Tomat. Siapa yang tak kenal dengan buah ini. Buah segar berwarna merah, berbentuk bulat halus ini biasanya digunakan untuk sayur.

Selain itu buah tomat juga sering digunanakan dalam salad. Tahukah kamu tomat mengandung banyak vitamin, mineral, serta zat antioksidan yang sangat menyehatkan.

Mengkonsumsi buah tomat sangat baik untuk kesehatan. Di dalam buah tomat terdapat kandungan Likopen dengan komposisi terbanyak.

Likopen adalah senyawa yang memberikan warna merah pada buah tomat. Zat ini berperan sebagai senyawa antioksidan,mengurangi kolesterol, dan pelindung tubuh dari kanker.

Memiliki wajah yang sehat dan segar adalah dambaan setiap orang, terutama bagi wanita. Kamu tak perlu jauh-jauh ke salon dan tak perlu menghabiskan banyak uang agar kulitmu tampak sehat dan bersih.

Bagi kamu yang ingin memiliki wajah tampak lebih bersinar, putih, lembut, dan halus sebaiknya cobalah untuk membuat masker tomat.

Buah tomat yang kaya akan vitamin ini dapat diaplikasikan sebagai masker wajah. Nah, ini beberapa manfaat masker tomat yang perlu kamu ketahui.

1Membersihkan Kulit

musmus.me

Untuk mendapatkan kulit wajah bersih kamu dapat membuat masker tomat dan mencampurnya dengan alpukat. Caranya cukup mudah, haluskan sebuah tomat dan satu buah alpukat.

Lalu gunakan sebagai masker wajah. Diamkan 10-15 menit kemudian bersihkan dengan air hangat. Tomat ini dapat membantu dalam pengembalian kelembapan kulit.

2Mengatasi Jerawat

mbahlanh.com

Tomat mengandung zat asam yang cukup kuat. Zat ini mampu untuk membersihkan jerawat, noda hitam, dan dapat menghilangkan bekas jerawat.

Kamu cukup menghancurkan tomat, lalu oleskan pada daerah yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit.

Lakukanlah pemakaian tomat sebagai masker setiap hari selama dua minggu dan lihatlah hasilnya. Jerawat yang ada di wajahmu akan hilang.

3Mengatasi Kulit Berminyak

mahanigallery.files.wordpress.com

Kandungan vitamin C, vitamin A, dan asam amino dalam tomat dipercaya efektif dapat mengurangi kadar minyak pada kulit.

Nah, kamu dapat mengaplikasikan tomat ini sebagai masker di wajahmu agar kulit tampak bersih dan bebas kilap.

4Mengecilkan Pori-pori

cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Saat wajah kotor, tentu debu dan kotoran menempel di kulit wajah. Maka pori-pori yang terkena kotoran akan membesar.

Semakin sering pori-pori terkena kotoran maka kemungkinan pori-pori tersebut akan membesar.

Maka dari itu agar mendapatkan kulit yang mulus, bersih, dan cantik kamu dapat menggunakan masker tomat.

Haluskan tomat, setelah halus campurkan tomat yang telah dihaluskan tersebut dengan satu sendok teh air jeruk nipis.

Oleskan masker tersebut pada wajah secara merata, lalu diamkan selama sepuluh hingga lima belas menit. Selanjutnya basuh wajah dengan menggunakan air hangat.

5Membuat Kulit Bersinar

blog.shopious.com

Buah tomat mampu mencerahkan kulit wajah shingga akan tampil cantik, bersih, dan wajah tampak bercahaya.

Sediakan saja jus tomat lalu campurkan dengan madu. Aduk hingga kental. Setelah ramuan itu jadi, oleskan pada kulit wajah sebagai masker.

Biarkan masker tersebut meresap di wajahmu beberapa menit. Kemudian bilas hingga bersih. Lihatlah hasilnya, kulit wajamu akan tampak bersinar sehat.

6Menyembuhkan Kulit Terbarkar

www.molto.co.id

Aktivitas sehari-hari di luar ruangan, membuat kulitmu terpapar sinar matahari. Berada di bawah sinar matahari terlalu lama bisa membuat kulitmu terbakar.

Tak perlu khawatir, kamu dapat mengaplikasikan campuran tomat dan yoghurt sebagai masker di wajahmu.

Haluskan tomat, bisa dengan cara diblender lalu tambahkan satu sendok makan yoghurt. Blender lagi hingga keduanya benar-benar tercampur rata.

Oleskan ramuan tersebut pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin.

Luar biasa kan manfaat masker tomat bagi kecantikan kulitmu. Kamu dapat mencoba membuat ramuan tersebut di rumah dan mengaplikasikannya di waktu luangmu.