Ada yang suka menikmati lezatnya buah durian? Buah durian termasuk raja buah yang memiliki aroma sangat harum dan rasanya lezat menggoda. Tapi bagi yang tidak suka, aroma buah durian bisa membuat orang mual dan pusing kepala.

Buah durian yang memiliki nama latin Durio Zibethinus bisa dinikmati secara langsung atau bisa dijadikan jus dan diolah menjadi aneka cemilan yang nikmat.

Ternyata buah durian mengandung nutrisi penting, diantaranya vitamin B kompleks, vitamin C, asam amino dan mineral penting lainnya.

Masih banyak manfaat durian lainnya bagi kesehatan. Setidaknya, kamu harus tahu

1Mengatasi Migrain

wellnesshow.com

Jika kamu sering mengalami migraine atau sakit kepala sebelah, cobalah untuk mengonsumsi buah durian. Buah durian diyakini mampu meringankan rasa sakit kepala akibat migraine. Di dalam buah durian terkandung riboflavin yang berguna untuk meringankan rasa sakit kepala.

2Mencegah Depresi

tipsbejo.blogspot.com

Kandungan Vitamin B6 dalam buah durian berkhasiat sebagai serotonin yang membantu mencegah dan mengatasi depresi.

3Nutrisi Tulang dan Gigi

sakitgi2.blogspot.com

Kandungan kalsium, kalium dan vitamin B yang tinggi dalam buah durian membantu mencukupi kebutuhan nutrisi bagi tulang dan gigi sehingga lebih kuat dan sehat.

Kalium adalah elektrolit penting yang membantu mengontrol tekanan darah, menjaga kadar natrium, dan juga membantu mengatur detak jantung. Kalium juga dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang agar kuat dan tidak rapuh.

4Mencegah Anemia

ibu-hamil.web.id

Anemia muncul disebabkan kurangnya zat besi dalam tubuh. Namun anemia bisa juga terjadi akibat kekurangan folat.

Nah, kandungan folat yang ada pada durian mampu mencegah penyakit anemia karena kandungan durian dapat memproduksi sel darah merah.

5Menjaga Kesegaran Kulit

kesehatan-kulit.info

Buah durian mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal paparan radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Vitamin C dapat membantu penyembuhan luka, menurunkan kolesterol dan meningkatkan aliran darah. Durian mengandung vitamin C yang merupakan faktor penting dalam memproduksi kolagen.

6Menjaga Kesehatan Pencernaan

solusisehatku.com

Kandungan serat dalam buah durian sangat bagus untuk menjaga organ pencernaan agar bisa bekerja lebih optimal.

Salah satu manfaat dari buah durian adalah kandungan seratnya yang tinggi. Setiap porsi durian berisi sekitar 9 gram serat yang menjadi bagian dari 37 persen kebutuhan serat tubuhmu setiap harinya (berdasarkan diet 2.000 kalori).

Kandungan serat tersebut cukup banyak dan tentu saja berdampak baik untuk tubuhmu. Ketika tubuh cukup serat, maka saluran pencernaan menjadi lancar dan kamu tak akan bermasalah dengan Buang Air Besar.

7Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

m.medicastore.com

Kandungan mangan dalam buah durian membantu mengontrol kadar gula dalam darah agar dalam kondisi normal. Kandungan mangan yang ada pada buah durian mampu mengontrol kadar gulamu sehingga terhindar dari penyakit diabetes.

8Menjaga Fungsi Tiroid

trtturk.com

Kelenjar tiroid berhubungan dengan yodium sebagai nutrisi yang diperlukan tubuh. Tembaga yang dikandung oleh buah durian ternyata memiliki peran dalam metabolism tiroid, terutama ketika proses produksi dan penyerapan hormon.

9Kesehatan Saraf

hdimagelib.com

Jika membutuhkan lebih banyak thiamin untuk tubuh, maka buah durian dapat menjadi pilihan tepat.

Buah durian berisi kandungan thiamin sekitar 30 persen dari asupan harian yang dibutuhkan tubuh, hanya dalam satu porsi.

Thiamin dapat membantu metabolisme karbohidrat menjadi energi dan membantu dalam menguatkan otot dan menjaga kesehatan saraf.

10Mencegah Penyakit Jantung

deherba.com

Buah durian memiliki banyak folat atau dikenal sebagai asam folat. Hal ini dapat membantu dalam mencegah penyakit jantung, perkembangan janin, dan membantu fungsi otak. Satu porsi mengandung sekitar 20 persen dari kebutuhan harian akan asam folat.

Buah durian sebenarnya telah ada sejak ratusan tahun lalu tetapi baru saat ini begitu populer. Ada banyak manfaat datang dari buah durian. Tetapi tetap pastikan kamu untuk tidak memakannya secara berlebihan.

SHARE