Kasturi adalah tanaman tropis khas Kalimantan umumnya orang menyebutnya sebagai mangga kalimantan. Tanaman kasturi yang mempunyai nama latin Mangifera casturi, awal mulanya berbentuk enemik (cuma ada) di rimba sekitar Banjarmasin di Kalimantan.

Tetapi lantaran banyak masalah penebangan rimba, tanaman ini mulai susah untuk didapati di rimba Kalimantan.

Hal semacam ini menjadikan kasturi sudah masuk kedalam daftar merah IUCN (Internasional Union for Consercation of Nature) sebagai tumbuhan punah (Extinct in the Wild) ”.

Punah di sini tujuannya, tanaman ini tak bisa didapati lagi di habitat aslinya serta cuma bisa didapati di perkebunan ataupun di lokasi konversi. Wah, kasihan ya kasturinya. Hiks.

Buah kasturi mirip mangga tetapi memiliki ukuran yang kecil serta beratnya sekitar 50-84 gram. Itulah sepintas perihal ciri-ciri pohon kasturi. Buah ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan, bagi kamu yang ingin tau apa saja manfaat buah ini yuk simak ulasannya berikut.

1Pencegah Kanker

alam.uniknya.com

Buah kasturi merupakan salah satu jenis mangga dan sama seperti jenis mangga lainnya, buah kasturi mengandung banyak komponen penting yang mampu mencegah kanker.

Selain antioksidan, senyawa penting lainnya yang membantu fungsi pencegahan kanker  adalah asam galat, astragalin, filsetin, kuersentin, dan metilgallat.

2Sumber Energi

hasanzainuddin.wordpress.com

Daging kasturi memiliki manfaat karbohidrat dalam bentuk selulosa, pati, dan gula sederhana berupa glukosa, fruktosa, fruktosa. Gula yang terdapat pada buah selain berfungsi memberikan rasa manis, juga berguna sebagai sumber energi yang dapat langsung dimanfaatkan oleh tubuhmu.

3Baik Untuk Pasien Hipertensi

hasanzainuddin.wordpress.com

Kasturi khas kalimantan mempunyai banyak mineral sebagaimana manfaat zat besi, kalium, magnesium, fosfor, potasium, tembaga, seng, mangan, serta selenium.

Walaupun macamnya banyak, tetapi mineral itu masih dalam jumlah yang lebih sedikit dibanding dengan kandungan vitamin yang ada. Tetapi, salah satu kelebihan buah kasturi kalimantan ini yaitu rasio pada natrium serta kalium masih dalam jumlah yang lebih rendah.

Oleh karenanya sangatlah aman untuk dikonsumsi oleh pasien darah tinggi.

Itulah tadi beberapa manfaat tanaman kasturi bagi tubuh. Jadi tidak hanya minyak kasturi saja ternyata yang bisa dimanfaatkan.

SHARE