Manfaat daun sukun sepertinya belum banyak yang mengetahuinya, karena biasanya orang memanfaatkan buah sukun untuk diolah menjadi berbagai macam panganan.

Buah sukun merupakan buah yang sangat nikmat, apalagi jika digoreng dengan balutan tepung. Enak dinikmati selagi masih hangat dan ditemani secangkir teh.

Untuk bagian daunnya, biasanya belum banyak dimanfaatkan bahkan daunnya terkadang sampai mengering dan akhirnya hanya menjadi sampah.

Daun sukun memiliki bentuk yang lebar dengan beberapa garis-garis ruas yang terlihat sangat jelas. Daun memiliki warna hijau yang sangat identik. Karakter daun memiliki bentuk seperti daun pohon kluwih.

Beberapa jenis senyawa yang ditemukan pada daun sukun kering memang efektif untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Dalam sebuah penelitian ditemukan senyawa kuat daun sukun kering seperti zat anti inflamasi, riboflavin, asam hidrosianat, asetikolan dan juga tanin.

Daun sukun kering juga mengandung zat anti oksidan tinggi dan beberapa jenis mineral lainya. Tapi ternyata pohon sukun tidak hanya dimanfaatkan bagian buahnya saja, sebab sudah terbukti lama daun sukun berkhasiat sebagai tanaman obat.

Daun sukun memiliki senyawa khusus yang bisa mendorong efek diuretik. Penderita ginjal bisa memakai terapi ini selama beberapa bulan hingga benar-benar bisa sembuh.

Asam urat bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah. Bahkan pada tingkat lanjut bisa menyebabkan penderita mengalami radang sendi dan kelumpuhan. Penyakit ini disebabkan karena tingginya kadar asam dalam pembuluh darah.

Penyakit ini sering terjadi pada orang tua atau lanjut usia dan disertai dengan beberapa keluhan lain seperti diabetes, stroke, atau hipertensi. Konsumsi teh dari daun sukun yang sudah dikeringkan secara efektif bisa menurunkan asam urat secara berkala.

Daun sukun kering juga memiliki efek antiinflamsi sehingga sangat baik untuk menurunkan resiko peradangan pada sendi.

Daun sukun juga bisa mengobati penyakit alergi. Alergi disebabkan karena tubuh tidak bisa membentuk hormon dan enzim yang membuat sistem anti alergen untuk tubuh. Akibatnya maka tubuh mengalami beberapa kegagalan sistem dalam membuat kekebalan pada zat tertentu.

Konsumsi daun sukun kering sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah alergi. Saat terapi sebaiknya juga menghindari berbagai pemicu alergi dan mulai mensimulasi tubuh ketika sudah mendapatkan efek dari pemakaian daun kering.

 

SHARE