Sudah sejak berabad lalu madu telah dimanfaatkan sebagai metode untuk merawat kulit oleh kaum hawa. Banyak kandungan alami dalam madu yang bermanfaat bagi kulit. Antara lain seperti Vitamin B dan C, antibakteri dan antioksidan.

Bahkan hingga sekarang, madu diakui dan terus digunakan sebagai bahan dasar kosmetika dan obat perawatan kulit. Baik digunakan oleh ahli kesehatan tradisional, praktisi herbal maupun ahli kesehatan modern.

Bagi kamu yang belum mengetahui khasiat apa saja yang dimiliki madu untuk perawatan kulit. Berikut ini penjelasannya.

1Melindungi Kulit Luar

lpmdinamika.co

Kemampuan utama dari madu adalah melindungi kulit. Disamping khasiat lain yang dimilikinya. Kandungan seperti antioksidan, anti-jamur dan anti-mikrobanya berfungsi menyembuhkan luka, menghilangkan bintik merah sekaligus melawan infeksi pada kulit luar.

Cara mengaplikasikannya pun beragam. Kamu dapat menggunakannya sebagai masker, mengoleskannya langsung atau dicampur terlebih dahulu dengan bahan alami lainnya.

2Melembabkan

kumpulanterbaru2013.abatasa.com

Sudah umum diketahui sejak dahulu, bahwa penggunaan madu secara rutin dan teratur memiliki khasiat dapat melembabkan kulit maupun rambut dalam kondisi sekering apapun. Kandungan alaminya bisa membuat itu semua bisa terjadi.

Kamu dapat mengoleskan madu murni di sekitar area wajah dan leher. Selain itu kamu bisa mencampurkannya dengan bahan alami yang lain untuk membuat kulitmu menjadi lebih lembab dan lembut.

3Anti Penuaan Dini

spirit.web.id

Madu juga bermanfaat mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Seperti kerutan pada kulit wajah dan leher. Kandungan madu yang dapat menangkal radikal bebas membuatmu bisa senantiasa terlihat awet muda.

Caranya dengan memanfaatkan madu sebagai toner untuk digunakan sehari-hari. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan dua sendok teh lemon, dua sendok the madu dan air secukupnya.

Setelah itu campurkan ketiga bahan tersebut dalam botol yang sudah dibersihkan sebelumnya. Kocok sampai merata. Gunakanlah sebagaimana toner pada umumnya dengan menuangkan beberapa tetes ke kapas. Kemudian usapkan pada wajahmu yang sebelumnya telah dibersihkan.

4Menyembuhkan Luka

bekasluka.com

Untuk menyembuhkan luka, kamu bisa menggunakannya dengan mengkonsumsi dengan oral maupun dengan dioleskan langsung pada luka. Kandungan anti-mikrobanya terbukti efektif menangkal bakteri jahat yang dapat menginfeksi luka.

Selain itu, esensi gula pada madu juga dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka. Disarankan untuk menggunakannya dengan dua metode di atas. Sehingga manfaat madu untuk penyembuhan luka bisa cepat dirasakan.

5Memelihara Kesehatan Kulit

youtube.com

Mengkonsumsi madu secara rutin dan teratur serta mengaplikasikannya langsung pada rambut dan kulit terbukti efektif dalam memelihara kesehatan keduanya. Nutrisi yang terkandung dalam madu seperti magnesium, potassium, dan kalsium memiliki kontribusi dalam regenerasi kulit.

Kandungan mineral tersebut mendorong sel untuk menciptakan kulit senantiasa sehat dan indah menawan.

6Membersihkan Kulit

drakemedia.com

Mungkin terdengar aneh bila dikatakan bahwa madu berfungsi sebagai pembersih. Namun kandungan enzim dalam madu membuktikan hal itu. Ketika madu dicampur dengan air, dapat berfungsi sebagai cairan antiseptik.

Cairan antiseptik yang lembut dari campuran madu dan air tersebut dapat digunakan untuk membersihkan kulit secara menyeluruh tanpa mengurangi kandungan minyak alami pada kulitmu.

7Anti Jerawat

allseebee.com

Kamu punya masalah dengan jerawat? Bisa jadi, madu bisa menjadi solusi masalahmu selama ini.

Jerawat memang seringkali menjadi problema yang muncul pada kulit. Khususnya kulit wajah. Untuk menghilangkannya, kamu dapat menggunakan madu dengan mengoleskannya pada bagian yang berjerawat.

Diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Kandungan anti-bakterinya berfungsi menghilangkan jerawat dan membersihkan noda. Sekaligus dapat mencegah jerawat muncul kembali. Selengkapnya, manfaat madu untuk wajah.