Indonesia merupakan negara dengan kekayaan obat-obatan herbal yang cukup banyak. Obat-obatan herbal tersebut sampai sekarang masih terus dilestarikan oleh masyarakat untuk diambil manfaatnya bagi kesehatan.

Salah satu obat herbal yang terkenal memiliki banyak khasiat adalah jamu kunyit asam. Perpaduan antara kunyit dan asam jawa menjadikan obat herbal ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk pengobatan. Rasanya yang khas juga banyak yang menyukainya.

Kunyit atau yang dikenal juga dengan kunir merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang tersebar di wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini banyak digunakan oleh  masyarakat Asia, baik sebagai pelengkap bumbu masakan atau sebagai jamu untuk kesehatan atau kecantikan.

Di beberapa daerah, kunyit memiliki banyak nama seperti janar di Banjar, kunir di Jawa, koneng di Sunda dan konyet di Madura.

Kandungan senyawa yang berkhasiat obat pada kunyit begitu banyak. Seperti kurkumin, desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, keton sesquiterpen, turmeon, zingiberen, felandren, sabinen, borneol dan sineil.

Selain itu, kunyit juga mengandung lemak, karbohidrat, protein, pati, Vitamin C, zat besi, fosfor dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Asam jawa pun tidak kalah banyak khasiatnya. Salah satu yang dapat digunakan sebagai obat herbal adalah daging buahnya. Kandungan yang terdapat di dalamnya seperti analgesik, antiseptik, bersifat pencahar, antipiretik dan abortivum sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Resep obat herbal berbahan kunyit yang dipadukan dengan asam jawa telah dikenal secara turun temurun. Nenek moyang kita percaya bahwa jamu ini bermanfaat untuk menyembuhkan bermacam-macam penyakit. Beberapa khasiat jamu kunyit asam yang bisa kamu dapatkan seperti berikut ini.

1Menetralkan Racun Kimia atau Detoksifikasi

sehatfresh.com

Salah satu manfaat kunyit asam adalah membantu proses pengeluaran racun yang ada dalam tubuh. Hal ini disebabkan kelebihan kandungan obat kimia dalam tubuh yang selama ini dikonsumsi. Senyawa yang terkandung dalam kunyit dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

2Mengontrol Berat Badan

artikel-indonesia.com

Nafsu makan yang tak terkontrol, ditambah dengan kebiasaan suka mengemil menjadi penyebab utama tidak terkontrolnya berat badan hingga kegemukan. Mengkonsumsi jamu kunyit asam dapat mengendalikan nafsu makan sehingga jumlah yang dikonsumsi pun tidak berlebihan lagi.

3Mengatasi Beberapa Infeksi

biologi-sel.com

Bakteri yang masuk dalam tubuh dapat menyebabkan infeksi pada beberapa organ tubuh seperti infeksi tenggorokan, infeksi karena luka bakar, cedera atau terpapar radiasi sinar matahari. Infeksi semacam itu dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi jamu kunyit asam.

Hal ini disebabkan terdapat kandungan senyawa anti-inflamasi dalam kunyit dan asam yang berkolaborasi membersihkan bakteri dari dalam tubuh. Selain itu, senyawa ini juga mampu menghilangkan rasa sakit yang muncul akibat infeksi.

4Memperlambat Proses Penuaan

slideshare.net

Kandungan antioksidan dalam kunyit dan asam dapat membantu proses peremajaan kulit. Kulit yang telah mati dengan segera digantikan oleh sel kulit baru. Sehingga kulit terlihat segar dan kencang kembali.

5Siklus Darah Saat Haid Menjadi Lebih Lancar

caracepatmengobatirefi.blogspot.com

Keluhan nyeri haid dan keputihan dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi rutin jamu kunyit asam. Telah banyak wanita yang telah membuktikan khasiat jamu ini. Apalagi jika dikombinasikan dengan sirih menjadi jamu kunyit asam sirih.

Ramuan alami ini dinilai efektif untuk membersihkan daerah kewanitaan dari jamur penyebab keputihan. Untuk kamu yang menginginkan daerah kewanitaannya senantiasa bersih dan sehat, bisa mulai merutinkan mengkonsumsi jamu kunyit asam sirih.

6Mencerahkan Kulit

tokopedia.com

Khasiat kunyit yang mampu menghilangkan racun dari dalam tubuh secara tidak langsung akan berdampak positif bagi kulit. Tubuh yang bersih dari racun akan terlihat lebih cerah bersinar. Daripada mengkonsumsi obat-obatan kimia, lebih baik merutinkan minum ramuan ini.