Banyak orangtua di luar sana yang kini ibaratnya telah menjadi budak pekerjaan. Bagaimana bisa dijuluki demikian? Bisa saja. Karena mereka lebih sibuk dengan urusan pekerjaan daripada memperhatikan tumbuh kembang anaknya.

Adanya banyak jasa perawat bayi atau anak-anak, atau menjamurnya tempat penitipan bayi, dan sekolah-sekolah usia dini lainnya, justru dimanfaatkan para orangtua untuk menitipkan anak selagi mereka bekerja atau sibuk.

Anak-anak seperti kehilangan kasih sayang dan perhatian orangtuanya, mereka tumbuh menjadi anak-anak pendiam atau justru pemberontak, bahkan lebih dekat dengan pembantu atau pengasuhnya, daripada dengan orangtuanya sendiri.

Jika orangtua tahu bahwa ada banyak manfaat luar biasa dari menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak seperti rangkumannya berikut, tentu mereka akan segera ingin pulang demi memeluk anak-anak mereka.

Apa sajakah itu?

Meningkatkan Kesehatan dan Daya Hidup

orangtua mendidik anak
fahri-rahmiyah.blogspot.com

Setiap orang tentu ingin menjalani hidupnya dalam kondisi sehat dan tidak sakit-sakitan. Dengan kondisi badan sehat maka aktivitas juga akan terlaksana dengan baik dan lancar bukan?

Nah, dengan memperbanyak waktu menemani anak bermain, belajar, bercerita, atau sekedar bercanda dan menemani mereka tidur, fisik orangtua akan terangsang untuk tetap sehat karena ada reaksi kegembiraan yang tak dapat dilukiskan.

Apalagi jika melihat anak-anak mulai tumbuh sehat, lucu-lucu, dan semakin pintar, orangtua mana yang tak bahagia dan semakin semangat untuk tetap sehat demi mendampingi terus pertumbuhan mereka hingga besar kelak?

Melancarkan Rezeki

maxresdefault
youtube.com

Salah satu janji Allah adalah barangsiapa yang mampu berbuat baik kepada istri dan keluarganya maka Allah akan membaikkan hidupnya juga, termasuk tentunya rezeki bukan?

Dan memang do’a anak shalih/ah adalah do’a mujarab yang akan menembus langit Allah, dan akan Allah kabulkan. Maka siapa saja orangtua yang berhasil mendidik anak-anaknya menjadi anak yang shalih/ah, itulah investasi berharga untuk akhiratnya kelak.

Anak-anak shalih/ah yang selalu mendoakan kebaikan bagi orangtuanya untuk hidup dan rezekinya, akan didengar dan dikabulkan Allah.

Membuat Hati Tentram

Kekuatan-Cinta-Orang-Tua-untuk-Anak1
ummi-online.com

Saat di luar sana banyak orang memusuhi, pekerjaan kantor menumpuk, atasan atau bawahan yang menjengkelkan, atau ada masalah dengan istri, mertua, atau bahkan orangtua, cobalah berlari dengan memeluk anak-anak.

Anak-anak yang sedang dalam masa tumbuhnya akan menghibur dan menentramkan hati orangtuanya yang sedang gundah oleh permasalahan hidup. Mereka akan memberikan kehangatan dengan tingkah polos mereka yang manja dan selalu ingin disayangi.

Dengan selalu berbuat baik dan memperbanyak waktu bersama anak-anak, maka tugas sebagai orangtua juga akan tertunaikan dengan baik. Tak hanya menunaikan hak mereka untuk mendapatkan pendidikan, namun juga kasih sayang bukan?

Selamat menghabiskan waktu bersama anak-anak!