Cuka apel kini digemari sebagai minuman yang menyehatkan dan memiliki banyak manfaat. Rasanya memang masam karena cuka ini hasil fermentasi.

Fermentasi adalah proses dimana gula dalam makanan dipecah oleh bakteri dan ragi. Pada tahap awal fermentasi, gula diubah menjadi alkohol. Kemudian, jika alkohol mengalami fermentasi lebih lanjut akan menghasilkan cuka.

Cuka memang bisa dibuat dari beberapa buah-buahan dan sayuran. Apel yang kaya manfaat pun dibuat juga cuka dari bahan bubuk apel.

Kandungan utama cuka apel seperti halnya cuka yang lain adalah asam asetat. Cuka juga mengandung asam-asam lainnya, vitamin, garam mineral, dan asam-asam amino.

Selain bisa langsung diminum, cuka apel juga bisa digunakan sebagai campuran makanan seperti salad.Cuka apel memiliki citarasa yang nikmat serta kaya akan zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Sehingga tak salah jika cuka apel disebut obat herbal.

Cuka apel memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang lengkap dan berimbang. Misalnya kalium, potasium, fosfor, chlor, natrium, magnesium, kalsium, sulfur, besi dan silikon.

Ada juga serat pectin yang berguna untuk kesehatan sistem pencernaan. Dengan kombinasi mineral seperti ini, cuka apel mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan dan penyakit.

Nah berikut ini akan disajikan beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari cuka apel

1Mengobati Gangguan Pencernaan

www.sayangi.com

Jika kamu sedang terkena gangguan pencernaan, cobalah konsumsi madu dan cuka apel. Namun ingat semua ada takarannya.

Caranya ambil satu sendok makan cuka, lalu campurkan ke air panas. Lalu tambahkan dengan satu sendok makan madu. Minumlah minuman ini sesudah makan untuk meringankan gangguan pencernaan yang kamu alami.

2Menstabilkan Kadar Gula Darah

penyakitguladarah.com

Cuka sari apel dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar glukosa darah. Sebuah studi yang dilakukan di Arizona State University mengungkapkan cuka sari apel memperlambat laju kadar gula darah yang umumnya akan meningkat setelah makan.

Orang-orang yang meminum cuka sari apel ternyata mengalami lonjakan glukosa darah yang lebih kecil. Cuka sari apel kelihatnannya memiliki efek yang sama seperti obat pengendali insulin seperti acarbose dan metformin.

3Menurunkan Kolesterol Jahat

ahlikolesterol.com

Kolesterol jahat akan menumpuk didinding pembuluh darah arteri dan akan meningkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi, hingga stroke.

Sebuah studi tahun 2006, peneliti menemukan bahwa asam asetat dalam cuka sari apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

4Menurunkan Demam

www.petiteelle.asia

Selain itu kombinasi dari cuka apel dan madu juga memiliki khasiat untuk menurunkan demam dan asma.

Sebuah temuan yang menakjubkan yang dilakukan oleh para dokter di salah satu universitas di Jerman, menunjukkan bahwa orang-orang yang terkena penyakit demam dan asma, bisa berkurang gejalanya hingga 80 persen setelah minum cuka apel dan madu.

5Mendinginkan Kulit

kesehatan-kulit.info

Cuka apel dikenal sangat baik untuk kulit wajah. Minuman tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mendinginkan kuli‎t setelah terjemur matahari.

Caranya mudah. Campurkanlah setengah botol cairan dengan es batu kemudian basuhkan pada wajah. Cara ini akan menjauhkan kulit dari jerawat dan terbakar akibat paparan sinar jahat UV.

6Hilangkan Jerawat

http://2.bp.blogspot.com/-nLvzM5mIML0/Vgzs0uH19TI/AAAAAAAAAeM/DoycWtx47Wg/s1600/flek-hitam.jpg

Cuka apel ternyata berkhasiat juga untuk menghilangkan jerawat. Caranya cukup mudah untuk menghilangkan jerawat membandel, campuran cuka apel, tepung, serta madu.

Aduk hingga bertekstur adonan‎, lalu aplikasikan secukupnya pada jerawat. Diamkan semalaman dan cuci pada pagi harinya.

7Menguruskan Badan

programberatbadan.com

Cuka sari apel menjadi makanan favorit pelaku diet untuk menurunkan berat badan. Untuk penggunaan ini, direkomendasikan untuk mencampur 1-2 sendok cuka apel kedalam gelas, dan meminumnya sebelum makan.

Cuka apel dipercaya dapat menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi retensi air. Sebuah studi yang dilakukan oleh Arizona State University menegaskan bahwa cuka sari apel dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

SHARE