Madu alami sebenarnya mengandung spora yang bernama botulisme. Namun madu masih aman jika dikonsumsi oleh orang dewasa termasuk Wanita hamil.

Hal ini karena dalam usus orang dewasa lebih asam serta mengandung bakteri menguntungkan yang bermanfaat mencegah perkembangan dari spora bakteri ini.

Jadi pada wanita hamil dan orang dewasa pada umumnya, spora dalam madu ini seringkali tidak menyebabkan penyakit. Hal ini karena akan mati ketika berada didalam usus wanita hamil, sehingga spora tidak bisa mencapai aliran darah dan tidak diteruskan kepada bayinya.

1Mencegah Keputihan Pada Wanita Hamil

portalremaja.co.id

Seringkali keluhan seputar keputihan terdengar dari para wanita hamil. Konsumsi madu adalah salah satu cara untuk menghindari atau mencegah dan mengurangi keputihan.

Keputihan itu sendiri tak lain disebabkan oleh jamur maupun bakteri. Antibacterial yang terdapat pada madu justru bisa membantu ibu hamil untuk mencegah terjadinya keputihan.

2Menetralkan Kadar Gula Dalam Darah

portalremaja.co.id

Diabetes atau kadar gula berlebih dalam darah juga merupakan salah satu factor penyebab kehamilan berisiko.

Tetapi dengan mengkonsumsi madu yang merupakan pemanis alami yang mengandung glukosa dan fruktosa bisa membantu mengendalikan kadar gula dalam darah ibu hamil.

Meskipun madu terbilang sangat manis namun, madu tidak akan membuat kadar gula dalam darah menjadi meningkat.

3Mengurangi Mual

muslimahcorner.com

Untuk menghilangkan rasa mual yang dirasakan oleh para ibu hamil , hendaknya mereka mengkonsumsi 3 sendok madu di pagi hari pada saat bangun tidur sebelum mereka turun dari ranjang.

4Menambah Nafsu Makan

konsultankolesterol.com

Untuk menghilangkan rasa hilangnya nafsu makan yang sering dikeluhkan oleh para ibu hamil, mereka dapat meminum madu 2 atau3 kali dalam sehari.

5Melindungi Janin dari Racun

ibu-hamil.web.id

Dari serangkaian percobaan yang telah mereka lakukan, para dokter di Cina menemukan fakta janin dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi madu. bahwa meminum madu setiap hari selama masa kehamilan dapat secara signifikan mengurangi kasus keracunan.

6Membantu Tumbuh Kembang Janin

Madu mengandung asam folat yang memiliki ragam manfaat untuk tubuh. Asam folat in berguna pada masa awal kehamilan, karena asam folat yang terkandung dalam madu akan membantu pertumbuhan dan pembentukan janin sehingga nanti janin akan tumbuh dan lahir dengan sempurna.

7Melancarkan Proses Persalinan

pondokibu.com

Zat prostagelandine yang terkandung dalam madu dapa mempercepat kontraksi dan leher rahim melebar dengan baik. Madu pun dapat mengurangi mulas dan menetralkan asam lambung.

8Gangguan Pencernaan

suararakyatindonesia.org

Madu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi rutin setiap hari oleh ibu hamil. Manfaat madu untuk ibu hamil sangatlah banyak. Madu bisa mengatasi gangguan pencernaan yang sering diderita oleh ibu hamil.

Selain itu, madu juga bisa mengatasi masalah pada kulit ibu hamil yang biasanya mengalami gangguan pada saat hamil dan setelah melahirkan.

9Meningkatkan Stamina dan Kekebalan Tubuh

intisari-online.com

Madu yang dikonsumsi setiap hari oleh ibu hamil bisa menambah kekuatan ibu hamil. Ibu hamil bisa mengkonsumsi madu secara langsung ataupun mencampur madu pada jus buah ataupun susu ibu hamil.

Madu memiliki zat yang bersifat antibakteri dan antioksidan yang terdiri dari setidaknya 181 zat yang berbeda – termasuk vitamin, mineral, asam amino dan enzim.

Dengan demikian madu memiliki manfaat bagi ibu hamil terutama untuk menjaga kesehatan dan berstamina, sehingga tak mudah terserang penyakit dan bakteri.

Madu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap harinya karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Madu dapat meningkatkan kekebalan dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

10Tubuh Fit dan Sehat

sehatmagz.com

Mengkonsumsi madu murni setiap harinya bisa menjaga tubuh tetap fit dan sehat selalu. Manfaat madu bisa didapatkan dengan meminum madu minimal satu sendok makan setiap harinya.

Madu bisa diminum langsung ataupun dicampur dengan minuman lainnya, seperti air hangat, teh, ataupun jus. Madu juga sangat baik untuk memperlancar keluarnya ASI dan menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima.