Minyak zaitun terbukti memiliki banyak manfaat. Minyak yang dikenal dengan nama olive oil ini adalah perasan dari buah zaitun.

Pohon zaitun banyak ditemukan di wialayah Mediterania. Minyak zaitun berasal dari batang pohon yang keriput dan pecah-pecah.

Pohon ini bisa tumbuh sampai dengan tinggi 50 meter. Umurnya pun sangat lama bisa sampai 500 tahun. Buahnya sendiri bentuknya bulat-bulat.Saat mentah warnanya masih hijau, lalu berubah kekuningan jika sudah masak.

Khasiat minyak zaitun sendiri sudah banyak diakui di dunia mdia. Minyak zaitun bisa digunakan untuk kecantikan, obat herbal, sabun, minyak untuk masakan sampai dengan minyak untuk penerangan.

Nah untuk kecantikan, sabun sampai memasak minyak zaitun digunakan di luar tubuh. Namun tahukah kamu jika minyak zaitun juga sangat baik dengan cara langsung dikonsumsi tubuh.

Minyak zaitun bisa langsung diminum. Saat masuk tubuh ada banyak manfaat yang akan terasa.Mintak zaitun mengandung antioksidan yang sangat tinggi.

Konsumsi minyak zaitun setiap hari secara teratur dengan takaran yang pas bisa memperkuat daya tahan tubuh dan kesehatan kita.

Berikut manfaat dari meminum minyak zaitun bagi tubuh.

1Kurangi Risiko Kanker Payudara

www.ummi-online.com

Memimun minyak zaitun secara rutin ternyata membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Sebuah studi yang dipublikasi di JAMA Internal Medicine menunjukkan kalau perempuan yang melakukan diet Mediterrania punya peluang terhindar kanker payudara lebih besar.

Diet Mediterrania ini adalah diet dengan cara memperbanyak konsumsi minyak zaitun. Jika rutin maka peluang kanker untuk tumbuh akan berkurang.

2Menekan Potensi Sakit Jantung

www.penabiru.com

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di Indonesia. Ternyata cara untuk mambuat jantung kita sehat salah satunya adalah mengonsumsi minyak zaitun.

Tak hanya bermanfaat bagi kecantikan, menurut penelitian MUFA konsumsi minyak zaitun juga sanggup mengurangi potensi terserang berbagai penyakit jantung.

Manfaat itu bisa lebih kamu rasakan kalau mengonsumsinya bersama makanan-makanan yang kaya akan kalori. Kamu bisa membuatnya menjadi campuran salad sehingga lezat untuk dinikmati.

3Bantu Program Diet

dietrendahkalori.com

Ingin dapat tubuh ideal? orang rela melakukan apa saja untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Mengonsumi minyak zaitun ternyata sangat bermanfaat untuk membantu program diet kamu.

Obesitas biasanya disebabkan karena kadar minyak jahat yang tinggi. Dengan mengganti minyak goreng menjadi minyak zaitun, kandungan lemak akan aman bagi tubuh.

Selain sebagai pengganti minyak goreng, minyak zaitun bisa langsung dikonsumsi. Sifatnya yang mengurangi kolestrol juga berguna untuk mengurangi beran badan.

4Mengontrol Tekanan Darah

bvbpengobatantradisionalsite.blogspot.com

Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin selama enam bulan akan membantu tubuh menstabilkan tekanan darah. Manfaat buah zaitun yang satu ini persis seperti manfaat ketimun.

Pada beberapa kasus yang ditemukan, baik yang bertekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi, minyak zaitun benar-benar dapat menurunkan tekanan darah.

Kandungan minyak zaitun bisa mengencerkan sel darah sehingga bisa berkhasiat menurunkan tekanan darah. Namun sebagai obat, minyak zaitun harus tetap dikonsumsi dengan kadar yang teratur.Intinya harus tetap disertai dengan pengawasan dokter ya.

5Pencegahan Stroke

source: www.huffingtonpost.com

Pada penelitian baru-baru ini menunjukkan orang-orang yang mengonsumsi minyak zaitun risiko terserang stroke lebih rendah.

Meskipun penilitian ini masih bersifat observasional, tapi akan dilakukan pengembangan penilitian langsung kepada objek yang mengonsumsi ataupun tidak.

Namun secara umum, sifat minyak zaitun yang bisa memecah kolesterol, menurunkan tekanan darah bisa berguna untuk mencegah penyakit stroke.

Stroke sendiri disebabkan penyumbatan aliran darah di kepala karena banyaknya kolesterol dan tekanan darah tinggi.