Kacang hijau tentu sudah tidak asing lagi sebagai salah satu alternatif makanan yang dapat kita konsumsi kapan saja. Baik untuk sarapan, makan siang, makan malam atau sebagai kudapan. Selain itu, kacang hijau juga banyak dimanfaatkan sebagai olahan jajanan.

Antara lain seperti onde-onde, kue tok, puding, es lilin, dan jajanan lainnya. Hal ini membuktikan bahwa kacang hijau sudah sangat familiar sebagai makanan olahan di Indonesia.

Tidak hanya dikenal sebagai pengisi perut ketika lapar saja. Rupanya banyak manfaat yang dapat kamu dapatkan jika mengkonsumsi kacang hijau secara rutin. Berikut ini beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan.

1Membantu Diet Menurunkan Berat Badan

programberatbadan.com

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, salah satu cara paling efektif yang dapat dilakukan adalah mengendalikan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Biasanya, jika asupan kalori dibatasi maka hal ini akan terasa menyiksa karena akan sering mengalami rasa lapar seharian.

Kacang hijau yang memiliki kandungan serat tinggi bisa membantumu menahan rasa lapar. Karena serat dalam pencernaan dapat membantu menahan rasa lapar. Selain itu, kacang hijau juga bermanfaat untuk mencegah sembelit, mengurangi penyerapan kolesterol dan lain sebagainya.

2Sumber Protein Tinggi

bossnianutrition.com

Kandungan protein nabati dalam kacang hijau begitu tinggi. Manfaat protein sendiri dalam tubuh berfungsi untuk meremajakan sel yang sangat dibutuhkan dalam proses keberlangsungan hidup kita. Bagi kamu yang kebetulan membatasi asupan daging, kacang hijau bisa menjadi alternatif.

3Menjaga Tekanan Darah

obatpenurundarahtinggialami.web.id

Menurut The American Heart Assocoation, tekanan darah tinggi dapat diturunkan kembali dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman dengan total kandungan 4700 kalium per harinya. Bagi yang bertekanan darah rendah, cara ini juga bisa mengembalikan tekanan darah menjadi normal.

Asupan kalium tersebut, salah satunya bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi kacang hijau secara rutin. Kamu cukup merebus segenggam kacang hijau dengan air sebanyak 1,5 gelas. Kemudian rebus hingga tersisa 1 gelas. Konsumsilah secara rutin sehari sekali.

4Sumber Zat Besi

intisari-online.com

Banyak orang mengira bahwa sumber zat besi banyak diperoleh dengan mengonsumsi daging dan hati hewan. Sedangkan pada tumbuhan, banyak ditemukan pada bayam. Masalahnya, bagi orang yang memiliki asam urat tinggi, tidak bisa mengonsumsi bayam terlalu banyak.

Maka, kacang hijau bisa menjadi alternatif. Karena kandungan zat besi dalam kacang hijau hampir setara dengan bayam.

5Melindungi Kulit

fastnewsindonesia.com

Jika kamu bisa mengonsumsi kacang hijau secara rutin. Selain bisa memperoleh manfaat seperti di atas, juga bisa mendapatkan kesehatan kulit yang alami. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam kacang hijau cukup tinggi sehingga dapat mengurangi beragam dampak dari radikal bebas.

Kandungan protein nabati dan antioksidan yang tinggi akan membuat kulit kamu menjadi lebih sehat, mulus serta jauh dari penyakit.