Pada prinsipnya, ikhlas merupakan keharusan hakiki yang mesti ada dalam diri setiap orang. Ketika ikhlas itu ada, akan kuat dan tangguhlah diri seseorang. Sebaliknya ketika ikhlas telah hilang, maka akan rapuh dan lemahlah dirinya.

Ketika seseorang mengatakan, ”Ikhlaskan saja,” ketika mengalami kehilangan seseorang atau sesuatu yang dicintainya itu berarti ”Kuatkan kembali dirimu, jangan larut dalam kesedihan yang akan menghabiskan energi positifmu.”

Ada juga yang mengatakan ikhlas itu ada pada awal, artinya ketika ditimpa mushibah seseorang langsung senantiasa ikhlas dan menerima atas kehendak Rabbnya. Bukan meratapi atau menggerutu lalu dengan santai berkata “Yaudah deh, aku ikhlas.” Bukan.

Nah, jika kamu sudah terbiasa dengan ikhlas maka ada beberapa manfaat yang akan kamu rasakan dalam kehidupanmu.

1Merasa Kaya dan Kecukupan

agentabitaindonesias.wordpress.com

Bagi seseorang yang ikhlas, bukan seberapa banyak harta yang ia miliki tetapi seberapa banyak orang lain merasakan kebermanfaatan dari harta yang ia miliki. Karena orang ikhlas itu suka berbagi, maka sesungguhnya dia orang kaya, meskipun mungkin miskin harta.

Kalaulah tidak kaya harta, tapi ia kaya hati, syukur alhamdulillah bila kaya harta pula. Maka Rasulullah Swa. Bersabda: ”Tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah”.

Allah berfirman: ”Kamu sekali-kali tidak akan mendapatkan kebaikan sehingga mampu memberikan apa yang kamu cintai”. (Q.S. Ali Imrân [3]: 92). Hanya dengan keikhlasan yang tinggi seseorang dapat memberikan harta yang paling dicintai. Itulah orang kaya.

2Meningkatkan Kinerja

www.efektips.com

Saat kerja diiringi dengan rasa ikhlas, maka semua akan dikerjakan dengan totalitas dan loyalitas. Tidak peduli apapun perlakuan orang lain terhadap kamu, kamu akan tetap mengerjakan pekerjaanmu dengan tekun dan serius.

Semua akan kamu kerjakan tanpa pamrih, karena sudah ada ikhlas dalam hatimu. Maka hasil dari perbuatan al-mukhlishîn (orang-orang ikhlas) itu adalah kemajuan, kejayaan, dan kemakmuran.

3Ikhlas Membuat Hidup Lebih Nyaman

www.indahislam.com

Orang yang tidak pernah ikhlas akan merasakan banyak kegelisahan dan rasa tidak menerima terhadap segala sesuatu yang melandanya. Berbeda dengan orang yang ikhlas, ia akan tenang menghadapi segala hal yang menimpanya.

Orang yang ikhlas adalah manusia problem solver (pemecah masalah) yang tidak pernah menghindar dari masalah. Dia menghadapinya dengan gagah berani, mencari solusi dengan cara-cara yang cerdas dan bijak.

Manusia problem solver (pemecah masalah) kokoh berdiri bagaikan karang, menghadapi masalah dengan jiwa besar yang dibangun dari ruh ikhlas. Orang ikhlas adalah manusia wajar, santun, ramah tidak gampang marah.

Yuk, jadi salah satu dari ribuan orang ikhlas di muka bumi ini.

SHARE