jeqweb.com

1001 Macam Manfaat Bunga Melati

Posted on

Sudah tahukah kamu bunga melati? Tentu tidak ada yang tidak tahu lagi, bunga ini merupakan salah satu bunga kebanggaan masyarakat Indonesia. Bunga ini juga menjadi ikon di daerah tertentu, misalnya bali. Di bali bunga melati sangat berharga.

Bunga melati mempunyai bau yang khas, yang aromanya tidak bisa di kalahkan oleh bunga lain.

Warnanya yang putih melambangkan kesucian dan kandungan bermanfaat di dalamnya bermacam-macam, mulai dari indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic, dan jasmon.

Tidak hanya untuk hiasan guys, bunga melati juga bisa untuk kesehatan lho, dilihat dari kandungannya bunga melati bisa dimanfaatkan oleh kesehatan tubuh manusia, penasaran apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Yuuk disimak di bawah ini.

Mengobati Demam dan Sakit Kepala

deherba.com
deherba.com

Bunga melati bisa digunakan untuk menurunkan demam lho guys, gak percaya coba aja kalau tidak percaya. Caranya siapkan segenggam bunga melati, trus remas-remas trus hingga hancur.

Setelah itu siapkan air hangat dan rendam remasan bunga melati tersebut. Setelah didiamkan sekitar sepuluh menit, remasan bunga melati tersebut gunakan untuk mengompres dahi.

Mengobati Sengatan Lebah atau Serangga

sayangi.com
sayangi.com

Bunga melati bisa juga digunakan untuk mengobati sengatan lebah atau serangga lho, caranya mudah juga. Remas terus segenggam melati sampai halus, trus tempelkan pada luka yang terkena sengatan tersebut.

Mengobati Sesak Nafas

gejalapenyebabsakit.blogspot.com
gejalapenyebabsakit.blogspot.com

Sesak nafas juga bisa diobati dengan bunga melati lho. Buat kamu yang punya sesak nafas kamu bisa melakukan dengan cara ini.

Rebus 20 lembar bunga melati, garam, dan 3 gelas air secara bersamaan. Tunggu hingga rebusan air hanya tersisa untuk dua gelas. Sesudah air rebusan dingin, saringlah air rebusan bunga melati tersebut dan minum.

Lakukan ini dua kali sehari yaitu saat pagi dan sore, sesak nafas akan berangsur pulih.

Mengobati Sakit Mata

gudangkesehatan.com
gudangkesehatan.com

Buat kamu yang sakit mata seperti iritasi atau mata merah keluar air trus dan bingung dengan obat alami, kamu bisa gunakan bunga melati untuk mengobatinya, caranya tidak beda dengan cara-cara yang ada di atas.

Siapkan segenggam bunga melati dan remas-remas hingga halus, tempelkan di dahi diatas mata. Apabila bunga melati sudah kering segera ganti dengan yang baru.

Mengobati Demam Berdarah

balihealthdigest.com
balihealthdigest.com

Penyakit parah seperti ini pun juga bisa diobati dengan bunga melati lho, caranya. Rebus 7 lembar daun melati dan satu seper empat gram belimbing dicampur dengan air 250 mili dalam satu gelas air.

Setelah didiamkan beberapa menit, minumkan kepada penderita sakit tersebut, lakukan ini 3 hari berturut-turu dengan dosis 8 gelas per hari.

Mengobati Radang Ginjal

klinikherbaljengana.com
klinikherbaljengana.com

Tidak hanya temulawak saja yang bisa mengobati radang ginjal, tapi meati juga bisa guys.Caranya cukup gampang kok. Rebus 15 gram daun melati yang sudah dikeringkan dengan dua gelas air, tunggu sampai air sampai berkurang separuh.

Rebusan air tersebut minum selama sehari dua kali, minum terus sampai urine berubah menjadi normal.

Mengobati Radang Usus

health.kompas.com
health.kompas.com

Radang usus juga bisa diobati dengan bunga melati, tapi jenis melati poncosuda. Caranya mudah seperti mengobati radang ginjal, cuma beda awalnya saja, yaitu dengan 3 gelas air.

Mengobati Jerawat

anggaputra.com
anggaputra.com

Jerawat juga bisa hilang secara alami dengan menggunakan bunga melati, caranya Siapkan bunga melati 20 kuntum, asam kawak sebanyak 2 hari, 3 gram belerang dan 2 SDM air jeruk nipis.

Cuci semua bahan yang ada dan tumbuk hingga halus, peras bahan yang sudah ditumbuk dan tambahkan jeruk nipis, oleskan pada wajah yang berjerawat dua kali sehari dan diamkan selama 10 hingga 15 menit, trus bilas wajah sampai bersih.

Bunga melati bila dikonsumsi juga bisa mencegah penuaan, mencegah kolestrol dan juga menyeimbangkan gula darah lho guys, hebat kan bunga putih wangi ini. Tanam di rumahmu guys, buat persediaan obat kan juga lumayan.

 

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *