Manfaat jilbab bagi kesehatan, salah satunya adalah membantu wanita melindungi kulitnya yang tipis dari bahaya sinar matahari.

Artinya, desain jilbab sudah sangat sesuai dengan kebutuhan seorang wanita dari segala sisi. Tapi tunggu dulu. Masih ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh ketika seorang wanita memakai jilbab lho.

Berikut ini adalah beberapa manfaat berhijab bagi kesehatan para wanita, kamu harus tahu ya.

1Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari

klikmanfaat.com

Sinar matahari memang bermanfaat untuk kulit, yaitu mensintesis kalsium untuk kesehatan tulang.

Tapi ada akibat buruk juga yang ditimbulkan. Penyakit sunburn, misalnya, terjadi akibat sengatan sinar matahari atau sinar UV melebihi daya tahan tubuh seseorang.

Kulit yang berwarna cerah lebih rentan terhadap sunburn dari pada kulit coklat karena kadar melatonin (untuk menjaga kulit dari sinar UV) pada kulit putih lebih rendah daripada kulit coklat.

Kulit cerah hanya bertahan kurang dari 15 menit setelah terkena sinar matahari, sedangkan pada kulit coklat dapat bertahan 3-9 jam.

Gejala sunburn tidak terlihat langsung, seketika itu juga. Tapi akan terlihat 6-48 jam setelah terpapar sinar matahari. Kulit akan terasa terbakar dan berwarna merah. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakkan pada kulit. Waspada ya!

2Cegah Peradangan Kulit Luar

asterprescott.blogspot.com

Peradangan ini dapat terjadi pada kulit yang sering terpapar sinar matahari. Bagian-bagian kulit tersebut yaitu di sekitar tulang pipi, hidung, dahi, punggung tangan, punggung, dan kaki.

Dengan mengenakan jilbab, maka tidak perlu ada kekhawatiran tersebut.

3Bebas Gatal Akibat Matahari

muslimah.web.id

Orang-orang sering menyebut penyakit ini dengan alergi matahari namun kejadian penyakit ini termasuk jarang terjadi.

Gejalanya dapat langsung terlihat seperti gatal-gatal. Penyebabnya yaitu terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama.

4Mencegah Kanker Kulit

dailymoslem.com

Penderita sunburn lebih berpotensi terkena kanker kulit karena dapat mengubah DNA menjadi tumor kulit yang menyebabkan kanker kulit.

Kulit yang terpapar sinar matahari terlalu sering dan lama, seperti berjemur dibawah sinar matahari dengan pakaian yang minim dapat menyebabkan kehilangan antibodi.

Akibatnya, tubuh akan kekurangan kekuatan untuk melawan pertumbuhan sel-sel kanker. Penelitian ilmiah telah menyatakan bahwa wanita yang berpakaian ketat atau yang transparan dapat meningkatkan risiko kanker milanoma.

Bagi wanita berjilbab, sudah pasti tubuh akan terlindungi dari risiko tersebut.

5Antibodi

republika.co.id

Tubuh wanita lebih sensitif dibanding tubuh laki-laki. Siklus menstruasi dapat mempengaruhi kantong-kantong ASI pada ibu menyusui. ASI mengandung vitamin dan vaksinasi, dilindungi oleh enzim dari seluruh tubuh.

Nah, enzim tersebut harus dilindungi agar tidak pecah, dengan menutup diri menggunakan jilbab.

6Melindungi dari Udara Panas dan Dingin

bahasa.aquila-style.com

Para pakar menyarankan, saat harus berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu lama, sebaiknya menggunakan pakaian yang tertutup, terutama pada bagian kepala, mata, dan leher untuk mengurangi resiko kerusakan otak.

Tidak hanya panas, tubuh yang kontak dengan suhu dingin terlalu lama juga dapat menyebabkan hipotermia, flu, dan gemetar.

Pada suhu dingin juga disarankan untuk memakai pakaian tertutup untuk menjaga tubuh tetap hangat.

Seorang wanita berjilbab tak perlu bingung menutup bagian tubuh yang rentan terhadap udara ekstrim panas dan dingin, karena jilbab sudah menjawab semua ketakutan tersebut,

7Proteksi terhadap Penyakit

muslimahcorner.com

Sinar matahari yang mengenai tubuh secara langsung secara terus menerus dapat mengurangi imunitas tubuh.

Dengan menggunakan jilbab, justru akan membuat wanita menjadi lebih bersih dan terlindungi dari kontak fisik secara langsung dengan kotoran, bakteri, dan virus.

8Menjaga Kesehatan Rambut

radioelnury.com

Memakai jilbab juga akan membuat kepala dan rambut terlindung dari debu, sinar UV dan polusi, sehingga kebersihan rambut dan kulit kepala tetap terjaga.

Tentu selain menggunakan hijab, untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut harus diimbangi pula dengan perawatan yang benar dan rutin.

9Hati menjadi Tentram

azkapraditya.com

Tidak hanya untuk kesehatan fisik, jiwa pun akan menjadi sehat dengan berjilbab. Mengenakan jilbab membuat seorang wanita menjadi percaya diri, kecantikan alami dari hatinya akan terpancar.

Ketenteraman hati inilah anugerah yang Allah berikan pada para muslimah yang ikhlas mengenakan jilbab karena Allah, dalam rangka menyempurnakan ibadah.

10Tetap Awet Muda

hijababy.com

Penuaan adalah hal yang tidak dapat dihindari. Penyebabnya karena faktor usia, termasuk semakin lambatnya pertumbuhan sel-sel baru.

Gejala penuaan seperti rambut beruban, kulit keriput dll. Penuaan ini disebabkan kulit kehilangan elastisitasnya.

Nah, dengan berjilbab, maka bagian-bagian yang terlihat jelas mengalami perubahan akan tertutup.