Sayuran kangkung pasti sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Pasalnya, kangkung kerap menjadi menu masakan sehari-hari.

Asal kangkung dari Negara India. Lambat laun menyebar ke wilayah Benua Asia, Australis, dan Afrika. Kangkung biasa ditanam di tempat basah, misalnya di rawa-rawa, atau permukaan lumpur.

Kangkung tumbuh dalam waktu cepat, yaitu 6 minggu sesudah penanaman. Jenis kangkung yang lazim ditanam di Indonesia yakni kangkung darat dan air.

Ciri-ciri kangkung air di antaranya memiliki daun lebar, warnanya hijau kelam, dan bunganya keunguan. Sementara kangkung darat daunnya lebih kecil dan bunganya keputihan.

Batang kangkung menjalar dan tumbuh di wilayah perairan. Kangkung mempunyai kandungan yang mendatangkan banyak manfaat.

Kandungan kangkung antara lain, vitamin C, vitamin A, vitamin B1, lemak, protein, zat besi, fosfor, serat, karbohidrat, air, gula, dan lain sebagainya. Tidak heran jika kangkung memiliki banyak manfaat karena kandungan gizinya melimpah.

Penasaran kan manfaat apa saja yang kamu dapatkan jika mengonsumsi kangkung? Yuk, simak ulasannya!

1Mencegah dan Mengobati Sariawan

1mobile.co.id

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa kangkung mengandung banyak vitamin C. Kandungan tersebut membuat kangkung menjadi salah satu pencegah sariawan sekaligus mengobatinya.

Selain itu, sakit gigi juga bisa kamu obati dengan mengonsumsi kangkung karena kandungan antiseptiknya cukup tinggi. Kamu hanya perlu menguyah daun kangkungnya, kuman penyebab sakit gigi dapat terbunuh dalam sekejap.

2Mengatasi Insomnia

expertbeacon.com

Banyak yang bilang, kalau makan kangkung dapat menyebabkan kantuk. Agaknya, anggapan tersebut benar adanya.

Pasalnya, kangkung terbukti mampu mengatasi masalah sulit tidur atau insomnia. Insomnia ini termasuk penyakit yang berbahaya jika tidak segera diatasi. Itulah sebabnya kamu harus mengonsumsi kangkung sebanyak mungkin kalau mengalami penyakit insomnia.

3Mengatasi Nyeri Haid

caraterbarumengatasi.com

Nah, ini khusus untuk perempuan yang sering mengalami nyeri karena haid. Kandungan dalam kangkung dapat mengurangi rasa nyeri berlebih ketika haid.

Caranya, tumbuk daun kangkung dan campurkan dengan air hangat. Lalu saringlah airnya dan teteskan madu supaya rasanya manis.

4Untuk Mengontrol Darah

perawat.co

Kangkung memiliki kandungan yang dapat mencegah pembekuan darah di pembuluh darah, jantung dan otak. Itulah sebabnya kangkung bermanfaat dapat mengontrol darah dalam tubuh.

5Mengatasi Bau Mulut

penabiru.com

Kamu tidak percaya diri karena bau mulut? Cobalah mengonsumsi kangkung. Berdasarkan fakta-fakta yang muncul, kangkung dapat mengobati bau mulut. Terlebih pada saat puasa yang cenderung menjadikan aroma mulut kurang sedap.

Kamu bisa atasi dengan memakan kangkung ketika sahur dan berbuka.

6Meningkatkan Kualitas Otak

distributorvitabrain.com

Kangkung mengandung omega 3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kualitas otak. Terutama bagi ibu hamil, mengonsumsi kangkung dapat membantu meningkatkan kinerja dan pertumbuhan otak janin.

7Menjaga Mata Tetap Sehat

cara-hidupsehat.com

Kesehatan mata sangat terkait dengan konsumsi vitamin A dan itu terdapat pada sayuran kangkung. Jika kamu rutin mengonsumsi kangkung, kesehatan mata akan terjaga dan terhindar dari katarak. Selain itu, mata kamu akan tetap jernih dan cemerlang.

8Mengatasi Penyakit Kolesterol

uripesehat.com

Orang Indonesia banyak yang terkena kolesterol karena mengonsumsi makanan berlemak atau berminyak terlalu berlebih. Kamu bisa mengatasi kolesterol tersebut dengan memperbanyak konsumsi kangkung.

Kangkung dipercaya dapat mengontrol kolesterol secara alami. Jadi, mari hidup sehat dengan mengonsumsi kangkung.

Setelah mengetahui manfaat kangkung, dapat disimpulkan bahwa makanan bergizi tidak harus mahal. Kangkung merupakan sayuran yang mudah didapat dan harganya pun murah.

Soal efek samping, jangan khawatir. Efeknya hanya mengantuk saja. Kalau itu terjadi, kamu bisa mengatasi dengan minum kopi atau makanan lain yang mengurangi kantuk.