Mungkin kamu menganggap ikan asin adalah makanan yang remeh dan sepele. Selain karena harganya yang relatif murah, ikan asin jarang di hidangkan dalam acara-acara spesial.

Namun, jika kamu memadukan ikan asin dengan sambal terasi dan disajikan dipinggir pantai, tentu menjadi hidangan yang sangat istimewa. Apalagi jika menikmatinya bersama-sama dengan keluarga.

Ikan asin cukup populer di Indonesia. Kamu bisa mendapatkan ikan asin di pasar-pasar tradisional. Bahkan baru-baru ini berbagai super market juga menyediakan ikan asin dengan kemasan yang lebih bersih dan terjamin.

Jika kamu belum tertarik mengkonsumsi ikan asin, mungkin ulasan manfaat ikan asin berikut bisa merubah mu menjadi tertarik dengan ikan asin.

1Sebagai Lauk Pauk

cookpad.com

Yap! Ikan asin bisa disandingkan dengan nasi putih dan sayur yang ekstra pedas. Atau bisa juga diolah bersama dengan bunga pepaya. Campuran ikan asin akan membuat bunga daun pepaya tidak terlalu pahit dilidah.

2Mempercepat Penyembuhan Luka

julianwully27.blogspot.com

Manfaat ikan asin dapat membantu tubuh dalam mempercepat penyembuhan luka. Namun mungkin hal ini tidak berlaku apabila kamu mengalami hemofilia.

Kandungan yang berperan dalam penyembuhan luka pada ikan asin berasal dari manfaat zat besi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 mg per 100 gr ikan asin.

3Mencegah Terjadinya Anemia

iwakasin2014.wordpress.com

Zat besi yang terkandung di dalam ikan asin juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita untuk mencegah terjadinya anemia. Anemia merupakan gejala kekurangan darah. Zat besi yang terkandung di dalam ikan asin akan membantu tubuh dalam meproduksi sel darah dan dapat mencegah anemia.

4Menjaga Daya Tahan Tubuh

kkpnews.kkp.go.id

Nah selain itu, ikan asin ternyata juga mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan manfaat protein yang ada pada ikan asin. Apabila daya tahan tubuh kamu bagus, maka kamu akan tidak mudah merasa lelah dan tidak mudah terserang penyakit.

5Menjaga Kesehatan Mata

sgold-palembang.com

Kandungan Vitamin A yang terdapat pada ikan asin dipercaya ampuh dalam menjaga kesehatan mata. Ini juga sangat baik dalam menjaga imunitas tubuh kamu lho.

Ternyata ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari mengkonsumsi ikan asin. So, jangan remehkan ikan asin ya guys.