Kopi merupakan salah satu produk kuliner yang laris manis hampir di semua negara, banyak sekali manusia menyukai kopi. Baik anak muda sampai dewasa dan tua banyak sekali yang doyan sarapan pagi dengan kopi.

Kopi juga sering kali menemani nongkrong, menemani memancing, nulis lagu atau nonton televisi, tergantung apa aktifitasnya. Secara kopi memang enak dan sedikit efek samping, otomatis susah dipisahkan dari manusia.

Banyak sekali manusia yang menggunakan kopi untuk minuman, tapi bukan berarti kopi bikan hanya bisa untuk buat minuman saja lho guys, buat kamu yang tidak doyan kopi, jangan buru-buru di buang, kamu bisa manfaat kopi selain untuk diminum.

1Menyamarkan Selulit

ayodibaca.com

Jika kamu punya selulit yang menggangu kamu, kamu bisa gunakan kopi di campur dengan minyak zaitun guys, caranya gampang kok.

Campurkan 1/4 cangkir bubuk kopi dengan 3 sendok makan air panas. Biarkan selama 10 menit sampai campurannya mengental.

Lalu, campurkan 2 sendok makan minyak zaitun. Pijatkan scrub kopi yang sudah kamu buat ke kulit yang berselulit selama 2-4 menit, lalu bilas sampai bersih.

2Pupuk dan Pembasmi Hama

balitsa.litbang.pertanian.go.id

Buat kamu yangingin menanam tanaman produktif seperti sayuran, buah atau yang lain, yang diserang sama hama, kamu bisa enyahkan itu hama dengan kopi.

Caranya, cukup tambahkan sejumlah bubuk kopi bersama dengan bibit yang sedang kamu tanam. Hasilnya, tanamanmu bakal bebas hama dan produksinya meningkat.

3Menghalau Kucing

meongku.com

Kucing ternyata tidak suka kopi guys, lebih tepatnya takut kali ya, bagi kamu yang anti kucing, kamu bisa menaburkan bubuk kopi di tempat yang biasanya kamu diganggu kucing. Pasti itu kucing ampun-ampun kepadamu.

4Bersihkan Wajan Berlemak

rumahku.com

Buat para ibu-ibu nih, yang seriong cuci peralatan masak, kopi juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan lemak lho. Lemak yang habis buat masak yang berminyak atau lemak bandel yang susah dihilangkan.

Caranya begini, beberapa sendok teh bubuk kopi pada selembar kain tipis untuk mengangkat minyak dan lemak di panci dan wajanmu.Lumayan untuk menghemat tenaga buat cuci piring.

5Memperindah Rambut

youtube.com

Kata siapa memiliki rambut indah itu butuh biaya mahal? Tidak juga lho, kamu bisa menambahkan kopi di kondisioner kamu, jika dilakukan secara berkala dan rutin tentu rambut kamu akan berkilau.

6Melancarkan Saluran Pembuangan

historiadeguia.blogspot.com

Jika saluran pembuangan yang biasany abuat nyuci piring tersumbat, kamu bisa gunakan kopi untuk melancarkannya. Biasanya tersumbat dengan minyak atau cairan yang mengental. Cara nya dibawah ini.

Campurkan sedikit bubuk kopi dengan air panas dan sedikit sabun pencuci piring, lalu tuang ke saluran yang mampat. Sedikit saja ya, kalau banyak justru bubuk itulah yang akan menyumbat saluranmu.

Cara ini hanya bisa digunakan untuk sumbatan selain benda yang padat lho guys, misal plastik, batu dll

7Bikin Daging Empuk

radioaustralia.net.au

Buat kamu pecinta daging, pecinta steak, jika kamu kesulitan membuat daging menjadi empuk, kamu bisa gunakan kopi dengan ditabur ketika memasak daging tersebut.

Selain bisa membuat daging empuk, juga menjadi aroma yang khas lho, kamu harus coba dech.

8Pengharum Ruangan

reps-id.com

Kopi juga bisa bikin ruangan jadi punya bau khas lho guys, coba ambil kopi yang baru, lalu bungkus denganm plastik atau yang lain, trus gantung di sudut ruangan, pasti ruangan tersebut akan tercium bau yang khas kopi.

9Mengusir Kutu Anjing

herbaltick.com

Buat kamu yang punya peliharaan anjing, yang dimana anjing kamu punya malasah dengan kutu, kamu bisa gunakan kopi untuk mengusir kutu-kutu tersebut.

Caranya campurkan sesendok teh ampas kopi pada sampo anjingmu. Dijamin kutu-kutu pada kapok bersarang dan anjingmu pun senang.

10 Menghilangkan Kantung Mata

sapujagat.com

Buat yang sudah tua atau mulai menua, yang di awajahny sudah mulai muncul kantung mata, kamu bisa gunakan kopi untuk menjadi muda lagi.

Caranya gampang banget guys, tinggal seduh bubuk kopi lalu oleskan ampasnya ke area matamu. Diamkan selama 15 menitlalu basuh dengan air. Lakukan secara rutin biar efeknya optimal.

Bagaimana guys? Masih ragu dengan kehebatan kopi? Kalau tidak percaya, ayo di coba di rumah.

 

SHARE