Sudah tahu kelor belum guys? wah kalau belum tahu tentang daun ajaib ini artinya kamu ketinggalan jaman. Secara daun ini sudah mendunia lho, banyak juga orang yang sudah mendapat manfaatnya, jika kamu mempunyai sakit atau keluhan kamu kayaknya musti tahu tentang kelor, biar gak ketinggalan jaman dan makin tambah ilmu, yuuk sama-sama baca tentang kelor.

Disini, kita akan bahas secara lengkap mulai dari apa itu kelor, manfaat kelor, bagian-bagian kelor serta manfaat dan efek samping kelor, so, bagi kamu yang tambah ilmu tetep baca seterusnya ya, yakin dech suatu saat bermanfaat bagi kamu atau orang lain di sekitar kamu.

Yup, Kelor atau dengan nama lain merunggai (Moringa Oleifera) merupakan sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Ini adalah salah satu tumbuhan ajaib karunia Tuhan yang diberikan pada manusia.

Tumbuhan ini pada umumnya mempunyai ketinggian batang 7-11 meter. Daunnya berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai.

Tumbuhan ini bisa dimanfaatkan sebagai sayur atau juga obat. Mempunyai bunga berwarna putih kekuningan serta tudung pelepah bunganya berwarna hijau. Bunganya mekar hampir sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak.

Kelor juga mempunyai buah yang berbentuk segitiga memanjang yang dikenal dengan kelentang yang bisa kamu manfaatkan sabagai sayuran ataupun obat.

1Deskripsi Singkat Mengenai Kelor

bintang.com

Batangnya berkayu, tegak, berwarna putih kusam / kotor, permukaan kasar, kulit tipis, percabangan simpodial, arah cabang tegak / miring, tumbunhnya lurus dan memanjang.

Daunya majemuk dengan tangkai panjang, susunanya berseling, beranak daun ganjil (Imparipinnatus), helai daunnya berwarna hijau muda (Saat masih muda).

Memiliki buah berbentuk segitiga memanjang antara 20-60 cm, buahnya berwarna hijau saat masih muda kemudian coklat ketika sudah tua. Bijinya berbentuk bulat dengan warna coklat kehitaman.

Kelor baru akan berbuah ketika usianya antara 12-18 bulan. Berakar tunggang, putih dan membesar seperti lobak.

Ada beberapa cara untuk mengembangbiakan kelor diantaranya secara generatif (biji) serta vegetatif (stek batang). Tanaman ini biasanya banyak tumbuh du dataran rendah ataupun tinggi dengan ketinggian mencapai 1000 M DPL, yang biasanya digunakan sebagai tapal batas di ladang ataupun halaman rumah.

2Manfaat Kelor

anekatop10.com

Guys kelor ini ternyata sudah banyak penelitian yang  dilakukan untuk mengetahui ragam manfaat kelor lho, penelitian itu tentunya dilakukan secara terperinci mulai dari manfaat daun kelor, kulit batang, buah hingga biji kelor dan penelitian tersebut sudah dimulai sejak tahun 80-an.

Dalam sebuah laporan penelitian, kajian dan pengembangan terkait dengan pemanfaatan tanaman kelor untuk penghijauan serta penahan penggurunan di Etiophia, Somalia, serta Kenya di bawah tim Jerman Institute for Scientific Cooperation, Tubingen, 1993.

Laporan tersebut dikhususkan pada kawasan Somalia, Etiophia serta Sudan. Karena, sudah sejak lama masyarakat sekitar menjadikan menanam tanaman kelor sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Mereka juga sering memanfaatkan kelor sebagai bahan sayur, obat-obatan serta diperdagangkan. Lain halnya dengan kawasan Etiophia, Somalia dan Sudan, di kawasan Arba Minch dan Konso justru menjadikan pohon kelor sebagai tanaman untuk menahan longsor, terasiring dan konservasi tanah.

Ada fakta menarik dari tanaman kelor ini. Salah satunya adalah bagian daunnya. Seorang peneliti dari Anna Technology University, Tamilnadu, India yang bernama C Senthil Kumar membuktikan bahwa daun kelor memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah sebagai hepatoprotektor alias pelindung hati.

Selain itu, menurut seorang dokter sekaligus herbalis di Yogyakarta, Dr. Sidi Aritjahja, kelor mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan sangat bagus untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan, seperti luka lambung atau usus.

“Bagian apa pun yang dipakai aman asal memperhatikan caranya,” ujar alumnus Universitas Gadjah Mada itu. Minumlah rebusan daun kelor selagi air hangat. Sebab, efek antioksidan masih kuat dalam keadaan hangat.

Menurut Dr. Paulus Wahyudi Halim di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, kelor memiliki energi dingin. Herbal seperti itu cocok untuk mengatasi penyakit dengan energi panas atau kelebihan energi seperti radang atau kanker.

Cara pemakaian nya dengan merebus 3 tangkai pada segelas air setelah itu minum airnya hangat hangat.

3Manfaat Daun Kelor

kemanaajaboleeh.com

Organisasi kesehatan dunia atau WHO sangat menganjurkan bayi dan anak-anak untuk mengonsumsi daun kelor, karena sangat bagus untuk masa pertumbuhan. Perbandingan per gram, daun kelor mengandung: 7 x vitamin C pada jeruk 4 x calcium pada susu 4 x vitamin A pada wortel 2 x protein pada susu 3 x potasium pada pisang.

Selain itu, WHO juga menobatkan kelor sebagai pohon ajaib. Karena kelor merupakan obat mujarab dengan harga yang murah. Bahkan tidak hanya dikatakan murah tapi bisa ditanam sendiri, tentu ini merupakan sesuatu yang sangat menguntungkan dan menjadi anugerah bagi siapa saja yang menanamnya.

4Manfaat Serba Guna Daun Kelor

frewaremini.com

Untuk Berat Badan

Yup, bagi kamu yang kelebihan berat badan atau mungkin sedang program diet, kelor sangat cocok sekali bagi kamu.

Tren modern saat ini adalah agar tubuh tetap ramping dan langsing. Oleh karena itu, untuk menjadi langsing, seseorang dapat mencoba cara yang lebih sehat. Studi mencerminkan bahwa teh kelor sangat membantu untuk menangani masalah pencernaan.

Efeknya merangsang metabolisme untuk lebih membantu tubuh membakar kalori dengan lebih cepat karena teh kelor juga diserap ke dalam usus.

Menyediakan Energi

Secangkir teh daun kelor setiap pagi bisa menguatkan bagian tubuh untuk tetap pro aktif sepanjang sepanjang hari. Tubuh akan secara otomatis merasa baik dan berenergi dari sebelumnya.

Menyediakan Nutrisi

Guys manfaat berikutnya, selain sebagai minuman bergizi untuk seluruh tubuh, teh daun kelor juga memiliki peran penting dalam memelihara otak dan mata. Gizi otak membantunya dalam mengambil keputusan yang tepat bahkan pada situasi sulit.

Membantu Pencernaan

Daun kelor mempromosikan pencernaan makanan yang merupakan bantuan yang tepat terhadap masalah perut. Tentu ini cocok sekali bagi kamu yang sering kali bermasalah dengan perut dan pencernaan atau kamu yang doyan segala jenis makanan.

Meningkatkan Fungsi Ekskresi

Ini harus kamu beritahukan pada banyak orang ya guys, daripada teh gula yang kadar gulanya tinggi mending ganti dengan teh kelor. Karena seduhan teh daun kelor juga membantu fungsi ginjal dan hati. Tubuh dianggap bugar dan sehat hanya jika fungsi pembuangan limbah berjalan normal.

Menyehatkan Rambut

Dengan mengkonsumsi teh daun kelor akan membuat pertumbuhan rambut menjadi hidup, mengkilap, mengkilap dengan asupan nutrisi yang tepat. Nutrisi hadir dalam teh ini meningkatkan pertumbuhan rambut.

Teh daun kelor ini dapat disiapkan dengan mudah di rumah. Hanya perlu memetik daunnya sudah tua dari cabang-cabangnya. Daun hijau harus dikumpulkan bukan yang kuning, kemudian pilihlah daun segar terbaik dari kotorannya. Pengeringan di udara adalah langkah berikutnya, namun pengeringan dengan sinar matahari tidak dianjurkan karena mengurangi kekuatan nutrisi di dalamnya. Daun teh kelor yang kering kemudian ditumbuk dan dapat disimpan.

Penyakit Jantung

Sebuah studi pada hewan laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Februari 2009 dari “Journal of Medicinal Food” menemukan bahwa daun kelor mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan. Dalam studi tersebut, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari, menghasilkan tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural. Para peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor dapat menawarkan manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah bermanfaat mencakup manusia.

Anti Kanker

Manfaat anti kanker pada ekstrak daun kelor ini, telah ditunjukkan dalam studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan dalam edisi Juni 2011 jurnal “Food and Chemical Toxicology.” Ekstrak kelor mendukung kematian sel dini, mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti terkemuka menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami.

Anti Diabetes

Sifat anti diabetes dari daun kelor berasal dari tingginya seng yaitu mineral yang diperlukan untuk produksi insulin, menurut University of Wiconsin LaCrosse.

Para peneliti menyimpulkan bahwa penyembuh menunjukkan kerja yang akurat tentang penyebab diabetes dan pendekatan dasar yang dibutuhkan untuk mengobati penyakit. Dalam studi hewan laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Juni 2012 dari “Journal of Diabetes,” setiap 150 miligram per kilogram berat badan dari selama 21 hari, dapat diberikan manfaat anti diabetes yang signifikan.

Bantuan Arthritis

Daun kelor dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit beberapa bentuk arthritis, menurut sebuah studi yang muncul di edisi Februari 2011 dari “Journal of Chinese Integrative Medicine.”

Dalam studi hewan laboratorium, ekstrak daun dan akan kelor mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang menyakitkan pada sendi rematik. Para peneliti juga mencatat bahwa kombinasi akar dan ekstrak daun memiliki “efek sinergis” untuk mengurangi rasa sakit.

Alergi

Bagi kamu yang akrab banget dengan namanya alergi atau kalau orang jawa menyebut dengan biduren, nah ntuk mengatasi alergi tepat sekali menggunakan daun kelor

Caranya gampang kok, ambil tiga gagang dan direbus, adas pulasari secukupnya, ditambah satu siung bawang merah, dan ditambahkan dengan air sebanyak tiga gelas, rebus sampai air mendidih dan sisa kira-kira dua gelas, lalu disaring dan minum setiap hari secara rutin.

Herpes, Kurap dan Luka bernanah

Guys, kelor juga dapat mengobati luka kulit yang biasa sampai penyakit kulit yang ganas. Herpes, kurap, kadas, panu dan luka bernanah bisa diatasi dengan daun kelor.

Caranya ambil tujuh gagang daun kelor lalu tumbuklah sampai halus kemudian diitempelkan pada bagian yang bermasalah, setelah kering basuh dengan air hangat, lakukan itu secara rutin paling tidak sehari sekali.

Sakit Mata

Daun kelor juga mampu mengatasi sakit mata, sakit mata disini adalh sakit mata yang biasa bukan sakit mata minus, silinder atau katarak, tapi sakit mata yang terkena iritasi, panas atau menjadi merah karena debu.

Caranya ambil tiga gagang lalu di tumbuk hingga halus dan ditambahkan air satu gelas, di aduk sampai merata, lalu diamkan sampai mengendap ampasnya untuk digunakan airnya untuk tetes mata.

Menghilangkan flek wajah

Manfaat berikutnya dari daun kelor adalah mampu menghilangkan flek wajah secara berkala. Caranya ambillah beberapa daun yang masih muda, tumbuk sampai sangat halus lalu dipakai untuk bedak atau bisa juga di campur dengan bedak. Lakukan itu secara rutin, sehari minimal satu kali

Sakit Kuning

Daun kelor juga mampu mengatasi sakit kuning, dengan bahan  3-7 gagang daun kelor, 1 sendok makan madu dan 1 gelas air kelapa hijau.

Cara membuatnya yaitu daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air kelapa dan disaring. Kemudian ditambah 1 sendok makan madu dan diaduk sampai merata,diminum dan dilakukan secara rutin sampai sembuh.

Reumatik, Nyeri dan Pegal Linu

Manfaat berikutnya dari kelor adalah mengurangi rasa pegal, kena reumatik dan nyeri.

Cukup dengan  2-3 gagang daun kelor, 1/2 sendok makan kapur sirih, cara membuatnya kedua bahan tersebut ditumbuk halus lalu dipakai untuk obat gosok (param).

Mengobati Rabun Ayam

Kelor juga dapat mengobati rabun ayam, dimana rabun ayam adalah rabun malam, tidak bisa melihat ketika malam hari layaknya ayam tapi bisa melihat ketika siang hari.

Cara membuatnya sediakan 3 gagang daun kelor. Daun kelor ditumbuk halus, diseduh dengan 1 gelas air masak dan disaring. Kemudian dicampur dengan madu dan diaduk sampai merata.

Minum larutan tersebut sebelum tidur, usahakan minum setiap malam dan banyak berdoa tentunya.

Sukar Buang Air Kecil

Daun kelor juga bermanfaat bagi anak-anak. Mungkin punya anak dibawah 5 tahun yang sering kali ngompol bisa diatasi dengan daun kelor.

Sediakan 1 sendok sari daun kelor dan sari buah ketimun atau wortel yang telah diparut dalam jumlah yang sama. Bahan-bahan tersebut dicampur dan ditambah dengan 1 gelas air, kemudian disaring.

Minumkan pada anak yang suka ngompol setiap harinya 1 kali saja dan lakukan secara rutin.

Cacingan

Manfaat berikutnya bagi anak-anak adalah mampu mengatasi cacingan. Cacingan ini memang penyakitnya anak-anak, anak tidak bisa gemuk atau susah gemuk padahal makannya banyak biasanya disebabkan karena cacingan.

Sediakan 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 1-2 batang meniran. Cara membuatnya yaitu semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring.

Minumkan secara rutin sehari sekali saja pada anak yang menderita cacingan.

Manfaat lain dari daun kelor yang luar biasa

  • Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh
  • Menyegarkan mata dan otak
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Meningkatkan stuktur sel tubuh
  • Meningkatkan serum kolesterol alamiah
  • Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit
  • Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
  • Memperindah kulit
  • Meningkatkan energi
  • Memudahkan pencernaan
  • Antioksidan
  • Memelihara sistem imunitas tubuh
  • Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan
  • Bersifat anti-peradangan
  • Memberi perasaan sehat secara menyeluruh
  • Mendukung kadar gula normal tubuh

Dari hasil analisa kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya.

Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

Ternyata, kelor tak hanya punya daun yang bermanfaat dan sering digunakan sebagai obat maupun makanan. Tapi, bagian lain dari tanaman kelor juga memiliki banyak manfaat juga, diantranya adalah.

5Akar

redaksi7.tk

Yup, harus kita ketahui juga ya guys, bahwa tanaman kelor tidak hanya daunnya saja yang bermanfaat tapi juga akarnya, hanya sekedar akar saja lho, keren kan.

Akar kelor sebagai obat dalam, air rebusan akar kelor dapat menyembuhkan rematik, epilepsi, antiskorbut, diuretikum, dan gonorrhoea.

Akar tanaman kelor ini juga dikenal sebagai pelaruh air seni, pelaruh dahak atau obat batuk, peluruh haid, penambah nafsu makan dan pereda kejang.

Tumbukan halus akar kelor dapat dibuat bedak untuk tapel perut pada bayi yang baru lahir, pencegah iritasi kulit, obat penyakit kulit.

Akar kelor dapat digunakan juga sebagai parem untuk bengkak-bengkak pada penyakit beri-beri dan untuk pengobatan kaki yang terasa pegal dan lemah.

Akar kelor juga dapat memulihkan keadaan ibu hamil yang lemah selepas melahirkan lewat cara ditumbuk lalu dioles-oleskan pada perut. Namun jika terlampau banyak dikonsumsi oleh ibu yang tengah hamil, itu bisa mengakibatkan keguguran.

Didalam penyembuhan India, akar merunggai ini dapat digunakan sebagai obat gosok untuk menyembuhkan bisul atau bengkak. Sedangkan itu, di jawa akar ini digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit serta beri-beri.

Sementara di Amerika Tengah, akar kelor digunakan sebagai obat flu. Ada pula di banyak daerah yang memakai akar ini sebagai obat penyakit ginjal serta malaria. Dan terakhir akar kelor ini juga bisa menolong dalam menyembuhkan jantung dan permasalahan peredaran darah.

6Kulit Batang

indonetwork.co.id

Tak cukup daun dan akarnya saja, kulit batang kelor berdasarkan hasil riset, kulit batang kelor ternyata sangat mujarap sebagai penawar racun ular dan kalajengking. Selain itu, mengoleskan ekstrak kulit batang ekor, dapat mengatasi pembengkakan, sariawan, dan membantu membersihkan karang gigi.

Kulit batang kelor mengandung sumber nutrisi dan zat antitumor yang sangat aman dikonsumsi karena bersifat alami.

7Buah

flora-kampung.blogspot.com

Selanjutnya buah kelor itu sendiri, buah kelor diketahui mengandung zat alkaloida morongiona yang bersifat merangsang pencernaan makanan. Buah kelor juga dapat dimasak menjadi sayur asam yang lezat.

Kelentang adalah buah kelor yang berbentuk segitiga memanjang. Buah ini menyediakan semua jenis manfaat gizi yang dibutuhkan tubuh dan juga menyembuhkan beragam penyakit.

Kandungan buah kelor mampu membantu melawan flu, menguatkan tulang, mencegah infeksi, menyembuhkan penyakit perut, menghilangkan pusing-mual bagi ibu hamil.

8Bunga

commons.wikimedia.org

Air rebusan bunga kelor dapat membantu mengatasi radang tenggorokan, flu dan cacingan. Bunga kelor megandung zat antimikroba, antibakteri, antitumor.

Bunga kelor juga dapat membantu menyembuhkan sariawan, rematik, gangguan saraf, sumber nutrisi, dan tonik.

9Biji

moringa0.blogspot.com

Tidak hanya daun, akar, batang nya saja yang berguna tapi juga bijinya guys, benar-benar luar biasa ya.

Biji kelor dapat dipakai sebagai penjernih air. Logam yang ada di dalam air dan ikut terminum sangatlah berbahaya bagi tubuh. bukan hanya logam saja yang dapat diendapkan oleh biji kelor namun juga berbagai jenis kotoran lainnya yang membuat air menjadi kumuh.

Serbuk yang terbuat dari biji kelor ternyata sudah terbukti mampu menjernihkan air di dalam sungai Mahakam dan sungai nil di mesir. Hal ini sangatlah penting dan bermanfaat karena bisa membuat baku mutu air meningkat sehingga air menjadi bersih, jernih serta layak minum. Jika sumber air di lingkungan anda mengandung logam atau kotoran anda juga bisa menjernihkannya dengan serbuk yang terbuat dari biji kelor ini.

Selain itu, bii kelor juga dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik, obat-obatan, serta sumber minyak goreng nabati.

Biji kelor yang telah kering mengandung 40 persen lemak tak jenuh sehingga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif minyak sawit.

10Cara Membuat Serbuk Biji Kelor

plus.google.com

Manfaat dari serbuk kelor ini ternyata cukup banyak dan kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. lalu bagaimana cara untuk membuat serbuk biji kelor? Caranya sangat mudah yaitu dengan menumbuk biji kelor yang sudah tua sampai halus.

Setelah itu serbuk tadi ditaburkan di dalam air yang ingin dijernihkan dan kamu bisa melihat hasilnya kurang lebih hingga 45 menit lamanya. Namun membutuhkan biji kelor yang banyak jika ingin menggunakannya dalam air yang banyak pula

11Olahan Makanan

akuberpikirakuberkata.wordpress.com

Perlu kita ketahui ya guys, ternyata tak hanya menjadi obat untuk berbagai macam penyakit, daun kelor juga kerap kali dimasak sebagai sayur untuk hidangan sehari-hari. Daun kelor bisa dimasak sayur dengan kuah bening, maupun kuah bersantan.

Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa daun kelor memiliki kandungan vitamin C tujuh kali lebih banyak daripada jeruk, potasium tiga kali lebih banyak daripada pisang.

Kandungan vitamin A empat kali lebih banyak daripada wortel dan mengandung kalsium empat kali lebih banyak daripada kalsium susu.

12Manfaat Lain

daradaeng.com

Kegunaan lain dari daun kelor yaitu untuk konservasi, menjaga tanah agar tidak longsor, air hujan dapat di tahan oleh sistem akar tumbuhan kelor yang sangat rapat.

Hal ini telah digunakan di kawasan Konso dan juga Arba Minch, juga digunakan sebagai konservasi tanah, terasering. Ketika musim kemarau datang, akar di sekitar pohon kelor yang menyimpan air akan menjadi sumber air bagi tanaman lainnya.

13Efek Samping Daun Kelor

khasiatdaun.com

Selanjutnya yang perlu kita tahu tentang kelor adalah efek samping atau aturan mengkonsumsi kelor. Karena ini juga penting lho, kita jadi gak sembarangan mengkonsumsi daun kelor.

Daun kelor memungkinkan aman ketika diminum dan digunakan dengan tepat. Daun, buah, dan biji-bijian mungkin aman bila dimakan sebagai makanan. Namun, penting untuk menghindari memakan akar.

Bagian tanaman yang dapat mengandung zat beracun dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian. Tidak ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah daun kelor aman bila digunakan dalam jumlah obat.

Kelor kemungkinan tidak cocok untuk ibu hamil karena bahan kimia dalam akar, kulit kayu, dan bunganya dapat membuat kontrak rahim dan ini dapat menyebabkan keguguran.

Tidak ada cukup informasi yang tersedia tentang keamanan dalam menggunakan bagian lain dari kelor selama kehamilan. Daun kelor terkadang juga digunakan untuk meningkatkan produksi ASI.

Beberapa penelitian menunjukkan kemungkinan hal tersebut, namun balum ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah aman untuk bayi. Oleh karena itu, hal yang terbaik adalah untuk menghindari daun kelor saat sedang hamil atau menyusui.

Itulah ulasan lengkap tentang kelor, mulai dari tanaman kelor, manfaat daun, kulit batang, akar, buah, bunga sampai biji kelor, semuanya bermanfaat dan luar biasa tentunya.

Tapi perlu diketahui juga bahwa kelor juga punya efek samping, punya aturan main dalam mengkonsumsi, jadi tidak sembarangan, memang kelor itu alami tapi bukan berarti kita bertindak sesuka hati kita.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here