merdeka.com

Beginilah Enaknya Hidup di Pondok Pesantren

Posted on

Bekal Hidup Mandiri

boombastis.com
boombastis.com

Hal yang pertama paling terasa dan membuat perbedaan yang mencolok adalah ini, hidup mandiri. Di pondok memang anak diajarkan hidup sendiri, mulai dari bangun pagi, mencari keperluan sekolah, makan mencari sendiri sampai cuci baju sendiri.

Semua menjadi tanggung jawab anak sendiri, mereka jauh dari orang tua, jadi apapun yang menjadi kebutuhan anak, harus anak sendiri yang melakukan.

Belajar kemandirian inilah yang akan menjadi bekal hidup anak yang sesungguhnya, mau tidak mau suatu saat ia kan hidup sendiri, sehingga bekal ini akan bermanfaat bagi kehidupannya kelak.

Terlindungi dari Pengaruh Buruk

merdeka.com
merdeka.com

Manfaat selanjutnya sekolah di pondok adalah anak terlindungi dari pengaruh buruk kenakalan anak sekolah saat ini. Di pondok anak tidak diperbolehkan membawa handphone, leptop bahkan uang dengan jumlah yang banyak.

Anak juga terdidik dengan tegas, mulai dari sholat 5 waktu, kajian rutin, olahraga, sampai tata cara makan dan menyapa orang lain. Selain itu anak juga tidak diperkenankan keluar pondok sebelum libur tiba, jadi anak benar-benar terkondisikan dalam kebaikan.

Kecerdasan IQ, EQ dan SQ Seimbang

hidayatullahmedan.org
hidayatullahmedan.org

Pondok pesantren tidak hanya mengajarkan kecerdasan intelektual, tapi juga kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual, sehingga kecerdasan yang dimiliki anak seimbang. Anak tidak hanya menjadi anak yang cerdas tapi juga punya kepribadian yang baik.

Hal ini tidak terjadi di sekolah umum yanghanya mengandalkan kecerdasan intelektual saja, tak heran banyak sekali anak nakal itu dari sekolah umum.

Jaminan Kualitas Pendidik

ppmakrifatulilmi.or.id
ppmakrifatulilmi.or.id

Kualitas pendidik di pondok tidak kalah dengan kualitas sekolah umum, rata-rata pendidik di pondok selain bergelar sarjana, juga mereka mempunyai background agama yang baik.

Jadi anak pondok terdidik oleh guru-guru yang mengedepankan agama sebagai pedoman hidup.

Ilmu Lebih Berkah

news.viva.co.id
news.viva.co.id

Tidak bisa dipungkiri, bahwa ilmu yang ada di pondok lebih berkah daripada ilmu di sekolah umum. Karena di pondok selalu diingatkan dalam kebaikan, ilmu ditunjang dengan belajar agama sehingga akan banyak doa mengalir dan menjadikan ilmu itu menjadi ilmu yang berkah.

Ikatan Persaudaraan Kuat dan Erat

serang-banten.blogspot.com
serang-banten.blogspot.com

Dalam hal ini adalah ikatan ukhuwah sesama anak, ukhuwah mereka didasari atas cinta sesama saudara.

Secara  mereka tiap hari mulai dari pagi sampai malam bersama, makan bersama, tidur kadang bersama, bahkan sering saling membantu, ketika mereka berpisah setelah lulus rasanya akan sangat  terasa bagi mereka.

Walau rumahnya jauh dan dulunya tidak saling kenal, pasti akan menjadi saudara sampai kapanpun.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *