Tahukah kamu ada banyak sekali jenis jahe yang ada di Indonesia? Salah satu yang perlu kamu ketahui manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan adalah jenis jahe merah.

Jahe merah mempunyai nama latih zingiber officinale var rubrum. Jahe merah sama halnya dengan jahe emprit karena memiliki ukuran yang kecil di bandinkan dengan jahe kebo atau jahe gajah. Jahe merah merupakan tanaman semusim dengan panjang sekitar 40 sampai 50 cm

Tanaman rimpang yang memiliki dominasi warna kemerah-merahan ini ternyata menyimpan sejuta manfaat pada ukurannya yang kecil. Jahe dengan ukuran terkecil dari jenis jahe lainnya ternyata punya khasiat paling ampuh bagi para pengonsumsinya.

Meskipun memiliki bentuk yang paling kecil, jahe merah merupakan jenis jahe yang paling pedas dan mengandung minyak atsiri paling banyak dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.

Penasaran? Yuk, kita tengok apa saja manfaat jahe merah untuk kesehatan.

1Gejala Influenza

sridianti.com

Flu adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini menyebabkan tubuh lemah, demam, batuk, dan gangguan pada pernafasan.

Jahe merah memiliki efek menyegarkan sehingga sangat baik untuk menghilangkan semua gejala flu. Jahe merah megandung zingiberal yang berfungsi untuk menurunkan demam dan meningkatkan nafsu makan.

2Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

solusisehatku.com

Umbi jahe merah dibuktikan berperan sebagai karminativum yang bisa merangsang pengeluaran gas dari perut sehingga ampuh sebagai obat masuk angin.

Efek menghangatkan tubuh diyakini juga mammpu meredakan mual, batuk, maupun gejala flu ringan.

Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa kandungan enzim lipase dan protease bermanfaat untuk memecah lemak serta protein sehingga melancarkan proses pencernaan dan penyerapan makanan.

Jahe merah melindungi saluran pencernaan dengan menurunkan tingkat keasaman lambung. Rimpang jahe merah punya aseton serta metanol yang mencegah iritasi dan nyeri lambung. Jahe juga sanggup mencegah peradangan dengan menghambat produksi hormon prostaglandin.

3Sakit Kepala

wellnesshow.com

Jahe merah mengandung senyawa kamfena yang bisa meringankan sakit kepala dan demam. Orang yang sakit kepala bisa minum susu dengan campuran jahe merah.

Efek rasa pedas yang disebabkan karena jahe merah juga sangat baik untuk menengkan syaraf sehingga rasa saki kepala bisa segera reda.

4Antiangiogenesis

obatkankerherbaltradisional.blogspot.com

Senyawa aktif gingerol yang dimiliki oleh jahe merah memiliki efek antiangiogenesis yang artinya menghambat aliran darah menuju sel-sel tumor/ kanker sehingga menyebabkan terhambatnya pertumbuhan bahkan kematian dari sel tumor/ kanker tersebut.

5Mencegah Pembengkakan Pita Suara

docdoc.com

Racikan herbal jahe merah, minyak kayu putih, bawang putih, bawang merah, dan sereh ampuh mengobati penyakit singer’s nodule—pembengkakan pita suara diakibatkan penggunaan pita suara yang berlebihan.

Gejalanya mencakup penurunan kualitas suara, serak, atau bahkan ketidakmampuan untuk berbicara dalam waktu lama. Jika dibiarkan, penyakit ini bisa berkembang menjadi kanker pita suara.

Racikan jahe merah bersama herbal-herbal lain diatas diyakini mampu mencegah penyakit ini. Jahe merah juga bermanfaat sebagai antioksidan sehingga efektif utuk membantu menangkal efek radikal bebas yang memicu kanker.

6Antirematik

blog.fysiosupplies.nl

Khasiat jahe merah yang selanjutnya ialah membantu meredakan nyeri akibat rematik dengan memperlambat proses pembentukan lipooksigenase serta sikloksigenase.

7Pegal Linu

rs-mojosongo.com

Pati jahe merah juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami pereda pegal linu. Cara mengobatinya sangat mudah. Cukup oleskan pati jahe merah pada bagian tubuh yang pegal.  Hati-hati ya, karena patinya sendiri berasa panas pasca dioleskan.

8Diet

dietherba.wordpress.com

Kandungan gingerol dalam jahe merah juga bisa sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kandungan ini akan merangsang tubuh untuk lebih meningkatkan metabolisme yang ditandai dengan meningkatnya panas tubuh dan keluarnya keringat.

Manfaat jahe merah untuk diet cukup sehat karena hanya memerlukan konsumsi air rebusan jahe merah hangat atau wedang jahe merah rutin 2 kali sehari. Mengkonsumsi air sari jahe ini juga merupakan cara efektif mencegah perut membuncit.

9Batuk

obatnenek.com

Manfaat jahe merah untuk batuk ini diperoleh dari satu kandungan gingerol dalam jahe merah yang memberikan perasaan lega di tenggorokan dan kemudian mengencerkan dahak atau berfungsi sebagai ekspektoran.

Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan merebus jahe merah dengan 2 gelas air hingga air mendidih menjadi satu gelas saja. Mengkonsumsi minuman jahe merah 2 kali sehari dapat secara alami mengurangi frekuensi batuk.

Jahe merah juga bisa digunakan sebagai ramuan herbal untuk radang tenggorokan, muntah-muntah, demam, masuk angin, sakit kepala, dan gejala meriang. Manfaat ini diperoleh dari kandungan jahe merah yakni minyak atsiri.

10Kecantikan

kesehatan-kulit.info

Selain untuk kesehatan, ternyata jahe merah punya manfaat juga untuk kecantikan lho. Jahe merah mengandung minyak atsiri dan antioksidan zingerone yang sangat berpengaruh pada penangkal radikal bebas dan pencegah penuaan dini.

Sehingga manfaat jahe merah untuk kecantikan ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan keriput maupun flek-flek hitam di wajah.

Kabar baiknya, jahe merah diketahui ampuh pula untuk mengatasi jerawat dan masalah kulit berminyak dengan mengaplikasikan irisan tipis jahe merah ke wajahmu.

Jahe juga bisa kamu tanam di pekarangan rumah sebagai obat keluarga. Manfaat Tanaman Obat Keluarga

11Manfaat Lain

sarungpreneur.com

Selain yang sudah disebutkan di atas, jahe merah juga punya manfaat lain bagi kesehatan, di antaranya adalah mampu mengatasi muntah-muntah (emetic), pegal-pegal, radang tenggorokan (bronchitis).

Mampu mengatasi sakit demam (fevers), sakit encok, sakit pinggang, dapat membersihkan kotoran dalam tubuh, menambah stamina (tonikum), mencegah penggumpalan darah, mencegah perut buncit, mengatasi pencernanan kurang baik

Jahe merah bisa juga digunakan sebagai obat bengek (asma), obat jerawat, obat pencahar (laxative), obat untuk melawan gejala penyakit (alophathia), mengatasi gangguan lambung, kurang darah (anemia), mengatasi kurang daya penglihatan

Mampu mengatasi masuk angin (expectorant), batuk, sakit kepala, menurunkan berat badan, menurunkan tekanan tinggi.

12Bisakah Bayi Minum Jahe Merah?

obatsakit2011.blogspot.com

Manfaat jahe tidak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa saja lho, tetapi kini banyak herbalis yang telah memanfaatkan jahe untuk bayi.

Manfaat jahe untuk bayi dibuktikan dengan adanya kandungan zat-zat penting pada jahe yang sangat baik untuk tubuh (kesehatan) bayi.

Zat-zat di dalam jahe yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh bayi diantaranya adalah resin, minyak atsiri, gliserol, enzim protease, enzim lipase dan gingerol.

Dari kandungan zat yang ada dalam jahe tersebut, maka sangat jelas bahwa jahe memiliki manfaat yang dibutuhkan tidak hanya oleh orang dewasa, tetapi juga bayi.

Manfaat jahe untuk kesehatan bayi diantaranya adalah kandungan minyak atsiri, zingiberen, zingerol, dan resin yang dapat memberikan rasa hangat pada tubuh bayi. Sehingga bayi akan merasa nyaman dan rileks.

Selain itu juga jahe bisa menghangatkan tubuh bayi, khususnya ketika cuaca dingin. Jahe merah mampu mencegah terjadinya penurunan suhu tubuh bayi secara drastis.

Jahe merah juga mempunyai zat aktif yang dapat menambah nafsu makan bayi. Enzim protease dan enzim lipase pada jahe dapat mencerna lemak dan protein dengan baik.

Hal tersebut membantu proses penyerapan makanan pada saluran pencernaan bayi, sehingga lambung bayi menjadi lebih sehat dan kuat.

Jahe dapat melancarkan sistem aliran darah pada tubuh, hal tersebut dapat meringankan kerja jantung bayi. Sehingga bayi akan terlihat tenang dan rileks. Kandungan gliserol pada jahe dapat mencegah perut mual dan muntah-muntah pada bayi.

Air perasan jahe pun dapat dijadikan sebagai obat tradisional yang baik untuk mengatasi beberapa penyakit yang sering terjadi pada bayi seperti masuk angin, batuk, pilek, influenza, diare dan radang tenggorokan

Air perasan jahe dapat bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh bayi, sehingga kesehatan tubuh bayi akan lebih stabil.

Bagaimana cara memberikan jahe pada bayi? Jahe untuk bayi dapat diberikan dengan cara menambahkan madu atau sari buah pada air perasan jahe, sehingga rasa pedas pada jahe dapat terkurangi.

13Jahe Merah untuk Ibu Hamil

elementsofstyleblog.com

Selain bagi bayi, jahe merah juga bisa dikhususkan untuk Ibu hamil. Jahe merah akan sangat membantu proses kehamilan mulai dari bulan pertama sampai pasca melahirkan. Meskipun begitu, konsumsi jahe merah pada ibu hamil harus dengan saran dokter.

Jahe merah selain bisa mengurangi terjadinya morning sickness pada Ibu hamil muda juga dapat membentuk kekebalan tubuh janin yang dikandung di dalam perut Ibu hamil karena kandungan vitamin C di dalam jahe.

Jahe merah juga mengandung asam folat yang dapat mencegah risiko bayi cacat lahir. Bagi Ibu hamil, sebaiknya konsumsi jahe alami dan bukan berupa suplemen atau obat-obatan herbal yang dijual bebas di pasaran.

Saat hamil, seorang ibu pasti mengalami keadaan atau kondisi pencernaan yang kurang nyaman, seperti mual dan sebagainya. Ibu hamil pasti mengalami mual yang berlebihan saat hamil karena adanya kontraksi pada perut.

Hal ini tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena akan menyebabkan ibu hamil tidak memiliki nafsu makan yang baik.

Jika sedang hamil dan mengalami kondisi yang tidak menyenangkan seperti ini, Ibu hamil bisa menggunakan jahe merah untuk mengatasinya.

Jahe memiliki kandungan senyawa dan unsur yang dapat menahan serotonin bekerja. Serotonin mampu menimbulkan rasa mual pada ibu hamil. Maka dari itu, mengkonsumsi air rebusan jahe merah selama hamil dapat memberikan efek yang positif.

Terkadang, seorang ibu hamil juga mengalami kram perut yang menyakitkan, dengan manfaat jahe merah untuk ibu hamil, rasa nyeri tersebut akan berangsur-angsur hilang.

14Jahe: Tanaman Surga yang Disebut di Al-Qur’an

solusisehatku.com

Ada yang lebih menarik nih dari tanaman jahe!

Ternyata, jahe adalah tumbuhan atau tanaman yang namanya disebut-sebut Al-Quran dan juga digunakan oleh Rasulullah Saw sebagai pengobatan.

Dari Abu Sa’id Al Khudri, dia menceritakan: “Raja Romawi pernah menghadiahkan kepada Rasulullah Saw satu karung jahe. Beliau memberikan kepada setiap orang satu potong untuk dimakan dan aku juga mendapatkan satu potong untuk kumakan.” (HR: Abu Nuaim).

Sementara Allah Swt memujinya dalam salah satu surat; “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.“ (QS: Al Insan (76 ) : 17 )

Para ulama  berpendapat bahwa yang dimaksud di dalam ayat ini adalah minuman surga yang dicampur zanjabil (jahe).

Dalam Tafsir Nurul Qur’an oleh Sayyid Kalam Faqih, beliau mengutip dari perkataan Ibnu Abbas bahwa:

“Kenikmatan – kenikmatan yang telah disebutkan Allah dalam al Qur’an adalah yang namanya kita kenal,

Misalnya, Dia menyebutkan “minuman segar dicampur zanjabil”, zanjabil adalah nama untuk jahe, yaitu tanaman akar-akaran yang aromanya sangat disukai oleh orang Arab.” (Faqih, 2006 : 52).

Fenomena ini menunjukkan bahwa alam dan tumbuhan yang diciptakan Allah Swt ini tidaklah sia-sia. Semuanya merupakan nikmat yang dianugerahkan kepada seluruh makhluk-Nya.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an Surat Al-anbiya’ ayat 16: “Dan kami tidak menciptakan langit dan bumi dan segala apa yang ada diantara keduanya dengan main-main.”

Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya.

15Tanam Jahe Merah di Pekarangan Rumah

youtube.com

Sekarang sudah banyak masyarakat yang menyukai jahe merah karena alasan kesehatan dan sebagai bumbu dapur. Oleh karena sudah mulai banyak masyarakat yang suka, maka mereka memutuskan untuk menanam jahe merah di rumah.

Menanam jahe merah tergolong mudah, praktis, dan hasilnya cukup menguntungkan. Tidak perlu menyediakan tanah luas sebab kamu bisa menanam di halaman rumah atau di teras, secara vertikal maupun horizontal.

Budidaya jahe merah tidak banyak bergantung pada lokasi, cuaca, dan faktor-faktor lain. Kamu bisa membudidayakan jahe merah di dalam kantong atau polybag.

Seorang pembudidaya jahe merah menyatakan bahwa cara menanam jahe merah menggunakan polybag tidak merepotkan dan tidak butuh lahan luas tetapi hasilnya memuaskan.

Waktu tanam jahe merah menggunakan polybag juga lebih singkat. Hanya membutuhkan 8 sampai 10 bulan. Dibandingkan harus menunggu lebih dari 1 tahun jika ditanam di lahan tanah, lebih baik mencoba tanam dengan media polybag.

Caranya, siapkan bibit. Kamu bisa membeli bibitnya di pasar atau toko bibit. Pilih bibit yang sudah tua, berusia 10 bulan ke atas dan yang ukurannya besar, berwarna cerah, sehat dan mulus.

Jangan lupa sebelum ditanam, jemur dulu rimpang jahe merah tapi tidak sampai kering, lalu simpan pada suhu ruangan selama 1-1,5 bulan.

Patahkan bibit dengan tangan menjadi 3-5 mata tunas, kemudian jemur seharian. Masukkan potongan ke dalam wadah yang berlubang. Kemudian celup wadah dalam larutan fungisida serta zat pengatur selama 1-2 menit, lalu keringkan.

Siapkan bedeng semai dan semaikan bibit jahe. Bersihkan lahan bedengan dari gulma dan tabur dengan serbuk gergaji atau sekam setebal 5 sampai 10 cm. Tabur lagi dengan pasir halus setebal 5 cm kemudian taruh bibit-bibit secara berderet di atasnya.

Tutup dengan ladu di atasnya dan pasang bambu setinggi 40 cm di plengkung. Lalu tutup dengan plastik. Proses penyemaian ini dilakukan sampai bibit jahe berumur 3-5 minggu.

Siapkan media tanam, yaitu pasir halus, pupuk kandang, sekam bakar/abu, tanah, dolomit, stater mikroba, kemudian aduk secara merata. Tutupi dengan plastik, berulang kali aduk setiap pagi selama 7-15 hari dan tutup kembali dengan plastik.

Siapkan polybag hitam atau karung berukuran 60 x 60 cm, tekuklah secara melebar dan masukkan media tanam yang sudah disiapkan.

Pilih, lalu cungkil bibit persemaian yang sehat dan besar. Kemudian tanam di media tanam (polybag yang sudah diisi tanah, pupuk, dan sekam). Pasanglah paranet di atas bedengan setinggi 1,5 m untuk meneduhkan dari terik matahari dan hujan.

Cara menanam jahe merah dalam polybag tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Penyiraman hanya perlu dilakukan setiap 2-3 minggu dan siram juga air yang dicampurkan pupuk organik.

Setiap 25 hari sekali tambahkan media tanam setebal 10 cm. Bersihkan gulma di sekitar jahe merah jika ada. Menanam jahe merah menggunakan polybag ini bisa menghasilkan kualitas jahe terbaik dari hasil panen berusia 9-10 bulan.

Untuk memanen jahe merah, sobeklah bagian pinggir polybag kemudian goyang-goyangkan dengan memegang batang tanaman sampai tanah yang menempel di umbi berjatuhan.

16Ramu Sendiri Jahe Merah di Rumah

manfaatjahemerah.com

Kamu bisa mendapatkan ekstrak jahe merah yang dijual di toko-toko dan apotek. Ekstrak jahe ini sering juga dimanfaatkan sebagai minuman segar ataupun minuman kesehatan.

Ekstrak jahe merah umumnya dibuat dalam bentuk serbuk. Namun ada juga ektrak jahe merah yang dibuat cair.

Tentu kalau kamu membeli ekstrak jahe yang sudah dikemas, pasti ada bahan pengawet di dalamnya. Lebih baik, kamu buat ramuan jahe sendiri di rumah

Membuat ekstrak jahe merah dengan tanganmu sendiri di rumah tidaklah sulit. Jadi kamu tidak perlu beli ekstrak jahe kemasan ketika kamu khawatir ada bahan pengawet di dalamnya.

Bagaimana caranya? Ada beberapa langkah konvensional membuat ekstrak jahe merah. Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti jahe merah dan air. Bersihkan jahe merah dengan cara dicuci dengan air yang mengalir.

Kedua, haluskan jahe merah dengan alat motor listrik agar cepat. Kemudian masukkan air pada gilingan jahe merah. Perbandingan air dan jahe merah sebesar 1:4 (satu liter air untuk empat kilogram jahe merah).

Ketiga, saring jahe merah yang sudah halus dengan menggunakan saringan. Buang ampasnya dan manfaatkan hasil saringannya. Setelah disaring, diamkan hasil saringan jahe merah selama 5 hingga 6 jam atau batas waktu sampai pati jahe merah mengendap.

Kempat, pisahkan air saringan jahe merah dengan patinya. Lalu masak air saringan jahe merah dan masukan gula dengan perbandingan 1 kg gula untuk 1 liter air saringan jahe merah. Jika kamu penyuka manis, tambahkan lagi gula sesuai selera.

Kelima, ketika air saringan jahe merah sudah mendidih, kamu harus mengaduknya terus. Pastikan api kompor kecil agar tidak cepat kering. Lakukan terus pengadukan hingga air saringan jahe merah mengental.

Keenam, jika air saringan jahe merah dibiarkan saja tanpa diaduk, jahe akan mengental dan hangus (berwarna cokelat gelap). Ketika campuran mulai terlihat berbentuk bulat-bulat, aduklah hingga bulatan-bulatan tersebut pecah dan menjadi serbuk.

Prosesmu akan berhasil jika campuran jahe merah berwarna cokelat muda dan aromanya benar-benar aroma jahe. Maka, ekstrak jahe merah pun sudah jadi dan siap dikonsumsi.

17Jangan Konsumsi Terlalu Berlebihan

livestrong.com

FDA (Food and Drug Administration) di Amerika telah mencatat bahwa jahe sebagai produk makanan yang umumnya aman dikonsumsi, tetap saja punya batas asupan bagi tubuh agar tidak membahayakan.

Batas aman untuk asupan jahe adalah 2 gram per- kilogram massa tubuh. Bila lebih dari angka tersebut, maka masuk ke dalam kategori overdosis.

Meskipun jahe merupakan bahan pangan herbal yang aman dikonsumsi, kamu harus tetap berhati-hati lho. Jika diminum secara berlebihan, pasti aka nada efek samping yang muncul meski tidak fatal.

Selain itu, herbal dan obat-obatan untuk kondisi kesehatan tertentu, diketahui akan bereaksi bila dikonsumsi berbarengan dengan minuman jahe.

Maka, alangkah baiknya jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan seorang dokter, apalagi bagi wanita hamil dan bayi atau anak-anak.

18Sejarah Jahe Merah

sarungpreneur.com

Jahe (Zingiber officinale Rosc.) merupakan salah satu dari temu-temuan suku Zingiberaceae yang menempati posisi sangat penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia.

Jahe berperan penting dalam membantu perkembangan ekonomi dan menjaga kesehatan hidup masyarakat.

Jahe juga termasuk komoditas yang sudah ribuan tahun digunakan sebagai bagian dari ramuan rempah-rempah yang diperdagangkan secara luas di seluruh dunia.

Walaupun tidak terlalu menyolok, penggunaan komoditas jahe berkembang dari waktu ke waktu, baik itu mengenai jumlah, variasi, kegunaan maupun mengenai nilai ekonominya.

Jahe merupakan tanaman obat dan rempah. Jahe berupa tumbuhan rumpun berbatang semu dan merupakan rimpang dari tanaman bernama ilmiah Zingiber officinale Rosc.

Jahe berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina. Oleh karena itu, kedua bangsa ini disebut-sebut sebagai bangsa yang pertama kali memanfaatkan jahe terutama sebagai bahan minuman, bumbu masak, dan obat-obatan tradisional.

Tanaman jahe di dunia tersebar di daerah tropis, di benua Asia dan Kepulauan Pasifik. Akhir-akhir ini, jahe dikembangkan di Jamaica, Brazil, Hawai, Afrika, India, China dan Jepang, Filipina, Australia, Selandia Baru, Thailand dan Indonesia.

Jahe mampu tumbuh dengan baik di Indonesia dan bisa ditemukan di semua wilayah Indonesia yang ditanam secara monokultur dan polikultur.

19Keunikan Jahe Merah

deherba.com

Jahe merah atau jahe sunti (Zingiber officinale var. amarum) memiliki rimpang dengan bobot antara 0.5-0.7 kg per-rumpun.

Struktur rimpang jahe merah yakni kecil berlapis-lapis dan daging rimpangnya berwarna merah jingga sampai merah. Ukurannya lebih kecil dari jahe kecil.

Diameter rimpang jahe merah dapat mencapai 4 cm dan tingginya antara 5,26-10,40 cm. Panjang rimpang dapat mencapai 12.50 cm.

Jahe merah selalu dipanen setelah tua, dan juga memiliki kandungan minyak atsiri yang lebih tinggi dibandingkan jahe kecil, sehingga cocok untuk ramuan obat-obatan.

Akar yang keluar dari rimpang berbentuk bulat, berdiameter antara 2,9-5,71 cm dan panjangnya dapat mencapai 40 cm.

Akar yang dikumpulkan dalam satu rumpun jahe merah dapat mencapai 300 gram, jauh lebih banyak dari jahe gajah dan jahe emprit. Susunan daun terletak berselang-seling teratur, berbentuk lancet dan berwarna hijau muda hingga hijau tua.

Panjang daun dapat mencapai 25 cm dengan lebar antara 27-31 cm. Kandungan dalam rimpang jahe merah antara lain minyak atsiri 2,58-3,90%, kadar pati 44,99%, dan kadar abu 7,46%.

Jahe merah memiliki kegunaan yang paling banyak jika dibandingkan jenis jahe yang lain. Jahe ini merupakan bahan penting dalam industri jamu tradisional dan umumnya dipasarkan dalam bentuk segar maupun kering.

20Keuntungan Bisnis Jahe Merah

playtoko.com

Kamu tertarik untuk budidaya jahe merah sekaligus menjadikannya ladang usaha yang besar? Jika ya, maka keputusanmu sudah tepat. Selain mudah, kamu bisa dapat keuntungan besar dari berbisnis jahe jenis apapun, termasuk jahe merah.

Jika untuk 1 polybag yang berisi 3 pucuk jahe merah, maka modal yang kamu perlukan adalah sebesar Rp 5.000,- Wow! murah ya.

Kemudian pada saat panen, setiap polybag menghasilkan 9 kg (3kg/pucuk) dan dijual seharga Rp 25.000,-/kg, maka hasil panen yang didapat sebesar 9 kg x Rp 25.000 = Rp. 225.000 atau untung Rp 220.000. Nah, ini baru perhitungan 1 polybag saja.

Jika membudidayakan jahe merah sebanyak 100 polybag, maka modal yang dibutuhkan hanya Rp 500.000 namun, keuntungan yang didapat akan berkali-kali lipat, yaitu sebesar Rp 22.000.000.

Tingkat kebutuhan akan jahe merah tentu kian meningkat di masa mendatang sehingga harga jual akan terus melambung. Maka, bayangkan saja berapa keuntungan yang akan kamu dapat dari usaha budidaya jahe merah ini.

Yuk, konsumsi jahe merah sekarang juga.