Lidah buaya (Aleo vera) ternyata punya banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia, di antaranya untuk kecantikan dan kesehatan.

Senyawa antrakuinon yang terdapat dalam tanaman lidah buaya berperan sebagai penangkal bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit dan kerusakan kulit wajah.

Tanaman lidah buaya memiliki kandungan senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, lektin dan zat saponin.

Lalu, apakah kita bisa menggunakan lidah buaya untuk membantu menyehatkan tubuh dan membuat cantik alami? Sangat bisa! Berikut 10 manfaatnya.

1Mencerahkan Kulit

kesehatan-kulit.info

Lidah buaya memiliki manfaat besar bagi kesehatan kulit. Hanya dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada wajahmus secara rutin, maka perlahan kulitmu akan tercerahkan secara alami.

Gel lidah buaya juga sangat ampuh melindungi kulitmu dari sengatan sinar matahari. Tak sampai di situ saja kelebihan gel lidah buaya. Jika kulitmu melepuh akibat gigitan serangga Eczema etcetera, maka gel lidah buaya adalah obat alami yang tepat.

2Obat Jerawat

tipscaracantikdansehat.com

Tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu menyembuhkan masalah jerawat pada wajah.

Caranya sangat sederhana dan dapat dilakukan dirumah tanpa harus pergi keluar rumah. Ambil saja lidah buaya, kemudian belah, lalu ambil getahnya atau lendir yang terdapat didalamnya.

Oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat sekali dalam sehari kurang lebih selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Bila dioleskan pada kulit yang terkena jerawat, kandungan lidah buaya bisa menyembuhkan bekas luka akibat jerawat dan mengurangi kemerahan.

3Mencegah Kebotakan

juliajohari.com

Kamu merasa rambutmu kian menipis? Apakah kamu khawatir akan menjadi botak karena rambut yang terus-menerus rontok?

Tenang, jangan panik. Kamu tidak perlu mengonsumsi obat kimia untuk menumbuhkan rambut. Kamu bisa mengoleskan gel atau jus lidah buaya pada kulit kepala secara teratur. Setelah dioles, biarkan 10 menit dan bilas dengan sampo.

4Pelembap Alami

trendingtopictwitter.com

Kamu tidak perlu lagi menguras kantong hanya untuk membeli pelembap wajah yang mahal demi membuat kulit wajahmu tidak kering.

Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya dengan mengoleskannya setiap pagi dan malam menjelang tidur. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5Mencegah Ketombe

youtube.com

Jika kamu punya masalah dengan ketombe, kulit kepala kering dan terasa gatal, segeralah gunakan gel atau jus lidah buaya untuk mengobati ketombe secara alami.

Oleskan ekstrak lidah buaya pada kulit kepala dan biarkan selama 40-60 menit untuk menyingkirkan ketombe, kemudian bilas dengan air bersih.

Ambil 2 pelepah lidah buaya yang sudah dicuci, kemudian gosokkan isinya pada kulit kepala yang sudah dibersihkan sebelumnya. Lakukan treatment ini pada sore hari.

Setelah selesai diolesi gel lidah buaya, balut rambut dengan kain. Diamkan sampai besok pagi. Kemudian esoknya bilas dengan menggunakan sampo. Lakukanlah secara rutin, setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

6Menghilangkan Flek Hitam

impressions.co.id

Buat kamu yang punya flek hitam di wajah karena pengaruh kosmetik atau bekas jerawat, maka penggunaan lidah buaya adalah cara alami yang ampuh untuk menghilangkan flek.

Caranya, setelah sebelumnya wajah dibersihkan, ambil gel lidah buaya, lalu oleskan ke wajahmu setiap pagi dan malam, secara rutin.

Biarkan selama 30 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih. Lakukan minimal 2x sehari berturut-turut (pagi dan sore)

7Kesehatan Bulu Mata

wallpoper.com

Kamu suka pakai maskara? Hati-hati ya dengan efeknya pada kesehatan bulu mata. Kalau sudah parah, maka bulu mata akan menjadi kering serta cepat rontok.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena ada resep khusus dari tanaman alami yang bisa kamu gunakan, yaitu lidah buaya. Gel lidah buaya dipercaya mampu memperkuat akar bulu mata, sekaligus menyehatkan dan melebatkan bulu matamu.

Caranya mudah saja. Setiap akan tidur, atau saat bersantai, cuci bulu matamu agar terbebas dari bahan kimiawi, seperti maskara.

Lalu oleskan pelan-pelan gel lidah pada bulu mata. Biarkan selama 30 menit, setelah itu cuci dengan air biasa hingga bersih.

8Pembersih Make Up

caramenghilangkanjerawatalananospray.blogspot.com

Cobalah sesekali gunakan gel lidah buaya untuk membersihkan make up dari wajahmu. Kamu cukup mengambil gel-nya langsung, lalu oleskan dengan lembut pada kulit wajahmu, Tenang saja, gel lidah buaya tidak akan meninggalkan iritasi pada kulit.