Kalimat istighfar adalah sebuah kalimat indah bentuk permintaan maaf dan taubat sedalam-dalamnya dari seorang hamba kepada Allah SWT.

Namun bagi banyak umat Muslim, kalimat istighfar masih terasa sulit dan berat untuk diucapkan.

Terutama bagi mereka yang sering merasa bahwa hidupnya baik-baik saja dan tak merasakan ada yang salah dengan yang dilakukannya.

Dan akhirnya banyak yang menganggap bahwa kalimat istighfar hanya akan digunakan serta diucapkan saat seorang hamba melakukan salah atau dosa kepada Allah.

Padahal sesungguhnya kalimat istighfar itu adalah salah satu kalimat yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk banyak dilafadzkan (diucapkan), karena keutamaannya yang besar.

Nah, berikut ini adalah lima manfaat luar biasa yang akan kita dapat dari memperbanyak mengucapkan kalimat istighfar dalam kehidupan sehari-hari. Apa sajakah itu?

1Diberikan Kekuatan oleh Allah SWT

www.dakwatuna.com

Saat berbagai ujian datang dalam kehidupan, yang paling utama adalah kita segera meminta ampun kepada Allah, tentunya dengan memperbanyak mengucap istighfar.

Karena mungkin saja masalah atau ujian dalam kehidupan ini Allah berikan sebagai bentuk sebuah peringatan atas dosa dan maksiat yang masih sering kita lakukan kepadaNya.

Dengan memperbanyak mengucap kalimat istighfar dan benar-benar tulus bertaubat kepada Allah, maka segala beban yang kita rasakan dalam kehidupan ini akan terangkat.

Allah akan menggantikannya dengan sebuah kekuatan. Dan Allah akan membuat kita nyaman karena Dia terasa dekat seklai dengan kita.

Dan yang perlu kita ingat adalah, bahwa Allah tak pernah memberi suatu beban pada hambaNya melebihi kemampuan hambaNya tersebut.

2Disembuhkan dari Penyakit

duniajilbab.tumblr.com

Saat kita merasakan sakit, baik sakit fisik maupun batin, maka yang harus kita lakukan adalah memperbanyak mengucapkan istighfar dan meminta ampun kepada Allah.

Kalimat istighfar bisa menjadi obat hati, karena hati bisa menjadi lebih tentram saat kita mengakui segala dosa kita kepada Allah.

Dengan merasakan ketentraman hati tersebut, secara otomatis tubuh akan terangsang menjadi lebih sehat karena organ-organ dalam tubuh juga lebih relaksasi dalam bekerja.

Selain itu, dengan memohon ampun pada Allah, maka Allah akan mengangkat segala penyakit sekaligus segala dosa dan khilaf kita, karena Dia Maha Pengasih dan Penyayang.

3Allah Berikan Kemudahan dalam Menjalani Kehidupan

tani-temanggung.blogspot.com

Allah Maha Tahu segalanya.

Dan walaupun kita tidak mengucapkan segala yang kita inginkan pun, atau saat kita tak mampu mengeluhkan segala masalah dan ujian yang kita hadapi, Allah tetap tahu.

Namun, Allah tetap memerintahkan kepada hamba-hambaNya untuk selalu berdo’a dan meminta apa yang diinginkan kepadaNya.

Jika Allah ridho, Dia akan mengabulkannya.

“Bila engkau berdo’a, sementara waktu begitu sempit, padahal di dalam dadamu dipenuhi oleh begitu banyak (hajat) kebutuhan, maka jadikan seluruh isi do’amu berupa permohonan maaf kepada Allah.”

“Karena bila Dia memaafkanmu, maka semua keperluanmu akan dipenuhi olehNya tanpa engkau memintanya.” (Ibnul Qayyim rahimahullaah).

Itulah mengapa, salah satu keutamaan dari memperbanyak mengucapkan kalimat istighfar adalah, Allah akan memberikan kemudahan kepada kita dalam menjalani kehidupan ini.

4Diberikan Petunjuk oleh Allah

sengketahati.blogspot.com

Dalam sebuah kesempatan, Syaikh Muhammad bin Muhammad Mukhtar As-Syinqity hafidzahullaah pernah ditanya oleh seseorang.

“Wahai Syaikh, dengan amalan apa anda menasehati saya dalam menyongsong datangnya musim ketaatan?”.

Kemudian Syaikh Muhammad menjawab, “Sebaik-baik amalan yang dapat dilakukan dalam menyongsong musim ketaatan adalah memperbanyak istighfar.”

“ Sebab dosa akan menghalangi seseorang dari taufiq Allah (untuk melaksanakan ketaatan).”

Hikmah yang bisa kita petik dari kisah di atas adalah, bahwa Allah akan mengganti segala bentuk kebingungan dengan sebuah petunjuk yang sangat baik.

Bisa jadi memang ketika kita dihadapkan pada pilihan yang membingungkan, sesungguhnya itu akibat banyaknya dosa yang kita timbun.

Sehingga saat kita meminta ampun kepada Allah dengan memperbanyak istighfar, maka Allah akan  menggantinya dengan sebuah petunjuk berupa kekuatan iman kepadaNya.

5Dilapangkan Rezekinya

artikel.masjidku.id

Ibnu Katsir rahimahullaah pernah mengatakan, “Barangsiapa yang menghiasi dirinya dengan amalan ini, yaitu memperbanyak kalimat istighfar,

“Maka Allah akan mempermudah rezekinya, memudahkan urusannya dan menjaga kekuatan jiwa dan raganya.”.

Dengan banyak mengucapkan kalimat istighfar dalam kehidupan sehari-hari, hati akan menjadi lapang dan semua permasalahan akan terasa lebih ringan untuk dihadapi.

Selain itu, rezeki juga akan lebih lancar mengalir karena Allah telah ridho kepada kita dan memberikan nikmat berupa kelancaran rezeki tersebut.

Dengan memperbanyak mengucap kalimat istighfar, maka Allah akan mengangkat dosa-dosa dan membuat hati kita menjadi lapang serta tenang, karena kembali pada kesucian.

Itulah lima manfaat luar biasa yang akan kita dapatkan dengan selalu memperbanyak mengucap kalimat istighfar dalam kehidupan kita sehari-hari.

Semoga bisa menjadi pengingat kita semua sebagai hamba Allah, karena sesungguhnya kita berasal dariNya dan suatu hari akan kembali pula kepadaNya.