1000macammanfaat.com

Inilah Manfaat Kunyit yang Luar Biasa

Posted on

Siapa sih yang tidak kenal dengan kunyit? Warna kuning dan baunya yang khas tentu tidak asing lagi bagi kita orang Indonesia bukan?

Kunyit atau kunir termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara.

Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Manfaat kunyit sepertinya sudah terkenal dari dulu hingga sekarang. Mau tahu lebih lengkapnya tentang manfaat kunyit tersebut? Check this out Guys!

Anti Inflamasi (peradangan)

denikrisna.wordpress.com
denikrisna.wordpress.com

Kandungan minyak volatile dalam kunyit telah menunjukkan aktivitas anti-inflamasi yang signifikan dalam berbagai model eksperimental dan penelitian.

Curcumin atau bisa juga disebut pigmen kuning pada kunyit ini dianggap agen farmakologis utama dalam kunyit.

Dalam banyak penelitian, efek anti-inflamasi curcumin ini telah terbukti tidak menghasilkan toksisitas.

Seperti obat-obat anti-inflamasi pada umumnya yang berhubungan dengan efek toksik yang signifikan (pembentukan ulkus, penurunan jumlah sel darah putih, pendarahan usus).

Menjaga Kesehatan Lambung

tabloidbekam.wordpress.com
tabloidbekam.wordpress.com

Perlu kamu tahu Guys, makanan yang kita makan juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada system pencernaan lhoh, terutama makanan yang bersifat korosif yag dapat membahayakan dinding lambung dan usus.

Nah peran kunyit di sini adalah kunyit akan membantu dengan mengurangi efek ini dengan cara meningkatkan lendir pada dinding lambung dengan bertindak sebagai lapisan pelindung.

Mengatasi Kolesterol Jahat (LDL) dalam Tubuh

ahlikolesterol.com
ahlikolesterol.com

Kolestrol jahat atau LDL sangat berbahaya bagi tubuh. Kolesterol yang satu ini dapat memicu berbagai penyakit seperti radang pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah, jantung, dan penyakit kolestrol lainya.

Kandungan kunyit dipercaya mampu mengatasi kolestrol jahat yang masuk kedalam tubuh sehingga mengurangi resiko terserang penyakit akibat kolestrol.

Mengurangi Resiko dan Mengobati Diabetes

drjulz.com
drjulz.com

Kurkumin yang ada pada kunyit memiliki manfaat yang sangat penting untuk mengatasi resistansi insulin pada tubuh.

Ketika resistansi insulin teratasi maka glukosa pada darah dapat terkontrol dengan baik. Sehingga resiko terkena diabetes tipe 2 akan dapat dihindari.

Melancarkan Haid

galerihoshi.wordpress.com
galerihoshi.wordpress.com

Nah, buat para ladies pasti pada tahu bukan ramuan kunyit asem? Meskipun sekarang sudah banyak yang lebih memilih mengonsumsi obat untuk melancarkan haid, tapi tidak jarang pula yang lebih percaya dengan ramuan satu ini.

Memang sih, jika kita meminum ramuan kunyit asem ini efeknya akan melancarkan haid. Bukan itu saja, tapi juga mengurangi rasa nyeri yang dtimbulkan.

Memperlancar ASI

pondokibu.com
pondokibu.com

ASI adalah makanan pokok pada bayi, terutama bayi yang baru lahir yang belum bisa memakan apapun kecuali air susu ibu. Karena itu jika ASI tidak keluar banyak para ibu yang kecewa.

Namun, hal itu tidak usah di permasalahkan lagi, karena kunyit adalah salah satu obat yang dapat mengatasinya.

Dengan cara menghaluskan kunyit sebanyak satu rimpang. Lalu di balurkan di sekitar payudara sebanyak dua kali sehari sampai ASI keluar dengan lancar.

Menghilangkan Jerawat

anggaputra.com
anggaputra.com

Kandungan antioksidan pada kunyit dapat mengatasi masalah jerawat. Caranya dengan mencampurkan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok dengan bahan lain seperti madu dan yogurt.

Aduk hingga mengental sampai membentuk pasta lalu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15-20 menit agar mengering. Setelah kering bilaslah dengan air sampai bersih.

Pastikan warna kuning dari kunyit tidak menempel pada wajah.

Mencegah Penuaan Dini

necturajuice.com
necturajuice.com

Penuaan dini adalah hal yang menakutkan bagi wanita. Akibat yang ditimbulkan dari penuaan dini adalah timbulnya kerutan-kerutan di wajah. Untuk mencegahnya gunakan masker kunyit yang dikombinasikan dengan tepung beras, susu, dan jus tomat.

Dengan perbandingan bubuk kunyit 2 sendok makan dan bahan lainnya cukup 1 sendok makan.

Campurkan semua bahan hingga tercampur rata, kemudian pakailah masker tersebut pada wajah. Seperti biasa, diamkan 15 menit dan bilas setelah mengering.

Semoga bermanfaat!

 

[td_smart_list_end]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *