pondokibu.com

Ulasan Lengkap Tentang Manfaat Madu untuk Wajah, Cara Mengatasi Jerawat dan Cara Membuat Masker Madu

Posted on

Memiliki wajah yang bersih dan halus merupakan dambaan semua orang, apalagi para wanita, yang dimana mereka sangat sensitif sekali soal wajah. Para wanita banyak sekali yang rela menghamburkan banyak uang demi kepuasan dan penampilan wajahnya. Tak heran sampai ada yang operasi plastik juga.

Wajah juga merupakan bagian teramat penting bagi penampilan seseorang, secara memang wajah dilihat banyak orang. Bahkan kamu bisa menilai karakter seseorang dari bentuk dan raut muka wajahnya.

Begitu pentingnya menjaga kondisi wajah sehingga banyak cara yang dilakukan orang untuk menjaganya tetap sehat dan terawat. Ada 2 cara bagaimana merawat wajah, yaitu dengan cara alami dan dengan cara produk kimia.

Cara perawatan wajah menggunakan bahan alami hingga penggunaan produk kimia telah dilakukan banyak orang dan bahkan sulit sekali lepas dari namanya produk kimia. Pastinya masing-masing memiliki hasil dan efek yang berbeda-beda. Tapi tentu tidak semuanya ber efek baik pada wajah, ada juga yang justru malah efeknya buruk dan merusak kulit, ini biasanya terjadi di produk kimia yang tiruan atau palsu, sayangnya ini banyak tersebar di masyarakat.

Salah satu cara alami dengan bahan alami yang tidak diketahui banyak orang adalah dengan madu, Yup madu adalah salah satu bahan alami yang telah lama digunakan umat manusia untuk pengobatan. Banyak penyakit yang dapat sembuh setelah rutin menggunakannya. Baik penyakit yang tampak muncul di luar tubuh maupun di dalam tubuh, hampir semua itu bisa di atasi dengan madu.

Seiring majunya jaman, madu yang dikenal sebagai penyembuh dan dikonsumi langsung ternyata juga bisa digunakan untuk perawatan wajah, dimana kandungan madu memang baik sekali untuk perawatan wajah, baik wajah yang sudah halus atau wajah yang kusam.

Yang sangat disayangkan cairan kental yang diproduksi oleh lebah ini jarang sekali yang dijual dalam keadaan murni, agak sulit mencari yang murni, okelah di pasar atau di toko produk-produk nya bertuliskan madu murni dari bla bla bla, tapi tetap saja itu madu campuran yang sudah di olah terlebih dahulu oleh produksinya bahkan bisa saja itu madu yang dikasih pengawet, tentunya madu-madu seperti itu kurang bagus atau tidak sebagus madu murni.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan madu murni yaitu datang sendiri ke ternak lebahnya dan tahu memanennya, dengan kita tahu langsung tentu dong kita tahu bahwa itu madu murni banget, tidak ada olahan, campuran ataupun pengawet di dalamnya dan pastinya ya guys itulah madu terbaik untuk kesehatan maupun perawatan wajah.

Bila kamu saat ini sedang melakukan perawatan wajah. Barangkali madu dapat menjadi salah satu alternatif untuk menjadikan wajahmu semakin terlihat cantik dan sehat. Berikut beberapa manfaat madu untuk wajah yang perlu kamu tahu.

Melindungi Kulit

female.kompas.com
female.kompas.com

Yup manfaat yang pertama dan paling disukai oleh banyak orang dari madu adalah mampu melindungi kulit. Sering kali kulit yang sudah sehat terkena debu dan kotoran sehingga merusak kulit. Apalagi buat kamu yang sering keluar malam, sering naik motor atau kerjanya di lapangan, tentu akan sangat dan sering sekali bersinggungan dengan namanya debu.

Perlu kamu tahu ya guys, madu memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk menjaga kulit dari debu maupun radikal bebas. Tapi bukan berarti saat bekerja di luar wajah kamu diolesi madu dulu lho.

Tidak hanya radikal bebas dan debu saja yang mengancam kulit kamu tapi juga jamur dan mikroba jahat yang siap menyerang kulit kapan saja. Gak mau kan kulit kamu terserang dan tidak ada pelindungnya? Yup madu adalah salah satu pelindung yang direkomendasikan untuk kulit kamu.

So, kalau ada madu asli dan murni mending segera beli aja, dijamin gak bikin kamu alergi kok.

Menyembuhkan Kulit

tipshidupsehat.net
tipshidupsehat.net

Manfaat hebat berikutnya dari sebuah madu adalah mampu menyembuhkan kulit kamu, kulit yang kusam, terkena sakit atau mungkin kena jamur dapat disembuhkan dengan madu lho, tidak hanya itu, madu juga tentunya dapat menyembuhkan bintik-bintik merah, infeksi kulit dan juga luka akibat radikal bebas.

Madu memang mempunyai kandungan yang mampu menyembuhkan, tidak hanya penyakit yang terjadi di bagian tubuh selain wajah tapi juga di wajah itu sendiri juga bisa disembuhkan jadi kamu gak bisa dech meragukan kehebatan cairan lebah satu ini.

Pembersih Sel Kulit Mati

kozuimineralpeeling.net
kozuimineralpeeling.net

Madu itu memang cairan keren, cairan yangberwarna kekuning-kuningan itu juga mampu membersihkan sel kulit mati dalam wajah. Mungkin bagi yag mempunyai bekas luka atau bekas jerawat tentu banyak sel kulit mati yang tidak bagus lagi, secara biasanya berbeda dengan warna kulit aslinya, hitam atau mungkin juga terlihat kusut.

Kamu dapat membersihkannya dengan cara mencampurkan satu sendok madu pada 2 sendok sereal oatmeal. Campuran ini bisa diusapkan ke permukaan kulit wajah minimal seminggu sekali.

Agak sedikit berbeda dengan yang diatas, kalau ini cukup seminggu sekali saja sudah cukup karena hanya menghilangkan sel kulit mati saja, ketika sel kulit mati tersebut hilang maka kulit akan segera merespon untuk segera mengganti dengan sel kulit yang baru, dimana sel kulit yang baru itu akan terlihat bersih dan segar. Dan saat itulah kulit kembali ke warna aslinya lagi.

Bagaimana guys? sangat efektif sekali ya, secara cuma seminggu sekali dan tidak begitu repot, makanya kalau ada madu murni di sekitar kamu jangan ragu untuk membelinya, tapi tetap hati-hati ya.

Sebagai Penyegar Kulit yang Normal

carawanita.net
carawanita.net

Manfaat berikutnya dari madu adalah mampu menyegarkan kulit yang sehat atau normal, ini tidak jauh beda dengan penyegar yang lain, cuma bedanya madu mempunyai kandungan yang bagus untuk memberikan  nutrisi pada kulit wajah.

Ini bisa kamu lakukan dengan cara mencampurkan madu pada cuka apel (vinegar) dengan perbandingan 5 (madu) : 1 (cuka apel). Campuran bisa diusapkan pada kulit wajah minimal seminggu sekali.

Kulit normal juga butuh perawatan lho, jangan salah ya, jika tidak dirawat maka akan mudah juga terserang radikal bebas atau mungkin terkena debu, so walaupun kulit wajah kamu sudha normal tetaplah merawatnya paling tidak memberi kesegaran dalam seminggu sekali.

Sebagai Lotion Sehari-Hari

solusisehatherbal.com
solusisehatherbal.com

Yup, manfaat madu berikutnya adalah dapat dijadikan lotino sehari-hari, biasanya dalam kondisi cuaca yang ekstrim kulit akan beradaptasi dengan mengelupas, mengering atau mungkin menjadi kasar dan kusam, akhirnya banyak yang memakai lotion kulit agar tidak terkena dampak cuaca ekstrim.

Jika ingin memakai lotion dari madu kamu bisa lakukan dengan cara mencampurkan satu sendok teh madu, satu sendok teh minyak biji anggur, satu sendok teh jus lemon, dan tiga tetes minyak lavender. Aduk semua bahan hingga rata dan usapkan di seluruh permukaan kulit wajah atau juga seluruh tubuh setiap setelah mandi pagi.

Tentu ya guys, lotion ini lotion alami, tidak ber efek samping, biasanya kalau kulit tidak cocok dengan lotion akan menjadi panas, gatal bahkan muncul bintik-bintik merah karena alergi.

Beda dengan lotion madu yang alami, sifatnya yang alami tidak akan membuat alergi, justru akan memberikan manfaat yang banyak ketika digunakan dan pastinya cocok untuk kulit yang kondisinya bagaimanapun, so daripada pilih lotion yang mempunyai efek samping mending cari yang aman dan jelas manfaatnya kayak madu, bener gak?

Menghaluskan dan Melembutkan Kulit

ramadhan.republika.co.id
ramadhan.republika.co.id

Bagi kamu yang yang kulitnya sehat dan ingin menjadi halus serta lembut, madu juga bisa mewujudkan keinginan kamu lho. Bolehlah kulit bersih tapi kadang terasa kasar dan tidak lembut, jadi kadang terasa tidak nyaman.

Kalau kamu ingin mendapatkan khasiat ini dengan cara mengoleskan madu langsung pada permukaan kulit wajah sebagai masker. Diamkan sekitar 30 menit dan kemudian dibersihkan dengan air dingin. Lakukan minimal seminggu 2 kali.

Kenapa kok 2 kali dalam seminggu? Yup pertanyaan tepat, kondisi kulit yang normal atau mungkin bersih memang  tidak banyak perawatan yang terlalu sering, tapi bukan berarti sering perawatan gak baik, baik-baik aja, semakin sering memang semakin baik, tapi 2 kali seminggu itu saja sudah cukup kok, biar gak terlalu boros juga gitu.

Melembabkan Kulit

zonapos.tk
zonapos.tk

Manfaat berikutnya dari cairan hebat ini  jika menggunakan madu secara rutin akan menjadikan kulit wajah sekaligus rambutmu menjadi lebih lembut lho. Bahkan pada kondisi sangat kering sekalipun. Jadi tidak perlu khawatir ketika kulit kamu dalam keadaan kurang sehat, madu akan tetap bisa digunakan untuk melembabkan kulit kamu.

Caranya mudah banget, kamu cukup mengoleskan pada daerah kulit wajah yang kering secara merata. Cara ini dapat pula digunakan bersama campuran bahan alami lainnya seperti yang disebutkan di atas.

Mencegah Penuaan Dini

membergreenworldindonesiacom
membergreenworldindonesiacom

Kulit keriput dan tidak kencang lagi menjadi tanda penuaan pada kulit. Akibat kulit yang terus menerus terpapar oleh radikal bebas membuat banyak orang mengalami penuaan sebelum waktunya. Madu yang bersifat menangkal radikal bebas dapat menjadi solusi dari masalah ini.

Kamu cukup membuat toner berbahan dasar madu untuk digunakan sehari-hari.

Caranya dengan mencampur dua sendok teh madu, dua sendok teh air perasan jeruk lemon dan air secukupnya. Kemudian masukkan campuran tadi kedalam botol yang telah kamu bersihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya kocoklah hingga tercampur merata. Kamu bisa menggunakannya sebagai toner seperti pada umumnya. Kamu bisa menggunakan kapas yang telah ditetesi oleh toner tersebut untuk membersihkan wajah setelah selesai menggunakan make up atau aktifitas di luar.

Memelihara Kecantikan Kulit

wowmenariknya.com
wowmenariknya.com

Yup, jika kulit kamu sudah cantik dan lembut, menggunakan madu akan dapat memliharanya. Ingat memelihara kecantikan kulit tidak cukup dilakukan hanya dari luar saja lho.

Perawatan kulit dari dalam pun sama pentingnya.  Kamu bisa mengkonsumsi madu secara langsung secara rutin. Kalau tidak terlalu suka dengan rasanya kamu bisa mencampurkan dengan minuman dan  makanan, biasanya madu dicampur dengan minuman hangat atau juga bisa dicampur dengan roti dan coklat sehingga kamu para remaja lebih tertarik untuk mengkonsumsinya.

Kandungan magnesium, potassium dan kalsium yang terkandung dalam madu dapat membantu tubuh dalam meregenerasi sel kulit mati sehingga kulit selalu tampak sehat dan bersinar.

Ingat ya perawatan dari dalam justru lebih baik daripada perawatan dari luar, istilahnya lebih baik mencegah daripada mengobati.

Melindungi Luka dari Infeksi

kicantik.com
kicantik.com

Luka yang berada pada kulit, khususnya pada wajah memiliki resiko terkontaminasi kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, proses penyembuhan yang lama juga berakibat pada perubahan warna kulit sehingga akan terlihat belang setelah luka itu sembuh.

Esensi gula (sukrosa) yang terkandung dalam madu dapat membantu proses penyembuhan pada luka semakin cepat. Selain itu madu juga memiliki kandungan anti-mikroba yang dapat melindungi luka dari infeksi.

Membersihkan Kulit

i2.wp.com
i2.wp.com

Madu juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih kulit. Kandungan enzim yang ada di dalamnya akan membersihkan kulit tanpa membuatnya iritasi. Kamu bisa campurkan air dan madu sebagai pembersih. Campuran ini efektif sebagai antiseptik yang lembut dan alami.

Atau jika ingin mendapatkan hasil yang lebih bagus kamu bisa dengan mencampurkan satu sendok madu, satu sendok serbuk biji almond, satu sendok teh jus lemon atau jus jeruk, dan beberapa tetes minyak aromaterapi. Semua bahan diaduk hingga rata kemudian diusapkan di seluruh permukaan kulit tubuh setiap 2 hari sekali sebelum mandi.

Atau juga dengan cara yang sederhana yaitu dengan cara melarutkan segelas madu di dalam air mandi. Gunakan air mandi ini untuk membilas tubuh, kepala, dan rambut kamu setiap mandi.

Menyembuhkan Jerawat

bebasjerawatan.blogspot.com
bebasjerawatan.blogspot.com

Yup, pastinya ya, madu dapat juga menyembuhkan jerawat. Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang sudah sangat populer dan merajai kulit para pemuda di Indonesia khususnya. Bahkan jerawat tidak hanya mengenai wajah saja tapi juga beberapa bagian kulit tubuh.

Madu mempunyai sifat anti bakteri dan jamur sehingga akan mematikan dan menyembuhkan jerawat, bahkan bekas-bekas jerawat atau bekas luka yang terdapat di wajah juga akan hilang.

Caranya cukup mudah dengan cara mencampurkan sesendok madu dengan sedikit bubuk kayu manis. Kemudian, usapkan campuran ini pada bagian yang berjerawat atau noda berjerawat. Diamkan selama satu malam dan bersihkan di pagi hari. Lakukan hal ini berulang-ulang minimal selama satu minggu.

Kalau ingin dengan cara yang sederhana pun juga bisa yakni dengan mengoleskan madu pada seluruh bagian permukaan wajah secara merata lalu biarkan selama 15-20 menit agar madu dapat meresap maduk kedalam kulit wajah dan dapat menyembuhkan jerawat selain itu dapat melembabkan kembali wajah. Setelah didiamkan kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Kedua cara tersebut harus dilakukan secara rutin tidak bisa dilakukan dengan diberi senggang waktu, karena jika dilakukan degan senggang waktu hasilnya tidak akan maksimal,  noda atau bekas luka bisa saja hilang tapi dalam waktu yang cukup lama, tapi jika dilakukan selama seminggu berturut-turut hasilnya akan maksimal.

Berikut cara menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alternatif lainnya yang cukup recomended buat kamu.

Madu dengan Buah Pala

Buah pala biasanya banyak digunakan sebagai bumbu masak di dapur. Tapi jangan salah lho, aroma pala yang sangat harum dan khas ternyata memiliki khasiat yang sangat baik bila dicampur dengan madu. Cara menghilangkan jerawat dengan madu bisa memakai madu murni atau madu yang dari lebah yang hidup pada buah kelengkeng,caranya :

Ambil beberapa sendok madu, campur dengan buah pala yang sudah di haluskan hingga menjadi masker untuk kulit berjerawat, terapkan pada seluruh bagian wajah , biarkan hingga selama 30 menit.

Setelah semua bubuk pala dan madu mengendap pada wajah maka bersihkan wajah dengan air hangat, Terapkan pelembab yang sesuai dengan tipe kulit wajah kamu, Lakukan perawatan ini selama dua kali semingguLihatlah jerawat kamu bisa hilang dan tidak berbekas.

Masker Madu dan Buah Stroberi

Harus kamu tahu ya guys, stroberi, buah yang berbentuk unik, berwarna merah itu memiliki kandungan vitamin C dan zat antioksidan yang sangat tinggi. Campuran madu dan stroberi akan menjadi nutrisi yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat dari kulit. Berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat dengan madu  dan campuran stroberi :

Ambil stroberi yang sudah dibersihkan, pastikan kamu memakai stroberi segar yang baru dipetik atau belum lama dipetik.Jangan memakai stroberi yang sudah layu, lembek atau sudah lama dimasukkan ke dalam lemari es.

Haluskan stroberi hingga menjadi pasta atau masker, lalu ambil 3 sendok madu alami atau jenis madu lain dan campurkan dengan stroberi yang sudah dihancurkan, terapkan pada seluruh bagian wajah yang sudah dibersihkan dan biarkan selama sekitar 30 menit

Bersihkan wajah dengan air hangat agar pori-pori dan jerawat bersih dan tidak menimbulkan infeksi, lakukan perawatan ini selama dua bulan selama 3 kali seminggu dan lihat jerawat hilang dan wajah kamu menjadi sangat bersih.

Masker Madu dan Gula Pasir

Yup, jangan kaget ya gula pasir ternyata juga bisa digunakan untuk campuran masker dengan dipadukan dengan madu. Secara umum gula pasir ini memang digunakan untuk pemanis makanan dan sangat jarang orang tahu akan hal ini.

Salah satu cara mengatasi cara menghilangkan bekas jerawat dari wajah adalah membersihkan semua bagian wajah dengan benda yang sedikit keras dan campuran gula pasir dan madu sangat efektif untuk membuka jerawat dan mengelupas bekas jerawat pada kulit.

Kamu bisa memakai masker ini sambil menggosok lembut. Lalu lakukan pemijatan dengan masker madu dan gula pasir pada daerah sekitar jerawat. Cara ini bisa dipakai untuk jerawat yang sudah agak lama atau jerawat yang baru akan muncul. Lakukan perawatan ini selama satu minggu sekali.

Masker Madu dan Kunyit

Kunyit adalah tanaman yang sudah terkenal dengan kehebatan dalam menyembuhkan sakit, terutama sakit batuk dan lainnya, tapi ternyata kunyit atau temu kunir ternyata juga sangat efektif untuk mengobati jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan madu dan kunyit berasal dari kandungan zat antioksidan dan anti peradangan alami sehingga sangat efektif untuk menghilangkan jerawat.

Berikut ini cara untuk merawat jerawat dengan madu dan kunyit.

Ambil empat sendok madu dan tuangkan pada mangkok kecil, tambahkan setengah sendok teh kunyit yang sudah diolah menjadi bubuk., kamu bisa menemukan kunyit bubuk di tempat yang menjual produk jamu tapi gunakan bubuk kunyit murni yang belum dicampur.

Gunakan masker ini ke semua bagian wajah dan terapkan selama sekitar 10 menit.

Bersihkan bagian wajah dengan air hangat dan usap dengan handuk yang lembut agar permukaan wajah tidak terlalu kering dan lakukan perawatan ini selama dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Masker Madu Hutan

Selain menerapkan berbagai cara di atas maka kita juga bisa memakai madu alami. kita bisa memilih jenis madu dari lebah yang bersarang pada tanaman buah atau jenis madu hutan alami.

Terapkan madu pada semua bagian wajah pada malam hari.Agar tetap nyaman sebaiknya oleskan sedikit saja dan merata pada semua bagian wajah, Biarkan madu bertahan hingga pagi Bersihkan madu dari wajah setelah bangun tidur

Bersihkan dengan air hangat agar wajah menjadi lebih nyaman. Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari, jika ingin menghilangkan jerawat dengan cepat.

Kombinasi Masker Madu Lainnya

Pada dasarnya perawatan madu untuk menghilangkan jerawat bisa dilakukan dengan berbagai bahan campuran, cara menghilangkan jerawat dengan madu gunakan dengan kombinasi bahan yang mengandung zat antioksidan tinggi seperti air perasan, jeruk lemon, putih telur, gel lidah buaya, alpukat, susu, minyak zaitun dan apel

Kamu juga bisa makan madu 2 sendok makan setiap hari untuk mengobati jerawat dari dalam. Madu mengandung zat antioksidan, vitamin dan berbagai jenis mineral yang mampu menyembuhkan luka dan memperbaharui sel-sel tubuh yang rusak.

Tentu setelah kita tahu manfaatnya, kamu juga perlu tahu bagaimana membuat dan menggunakan masker madu yang bagus, ini dia caranya

Cara Membuat Masker Madu

manfaatbagus.com
manfaatbagus.com

Setelah mengetahui khasiat dan manfaat dari masker madu. Perlu juga untuk kita mengetahui bagaimana cara membuat masker madu alami itu agar dapat kita pakai sebagai masker alami bagi wajah kita, percuma dong tahu manfaatnya kita gak bisa atau gak tau caranya menggunakannya.

Berikut adalah cara membuat masker madu alami tersebut:

Siapkan bahan yaitu madu, mentimun dan juga putih telur, siapkan juga wadah untuk masker madu, hancurkan mentimun dengan menggunakan parutan. Setelah itu peras untuk diambil airnya,

Ambil satu butir telur yang telah disiapkan tadi. Pisahkan kuning dan putih. Dalam masker ini kita hanya menggunakan putih telur. Lalu campur dengan air perasan yang berasal dari mentimun tadi, campurkan seluruh bahan tadi ke dalam wadah tahan panas,

Panaskan sebentar dengan api yang kecil agar tidak gosong, panaskan sampai adonan masker mengental, setelah mengental, angkat dan diamkan hingga dingin dan adonan masker siap di pakai.

Cara Menggunakan Masker Madu

cari-manfaat.com
cari-manfaat.com

Cara memakai masker madu ke dalam wajah, penggunaan masker tidak boleh sembarangan lho guys ada aturan mainnya. Untuk itu perlu kita ketahui cara memakai masker madu tersebut ke dalam wajah kita. Berikut adalah cara penggunaan masker madu:

Bersihkan wajah dari semua kotoran menggunakan air bersih dan sabun cuci muka lalu oleskan adonan secara merata, tunggu dan diamkan sekitar sampai 30 menit, setelah 30 menit. Bilas wajah menggunakan handuk basah dan cuci kembali muka anda dengan air bersih dan Lakukan dengan rutin perawatan ini setiap hari sehingga mencapai manfaat yang maksimal bagi wajah.

Itulah ulasan lengkap tentang manfaat madu untuk wajah dan kulit, beberapa cara menyembuhkan jerawat dengan madu yang dicampur dengan beberapa bahan alternatif serta cara membuat dan menggunakan madu.

Sekali lagi perlu diketahui bahwa madu yang digunakan adalah madu murni yang di campur atau diolah bahkan diawetkan, karena jika tidak madu murni hasilnya juga tidak akan maksimal.

Memang mungkin juga ada hasilnya, tapi tidak sebaik dan sebagus madu murni. Jika kita ingin mendapatkan hasil yang terbaik tentu kita harus menggunakan madu murni, memang tidak bisa dipungkiri harga madu murni cukup lumayan menarik kantong, tapi di jaman sekarang untuk mendapatkannya saja susah jadi sesuai dengan harganya, belum juga kita mendapat manfaatnya.

 

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *