buah-naga

4 Manfaat Kulit Buah Naga yang Berguna Bagi Tubuhmu

Posted on

Buah yang berasal dari Meksiko ini belum lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi, buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam ini sudah sangat populer.

Di Indonesia sampai saat ini hanya terdapat  2 jenis buah naga, padahal selain buah naga berwarna merah dan putih, ada buah naga lain yang memiliki kulit berwarna kuning.

Buah naga dari berbagai jenis tersebut sama-sama memiliki manfaat yang tak perlu diragukan lagi. Kandungan gizi yang begitu banyak akan memberikan keuntungan bagimu.

Kamu dapat memakan buah naga tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh maupun digunakan sebagai produk kecantikan yang alami.

Selain dagingnya yang berkhasiat, kulit buah naga yang selama ini hanya dianggap limbah ternyata memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuhmu.

Berikut ini adalah manfaat yang diberikan oleh kulit buah naga.

Mendeteksi Kandungan Formalin atau Boraks

thoharianwarphd.blogspot.com formalin
thoharianwarphd.blogspot.com formalin

Keamanan makanan dari zat-zat kimia dan bahan berbahaya harus dipertanyakan. Apalagi kalau kamu ingin membeli makanan yang dijajakan di luaran sana.

Ada saja pedagang nakal yang ingin meraup keuntungan dengan sangat besar namun menggunakan cara yang salah dan tidak patut dicontoh.

Perilaku curang yang banyak ditemui saat ini ialah pedagang yang menggunakan zat kimia berbahaya ke dalam resep masakannya.

Salah satu zat berbahaya yang digunakan adalah formalin dan boraks. Formalin merupakan zat kimia yang biasa digunakan untuk mengawetkan mayat.

Akan tetapi pedagang nakal menggunakan formalin sebagai pengawet makanan. Sedangkan boraks mereka gunakan untuk membuat makanan mereka menjadi lebih kenyal.

Untuk mendeteksi kecurangan tersebut, beberapa orang melakukan penelitian dengan memanfaatkan kulit buah naga sebagai bahan utamanya.

Hasil penelitian tersebut akan digunakan untuk mendeteksi ada atau tidaknya formalin dan boraks yang terkandung di dalam makanan.

Cara untuk membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu memotong kulit buah naga kemudian merendamnya ke dalam air yang telah dicampur jeruk nipis.

uny.ac.id
uny.ac.id

Tunggu hingga warna air berubah menjadi merah. Lalu ambillah tissue dan celupkan ke dalam air rendaman.

Cara menggunakannya dengan menempelkan tissue yang telah dicelup tersebut pada makanan yang ingin diuji. Tunggu kurang lebih selama 10 menit.

Jika telah 10 menit, kamu dapat melihat hasilnya, ketika warna merah pada tissue masih bertahan, tandanya makanan tersebut mengandung formalin atau boraks.

Tetapi apabila warna tisssue memudar menjadi putih, maka makanan tersebut aman dari kandungan zat kimia formalin atau boraks.

Melenturkan Pembuluh Darah

caramengobatipembuluhdarahpecah.wordpress.com
caramengobatipembuluhdarahpecah.wordpress.com

Kulit buah naga dipercaya memiliki kandungan senyawa aktif berupa zat pentacyclic, taraxast dan triyepene yang berguna untuk melenturkan pembuluh darah dalam tubuh.

Ketika pembuluh darah sudah lentur dan tidak kaku, maka darah di dalam tubuhmu dapat mengalir dengan lancar.

Kelenturan pembuluh darah ini perlu kamu jaga agar tidak membuat pembuluh darahmu pecah karena tekanan aliran darah dari jantung yang cukup tinggi.

Menghambat Pertumbuhan Tumor

tumorusus.com
tumorusus.com

Senyawa aktif lain yang terdapat pada kulit buah naga dapat menghambat pertumbuhan sel tumor yang bisa saja mengancam tubuhmu.

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk mengonsumsi teh kulit buah naga yang dapat kamu buat sendiri di rumah secara mudah.

Cara untuk membuatnya dengan menggunakan kulit buah naga yang telah dipotong tipis-tipis. Kemudian jemur di bawah sinar matahari hingga kering.

yanwaridewi.blogspot.com
yanwaridewi.blogspot.com

Jemur kulit buah naga kurang lebih 1 atau 2 hari tergantung dari terik matahari. Jika sudah kering, kamu hanya perlu menyeduh kulit buah naga seperti kamu menyeduh teh.

Melembabkan Kulit

www.digaleri.com
www.digaleri.com

Apabila kamu lebih disibukkan dengan kegiatan di luar ruangan, maka kamu perlu perlakuan ekstra dalam menjaga kulitmu agar tidak kering dan kusam.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena kulitmu akan terpapar langsung oleh sinar matahari. Ketika kamu di luar ruangan juga akan banyak debu yang menempel pada kulitmu.

Salah satu cara untuk tidak membuat kulit kering dan kusam dengan menjaga kelembaban kulitmu setiap waktu. kamu dapat memanfaatkan kandungan dari kulit buah naga.

Kamu hanya perlu membuat teh dari kulit buah naga dan meminumnya. Konsumsi secara rutin setiap harinya supaya kamu memiliki kulit yang tidak kering dan lebih sehat lagi.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *