Did you know apa itu jaringan komputer? Ini lhoh, Guys pengertiannya.

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi.

Dan program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, hard disk, dan sebagainya.

Yups, bisa diartikan jaringan komputer itu merupakan kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada di berbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.

1Membagi Sumber Daya (Resources Sharing)

valueconsulttraining.com

Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut dapat berupa perlengkapan komputer, seperti printer, maupun sumber daya yang berupa data-data, file-file, dan program-program.

2Reliabilitas Tinggi

distrodoc.com

Dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan.

Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.

3Hemat Biaya

strategi5.com

Perangkat dan data yang dapat di share akan membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang di tiap-tiap unit komputer.

Bukan itu saja, jaringan komputer bisa dimungkinkan untuk menggunakan satu alat yang dipakai beramai-ramai, seperti printer. Nah, itulah mengapa jaringan komputer menjadi lebih murah (lebih sedikit perangkat), dan lebih efisien (lebih mudah mengakses data).

4Sebagai Integrasi Data.

bigdatarevolutionbook.com

Dengan adanya jaringan komputer, maka ketergantungan pada komputer pusat dapat berkurang, karena setiap pemprosesan data tidak semuanya dilakukan oleh satu komputer saja, namun bisa diproses di komputer lainnya.

Maka dari itu jaringan komputer dapat membentuk integrasi data yang memudahkan pengguna untuk mengolah dan memperoleh informasi setiap saat.

5Pengembangan dan Pemeliharaan

indonesiaberkarakter.org

Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer.

Maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama-sama.

Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat hard disk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada hard disk yang ada pada komputer pusat.

6Mendukung Kecepatan Berkomunikasi

rotasinews.com

Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk untuk mengirim pesan maupun informasi yang penting lainnya. Dengan adanya dukungan jaringan komputer, komunikasi dapat dilakukan lebih cepat.

Para pemakai komputer dapat mengairim surat elektronik dengan mudah bahkan dapat bercakap-cakap secara langsung melalui tulisan (chatting) ataupun telekonferensi (video call).

7Memudahkan Pengaksesan Informasi.

tipsserbaserbi.blogspot.com

Jaringan komputer memudahkan pengaksesan informasi. Seseorang dapat bepergian ke mana saja dan tetap bisa mengakses data yang terdapat pada server ketika ia membutuhkannya.

Pertumbuhan internet salah satu implementasi jaringan yang terbesar didunia, memungkinkan segala informasi yang ada di dunia dapat dengan mudah didapatkan.

8Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini

ict-enterprise.id

Dengan pemakaian sumber daya secara bersama-sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi.

Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.

9Keamanan Data Terjamin

jalantikus.com

Sistem jaringan komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Why? Yeah, karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap hard disk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.

Itu tadi beberapa manfaat jaringan komputer. Semoga bermanfaat.