealth.com

Jika kondisi keadaan rambut kepala kering, banyak ketombe, kotor-kotor dan mengalami iritasi. Ada baiknya anda mencoba untuk menyiram kepala kamu dengan air mawar.

Karena mawar mengandung antiseptik alami sehingga dapat menjadikan rambut dan kulit kepala menjadi bersih.

 

SHARE