Tomat. Buah yang satu ini dikenal baik karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Sehingga, banyak digunakan untuk dibuat jus.

Buah dengan nama ilmiah lycopersicum ini mengandung vitamin yang sangat baik untuk kesehatan. Selain buahnya, daun tomat ternyata mengandung alkaloid, amygdalin, arbutin dan peptin.

Sebenarnya apa saja manfaat minuman favorit ini? Berikut beberapa manfaat jika kamu mengkonsumsi jus tomat secara rutin.

1Menjaga Imunitas Tubuhmu

www.yunusman.top

Karena kaya akan vitamin C dan vitamin A, tomat sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuhmu (imunitas). Tomat juga mengandung mineral likopen yang baik untuk tubuhmu.

2Menghindari Kanker

barokahassyifa.com

Karena kaya akan antioksidan, jus tomat dapat membantu menghindari radikal bebas di dalam tubuh. Cobalah mengkonsumsi jus tomat secara rutin.

3Detoksifikasi

panduanhidupsehat.com

Mengkonsumsi jus tomat baik untuk penyembuhan tubuh dan detoksifikasi. Hal ini tentu sangat baik dalam menhaga kekebalan tubuhmu agar selalu sehat.

4Jantung

www.penabiru.com

Tomat diperkaya kandungan niasin, folat dan vitamin B6. Kandungan ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 30 persen.

5Melawan Infeksi

programfitnes.com

Tomat kaya akan antioksidan dan vitamin C, sehingga tubuh dapat dengan mudah melawan berbagai infeksi.

6Jerawat

www.cangcut.net

Tomat juga mampu mengurangi jerawat dari wajahmu. Caranya mudah, cuci bersih tomat kemudian jus. Tambahkan alkohol 70 persen sebanyak 100 ml ke dalam jus.

Setelah itu aduk rata dan aplikasikan pada wajah yang berjerawat. Setelah 30 menit, bilaslah dengan air hangat. Lakukan secara rutin.

7Demam

www.petiteelle.asia

Tomat juga mampu mengurangi demam.  Cuci bersih tiga buah tomat masak, lalu buat jus. Kemudian saring dan minum air saringanya sekaligus. Kamu dapat menambahkan 1 sendok madu, kecuali bagi penderita kencing manis.

8Obat Radang Usus Buntu

desa-informasi.blogspot.com

Buat jus tomat secukupnya. Minum jus tomat sehari 3 kali, masing-masing 1 cangkir. Lakukan secara rutin.

9Kekurangan Gula Darah

penyakitguladarah.com

Minum jus tomat segar secara rutin. Jus tomat mengandung vitamin B1 yang berkhasiat dapat mengubah gula darah menjadi sumber energi.

10Hipertensi

bvbpengobatantradisionalsite.blogspot.com

Selain memelihara kesehatan jantung, jus tomat dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Kandungan vitamin B6  dan  potassium pada jus tomat juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Sehingga berbagai komplikasi hipertensi seperti pusing, sesak nafas, tubuh terasa lemas  bisa dihindari.

Caranya simpel, cuci bersih buah tomat segar sebanyak 2 buah. Kemudian buatlah jus dengan cara diblender. Diminum pagi-pagi sebelum kamu sarapan pagi.

11Menurunkan Berat Badan

infonutrisi.com

Kamu sedang diet? Cobalah jus tomat untuk menyukseskan program diet sehat kamu. Mengkonsumsi jus tomat secara rutin selama 2 bulan dapat mengembalikan tubuhmu ke bentuk ideal.

Berdasarkan penelitian, jus tomat mampu mengenyangkan dan rendah kalori, sehingga sangat baik untuk kamu yang sedang diet.

Dengan mengkonsumsi jus tomat, kolesterol jahat dalam tubuhmu bisa dikikis. Pasalnya, tomat mengandung niacin dan serat tinggi untuk menghilangkan kolesterol. Konsumsi dengan rutin akan mempercepat program diet kamu.

Membuatnya sangat mudah. Blender tomat bersama garam dan gula. Kemudian, masak jus tomat tersebut sekitar 10 menit. Simpan dalam botol kaca atau wadah kaca untuk persediaan minuman tiap hari. Minum satu gelas setiap harinya. Mudah bukan?

12Menyehatkan Mata

source: globe-views.com

Karena memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, jus tomat sangat baik untuk menjaga kesehatan matamu. Minumlah secara rutin untuk mencegah terjadinya gangguan pada matamu.

13Menjaga Kesehatan Tulang

www.orcee.com

Tomat mengandung kalsium juga vitamin K yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulangmu. Gangguan kesehatan pada tulang seperti pengapuran dan pengroposan tulang bisa dihindari dengan mengkonsumsi jus ini secara rutin.

Demikian beberapa manfaat dari jus tomat. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untukmu.