Sudah tidak diragukan lagi, manfaat madu bagi tubuh kita memang sudah nyata keberadaannya. Mulai dari kesehatan ujung rambut hingga ujung kaki, madu memiliki manfaatnya tersendiri.

Secara umumnya, madu memiliki manfaat baik dari kesehatan maupun kecantikan. Dengan madu, cantik dan sehat pun bisa didapatkan sekaligus. Multifungsi bukan?

Nah, disini kita akan membahas mengenai manfaat madu tersebut baik manfaatnya untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Langsung saja, yuk dibaca!

1Menyembuhkan Luka

satujam.com

Penelitian telah membuktikan manfaat madu dalam menyembuhkan luka.

Suatu penelitian di Norwegia, terapi madu menggunakan Medihoney (madu Selandia Baru yang mengalami proses pemurnian khusus) dan Norwegian Forest berhasil membunuh berbagai bakteri yang terdapat dalam luka.

Luka dan luka bakar sembuh dengan baik dengan madu, karena madu bersifat antiseptik sehingga membantu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan kulit.

2Menurunkan Berat Badan

gulalives.com

Did you know? Madu yang dimix dengan air hangat bisa jadi penguat metabolisme tubuh. Makanan pun akan dicerna dengan cepat. Itulah kenapa selera makan kita jadi baik dan bisa menurunkan berat badan kita. Let’s try, Guys!

3Meredakan Batuk

infosehatkeluarga.com

Madu sangat efektif dalam menghilangkan batuk lho. Madu punya kandungan Dekstrometorfan (DM) yang dapat menenangkan batuk pada malam hari sehingga meningkatkan kualitas tidur.

Untuk menyembuhkan batuk, madu ini dapat dikonsumsi dengan diminum 30 menit sebelum tidur, bisa juga diminum dengan dicampur air hangat. Madu dengan air hangat ini juga membantu mengencerkan dahak.

4Menyehatkan Kulit

panduanhidupsehat.com

Kalau ditanya soal manfaat madu memang agak sulit ya. Bukan karena tidak ada manfaatnya, melainkan bingung harus menyebutkan yang mana saja. Madu itu juga memiliki sifat antibakteri dan anti jamur.

Inilah yang membuat madu berguna untuk menyembuhkan sekaligus mencegah timbulnya jerawat. Ada tambahan lagi, madu plus air hangat selain menyembuhkan batuk tadi, juga dapat mencerahkan kulit lho.

5Daya Ingat Meningkat

sapujagat.com

Menurut penelitian yang dilansir dari Reuters, 102 wanita usia menopause diwajibkan untuk mengkonsumsi 20 gram madu sehari. Setelah empat bulan, mereka yang mengkonsumsi madu ternyata meningkat daya ingat jangka pendeknya.

6Imunitas Terjaga

keepo.me

Tidak hanya sistem pencernaan yang dibantu oleh madu, sistem imunitas tubuh juga diberi manfaat dari madu tersebut. Contoh misal kekebalan terhadap batuk dan udara dingin.

7Menghambat Penuaan

health.kompas.com

Madu dapat melindungi sel-sel tubuh, kaya akan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk memperlambat atau mencegah proses oksidasi. Antioksidan menetralisir radikal bebas yang dapat menghambat proses penuaan dan mampu mencegah beberapa penyakit.

8Gantinya Gula

taysbakers.com

Kita pun tahu, gula dan pemanis buatan merupakan salah satu sumber diabetes. Lha terus gimana kalau kita suka yang manis-manis? Yups, dengan madu pastinya. Meskipun madu mengandung gula, tapi madu berbeda dengan gula putih atau pemanis buatan.

Kombinasi yang tepat dari fruktosa dan glukosa sebenarnya membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa madu memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga mereka tidak menyebabkan kenaikan gula darah kita.

9Madu Baik Untuk Pencernaan

herbal-id.com

Sifat bakterisida madu sangat efektif dalam mencegah gangguan pada sistem pencernaan yang disebabkan oleh bakteri, seperti tukak lambung, gastritis atau gastroenteritis. Madu juga memiliki enzim yang dapat membantu dalam proses pencernaan makanan.

Bukan itu saja lho, dia juga mmbantu pergerakan usus secara teratur. Jika pergerakan usus baik, secara tidak langsung maka detoksifikasi usus besar juga terbantu.

Nah, itu dia manfaat-manfaat dari madu. Itu hanya sebagian kecil lho. Ingat, konsumsi madu juga aman , jadi jangan khawatir untuk mengkonsumsi minuman kaya manfaat ini setiap hari. Semoga bermanfaat!

 

SHARE