Kembang sepatu adalah tanaman semak suku malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau.

Bunga dari berbagai jenis kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) dari yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah jambu atau merah tua.

Tanaman ini menghasilkan bunga secara terus-menerus dalam jumlah yang banyak, namun bunga hanya bertahan selama satu atau dua hari. Nah, untuk kamu ketahui, inilah 5 manfaat kembang sepatu untuk tubuh kamu.

1Mengobati Batuk Dan Sariawan

commons.wikimedia.org

Ternyata, tanaman kembang sepatu ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk dan sariawan. Ambil daun kembang sepatu secukupnya, cuci bersih kemudian rebus dalam air mendidih selama 15 menit. Saring airnya kemudian diminum.

Untuk menambah cita rasa kamu bisa menambahkan sedikit gula aren kedalamnya.

2Sebagai Teh yang Kaya Antioksidan

pleisbilongtumi.wordpress.com

Di bagian kelopak bunga sepatu terdapat antioksidan kuat yang mampu mengeluarkan racun dari tubuh serta menangkal radikal bebas. Hal ini dapat dilihat dari warna bunga itu sendiri, Warna merah mendandakan terdapat senyawa polifenol yang berperan sebagai antioksidan.

3Menjaga Kesehatan Kulit

opuntiaengelmanii.wordpress.com

Kandungan minyak yang terdapat dalam bunga sepatu dapat membantumu membersihkan kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih halus.

Selain itu, bagian bunganya juga mempunyai sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu mengatasi jerawat dan mencegah penuaan dini.

Caranya cukup mudah, ambil kelopak bunga sepatu kemudian remas-remas dan gosokkan di sekitar wajah dan leher secara lembut, tunggu hingga minyak meresap kedalam kulit. Jika sudah selesai kamu bisa membilasnya dengan air.

4Merawat Rambut

aiyoshi.deviantart.com

Kembang sepatu kerap digunakan oleh nenek moyang kita sebagai herbal untuk perawatan rambut, hal ini dikarenakan daun bunga kembang sepatu mengandung gel-gel (busa) yang memiliki fungsi hampir sama dengan shampo.

Untuk penggunannya cukup mudah yaitu, ambil 10-15 lembar daun kembang sepatu, kemudian remas-remas hingga keluar lendirnya. Oleskan pada rambut seperti menggunakan gel.

Lakukan secara rutin maka kamu akan mendapatkan rambut yang hitam alami. Cara tersebut juga efektif untuk menghilangkan uban lho.

Nah, sekarang kamu bisa memanfaatkan tanaman kembang sepatu yang banyak tertanam disekitar rumah kan?