cara dilakukan untuk meminimalisir efek penuaan dini. Salah satu cara yang banyak dilakukan orang Indonesia adalah dengan memakai minyak bulus pada kulit.

Minyak bulus sendiri banyak dipakai untuk bahan kecantikan. Asal dari minyak ini berasal dari kata bulus yaitu penyu atau kura-kura dalam bahasa Jawa.

Berbeda dari kura-kura biasa, bulus mempunyai tempurung yang halus dan lunak. Pada permukaan tempurung mengandung lemak dan minyak. Biasanya, bulus ditemukan di daerah Kalimantan dan SUlawesi.

Prosesnya pun tergantung mudah, tempurung bulus dijemur dibawah sinar matahari selama berbulan-bulan. Semakin lama dijemur konon semakin baik minyaknya.

Ketika tempurung dijemur, maka minyak akan keluar bersama dengan lemak dan senyawa kimia lain. Meski banyak manfaatnya, kamu harus siap-siap tahan baunya yang tidak enak.

Berikut ini kami ulas manfaat minyak bulus dari buku Resep Sehat & Ayu dengan Ramuan Tradisional Jawa

1Mengobati  Gatal-Gatal

klinikpengobatanalami.wordpress.com

Minyak bulus dipercaya dapat mengobati gatal-gatal pada permukaan kulit. Biasanya terjadi pada orang yang memiliki alergi. Caranya mudah untuk mengobati gatal-gatal tersebut. Cukup dengan mengoleskan minyak bulus ke bagian kulit yang gatal atau korengan.

Minyak bulus juga dapat mengobati luka akibat terkena benda panas seperti api dan air panas. Oleskan secara rutin hingga sembuh.

2Mengobati Jerawat

anggaputra.com

Cobalah salah satu tips mengobati jerawatmu dengan minyak bulus. Namun, diawali dengan kamu menghindari semua bahan kimia yang biasa dipakai untuk mukamu.

Minyak bulus ampuh membunuh bakteri yang nempel di wajahmu. Bersihkan tangan dan muka terlebih dahulu, kemudian, oleskan pada area yang terkena jerawat.

Jangan mengoleskan bekas jerawat ke bagian wajah lain ya, khawatir jerawatpun makin bertambah karena penyebaran bakteri.

3Mencegah Penuaan Dini

ummi-online.com

Duh, paling rese bukan kalau di wajah ada flek hitam, jerawat bahkan keriput. Nah, minyak bulus bisa jadi solusinya.

Masalah yang ada pada mukamu dapat diatasi dengan mengoleskan minyak bulus. Caranya gampang, sebelum dioles, bersihkan semua permukaan wajah dengan air hangat.

Basuh mukamu, kemudian oleskan di wajah yang memiliki tanda penuaan dini. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

4Mengencangkan Kulit

tuankepo.blogspot.com

Terapi ini ternyata sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Nenek moyang menggunakan minyak bulus untuk merawat kulit agar lebih alami dan kencang.

Pemakaiannya tidak terlalu ribet. Cukup dengan mengoleskan minyak bulus ke kulit sambil dipijat searah. Jika dilakukan secara rutin, maka hasilnya akan maksimal

5Menjaga Kecantikan Kulit

source: bisikan.com

Konon, minyak bulus mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat untuk kulit, terutama vitamin E. Minyak akan mengencangkan kulitmu. Penggunaan secara teratur sehabis mandi bisa membuat kulit tubuhmu semakin bersinar.

6Memutihkan Wajah

lovelovelove1129.blogspot.com

Kamu tidak perlu repot-repot memakai pemutih buatan agar wajahmu terlihat bersinar. Memakai minyak bulus dapat meningkatkan pigmen asli kulit dan mengatasi sinar ultravionet pada kulit.

Alhasil, kulitmu akan lebih lembut, halus dan kencang. Lakukan pemijatan secara searah pada bagian wajahmu setelah diolesi minyak bulus.

7Menghilangkan Sakit Sendi

www.detakpalembang.com

Orang tua kerap merasakan nyeri sendi. Nah, minyak bulus dapat mengobati nyeri sendi secara tradisional.

Caranya sangat mudah, hangatkan minyak bulus dengan air panas. Setelah itu gunakan minyak bulus untuk memijat sendi yang sakit.

8Menghilangkan Sel Kulit Mati

mengatasikulitkering.com

Wajahmu terlihat kusam dan tidak cerah? Mungkin banyak terjadi penumpukan sel kulit mati pada bagian wajahmu. Cobalah gunakan minyak bulus.

Caranya, bersihkan wajah dengan air bersih, kemudian oleskan sambil dipijat ringan dengan jari-jarimu.

9Kandungan Vitamin

manfaat-it.blogspot.com

Kandungan minyak bulus sangat baik. Apa yang membuat minyak bulus baik untuk kecantikan kulit?

Uji laboratorium membuktikan bahwa dalam minyak bulus terkandung vitamin E yang tinggi. Seperti yang kita ketahui, vitamin E baik untuk mejaga kesehatan kulit.

Namun, penggunaan vitamin E yang terkandung dalam minyak bulus bukan untuk dikonsumsi secara oral (diminum).

Vitamin E dalam minyak bulus baik untuk penggunaan luar pada kulit. Tingginya kandungan vitamin E ini yang membuat minyak bulus mampu mengatasi hampir semua permasalahan kulit.

Selama ini banyak yang mengenal manfaat minyak bulus bagi kesehatan kulit. Ternyata, minyak tradisional ini banyak sekali manfaatnya.

Minyak bulus mampu mengencangkan kulit keriput, pada wanita, minyak bulus mampu memperbesar dan mengencangkan payudara. Menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat di wajah. Menghilangkan bekas luka bakar.

Minyak bulus juga dapat mengencangkan perut wanita yang kendor setelah melahirkan
Menghilangkan gatal di dubur karena cacing.

Banyak bukan khasiat minyak bulus ini? Hanya dengan minyak tradisional kita dapat sembuh dari berbagai penyakit kulit. Khasiat lainnya yang sudah lama terbukti secara klinis.

Tidak heran kalau banyak minyak bulusyang beredar di pasaran. Tentunya kita tidak menginginkan minyak bulus yang kita beli berkualitas asal-asalan.

Minyak bulus asli Kalimantan adalah minyak bulus dengan kualitas dan khasiat terbaik. Obat ini memang banyak beredar di toko-toko obat. Jadi, kita harus semakin cerdas memilihnya.

10Sejarah Minyak Bulus

minyakbulussuper.com

Minyak Bulus Asli Kalimantan adalah salah satu jenis minyak bulus yang dipercaya memiliki khasiat yang sangat mujarab. Minyak ini banyak beredar dengan kemasan yang beragam volumenya.

Khasiatnya yang beragam membuat minyak bulus menjadi salah satu jenis minyak yang diburu. Baik orang tua hingga anak-anak, semuanya bisa menggunakan minyak bulus baik untuk perawatan atau penyembuhan penyakit kulit.

Minyak bulus adalah minyak yang diambil dari lemak Hewan bulus. Bulus sendiri adalah jenis hewan air yang sering juga disebut dengan sebutan kura-kura atau labi-labi atau sebutan di Kalimantan Namanya Bidawang.

Hewan ini banyak ditemui di rawa air tawar atau di daerah sungai. Minyak bulus adalah minyak yang banyak diproduksi oleh suku pedalaman di Kalimantan sebagai salah satu jenis obat-obatan.

Khasiat dari minyak bulus ini kemudian menyebar dan saat ini tidak hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang berada di pedalaman Kalimantan.

Sejarah dari minyak bulus ini membuktikan bahwa Minyak Bulus Asli Kalimantan adalah minyak yang khasiatnya sudah terbukti dan secara turun-temurun telah digunakan secara tradisional.

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan minyak bulus ini. Salah satu manfaat yang paling banyak diincar adalah kemampuan minyak bulus untuk melakukan perawatan kulit dan juga payudara.

Minyak bulus adalah minyak yang dipercaya dapat menghaluskan kulit, memutihkannya dan juga merawat payudara dengan membantu merangsang pembentukan sel baru di payudara. Hal ini menyebabkan payudara menjadi lebih besar dan juga indah.

Manfaat untuk mengencangkan dan mempercantik kulit ini adalah manfaat yang banyak diminati oleh para wanita, tampil cantik tanpa efek samping siapa yang tidak mau?

11Membedakan Minyak Bulus Asli dan Palsu

fungsiminyakbulus.com

Manfaat dan juga keamanan dari minyak bulus ini dapat diperoleh jika kamu bisa mendapatkan minyak bulus yang asli. Minyak Bulus Asli Kalimantan akan membantu merawat kulit dan juga luka yang dimiliki.

Akan tetapi jika kamu terjebak dan mendapatkan minyak bulus yang palsu maka kamu mungkin akan kecewa dengan hasil perawatannya.

Untuk membedakan minyak bulus yang asli dan palsu, ada baiknya kamu mengetahui ciri-ciri dari minyak bulus yang asli. Cium aromanya. Minyak bulus adalah minyak yang dibuat dengan menggunakan lemak bulus asli.

Lemak bulus ini dilelehkan hanya dengan mengunakan sinar matahari selama kurang lebih 1 bulan tanpa pemrosesan dengan bahan kimia dan juga tanpa proses yang lainnya sehingga bau yang dimiliki oleh minyak bulus asli sudah pasti anyir dan sangat menyengat.

Jika kamu menemukan minyak bulus yang aromanya tidak kuat maka perlu berhati-hati karena mungkin bukan minyak bulus asli kalimantan yang didapatkan.

Diamkan minyak bulus. Salah satu cara untuk membedakan minyak bulus yang asli dan palsu selanjutnya adalah dengan membiarkannya di suhu ruangan.

Minyak bulus yang asli yang tidak dikocok dan dibiarkan akan menyebabkan minyak tersebut menggumpal dan berubah menjadi kuning.

Hal ini disebabkan karena minyak bulus asli terbuat dari lemak dipanaskan. Oleh karena itu jika ia dibiarkan akan menyebabkan minyak tersebut kembali ke bentuk semula yaitu menjadi lemak kembali.

Berbeda dengan minyak bulus yang palsu. Minyak bulus yang palsu tidak akan mengalami pengumpalan walau diibiarkan di suhu ruangan lebih dari 1 bulan.

Minyak bulus yang palsu juga mungkin akan membentuk 2 lapisan di botolnya ketika tidak dikocok.

Hal ini disebabkan karena minyak bulus telah dicampurkan dengan minyak lainnya sehingga Minyak Bulus Asli Kalimantan dan juga minyak campuran akan terpisah menjadi 2 lapisan.

Meski aromanya menyengat, minyak bulus memiliki kandungan vitamin dan nutrisi kulit yang sangat tinggi sehingga bagi yang memilikinya baiknya lakukan penjemuran sebanyak seminggu sekali.

Hal ini selain digunakan untuk menghindari terjadinya penggumpalan juga digunakan untuk menghilangkan aroma anyir yang pekat dari Minyak Bulus Asli Kalimantan tersebut.

Penyimpanan minyak bulus asli bisa dimana saja asal tidak di freezer atau kulkas. Pendinginan akan menyebabkan lemak kembali menggumpal sehingga akan sulit untuk digunakan kembali.

Selain itu, wajib melakukan penjemuran dengan frekuensi paling tidak seminggu sekali agar manfaat dan juga bentuk minyaknya tetap terjaga dan mengurangi bau anyir yang dimilikinya.

Kamu bisa menjemur minyak bulus tersebut beserta dengan wadahnya sehingga tidak repot.

12Fakta Lain Tentang Minyak Bulus

minyakbulusasli.net

Selain kegandrungan dengan berbagai produk kecantikan modern, masyarakat juga masih memiliki minat khusus pada produk kecantikan traditional asli buatan Indonesia. Salah satu produk kecantikan traditional yang digemari adalah minyak bulus.

Minyak bulus ini terdiri dari 2 kata yang berasal dari bahasa Jawa yaitu minyak dan bulus yang berarti kura-kura (Oleum turfuce javanica).

Minyak bulus merupakan minyak yang diambil dari tubuh binatang yang bernama bulus atau semacam penyu air tawar.

Selain terbuat dari tubuh atau daging bulus, minyak ini juga diambil dari lemak bulus kemudian diolah secara traditional.

Tidak hanya terbuat sari minyak bulus, minyak bulus sekarang juga ada yang dilengkapi dengan berbagai vitamin untuk mencapai hasil yang optimal.

Minyak ini telah dipercaya penggunaannya secara alami pada kecantikan turun temurun sejak ratusan tahun lalu. Ada yang dibuat dengan cara dijemur, digoreng dan dengan cara yang modern menggunakan teknologi tertentu.

Namun, pengolahan minyak bulus ini memerlukan proses yang cukup panjang sehingga kadang sulit didapat di pasaran mengingat tidak mudahnya untuk mendapatkan binatang bulus.

Bagi kamu yang masih awam dengan minyak bulus, berikut beberapa fakta, juga efek positif dan negatif yang perlu diketahui tentang minyak bulus.

Ada segudang manfaat minyak bulus sehingga minyak bulus dicari-cari karena dikenal sebagai minyak serbaguna. Beberapa manfaat yang ditawarkan minyak bulus yaitu mengurangi jerawat, menjaga kelembaban kulit, mencegah keriput,

menghilangkan stretch mark atau garis-garis di perut pasca melahirkan, mengatasi kulit kering, flek hitam,dan kusam, menghaluskan dan mengencangkan kulit, mengobati luka bakar, gatal-gatal, gigitan nyamuk dan kena air panas,

mengencangkan dan memadatkan payudara, mengatasi eksim, kutu air, tumit pecah-pecah,
menguatkan alat vital pria dan sebagainya. Hanya untuk pemakaian luar

Minyak bulus merupakan obat luar dan tidak dianjurkan untuk bagian dalam serta tidak untuk diminum. Pemakaian menyalahi aturan tentu saja akan memberikan efek buruk bagi tubuhmu.

Teknik penggunaan yang berbeda diperlukan untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit dan kesehatan yang disebutkan di atas.

Teknik penggunaan minyak bulus kadang berbeda tergantung kepada kadar dan frekuensinya. Sebagian orang menggunakan sesuka hatinya saja sehingga efeknya tidak terasa.

Untuk itu berkonsultasilah kepada teman yang sudah merasakan efek positifnya atau kepada penjual serta ahli yang lebih paham agar hasil yang diperoleh benar-benar optimal.

Dituntut kesabaran saat menggunakan minyak bulus. Pemakaian minyak bulus menuntut kesabaran karena minyak ini bukanlah jenis produk instan yang menjanjikan penyembuhan dan kecantikan dalam semalam.

Dibutuhkan ketekunan untuk mengoles dan memijat sekitar 1-4 minggu bahkan lebih untuk melihat hasilnya.

Hasil yang tidak sama pun harus kamu terima dengan lapang dada. Meskipun merek minyak bulus yang dipakai sama tidak ada jaminan bahwa hasil yang diperoleh oleh setiap orang juga akan sama. Hasilnya tetap tergantung pada teknik dan kondisi tubuh seseorang.

Jika seseorang tidak sabar, tidak rutin dan tidak bisa menggunakan dengan tepat tentu saja hasilnya tidak cepat kelihatan. Meskipun banyak manfaatnya, terwujud atau tidaknya manfaat tersebut juga tergantung pada si pemakai.

Bau yang menyengat ini juga menjadi ciri khas minyak bulus. Konon keaslian sebuah minyak bulus bisa diketahui dari bau yang menyengat. Minyak bulus yang benar-benar asli khas bulusnya sangat kuat dan sangat menyengat hidung.

Bagi kamu yang sedang hamil atau tidak tahan dengan bau yang menyengat bisa mencari alternatif minyak bulus lain yang tidak berbau. Bau yang menyengat ini bagi sebagian orang bisa menyebabkan muntah-muntah.

Oleh karena pada dasarnya minyak bulus terbuat dari bahan alami dari alam maka efek negatif minyak bulus tidak terlalu kelihatan. Tidak sama dengan pemakaian produk-produk kecantikan berbasis bahan kimia.

Meskipun demikian, efek negatif juga bisa terjadi bila pemakaiannya tidak sesuai dengan yang dianjurkan seperti iritasi, gatal-gatal dan lain sebagainya.

Begitu juga membeli minyak bulus tiruan yang dicampur dengan zat kimia berbahaya juga akan berdampak buruk bagi kecantikan dan kesehatan seseorang. Walaupun notabene produk tradisional tetap harus hati-hati dalam penggunaannya.

13Cara Membuat Minyak Bulus

herbal-id.com

Ada beberapa proses pembuatan minyak bulus, diantaranya adalah dengan cara dijemur, di oven, di goreng dan direbus.

Dari beberapa metode pembuatan tersebut pembuatan secara alami. Memang dalam metode pembuatan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Minyak bulus dengan metode digoreng dan direbus. Metode pembuatan minyak bulus dengan cara seperti ini adalah cara yang paling rendah kwalitasnya.

Mengapa demikian? Proses penggorengan dan perebusan yang panasnya tinggi akan menjadikan nutrisi yang terkandung dalam lemak dan minyak bulus akan berkurang.

Minyak dengan metode penggorengan dan perebusan juga ramai dipasaran. Biasanya harganya sangat murah sekali. Jadi hati-hati dalam membeli minyak bulus yang murahan. Kemungkinan itu adalah minyak bulus yang kurang berkwalitas.

14Perbedaan Kura-Kura, Bulus, dan Penyu

id.wikipedia.org

Namun antara ketiganya, dapat juga berbeda satu sama lain. Ordo Testudines, di Indonesia sering kali dibagi dalam tiga kelompok yaitu kura-kura (tortoises), penyu (sea turtles), dan bulus atau labi-labi (freshwater turtles).

Dalam bahasa Inggris, kura-kura masih dibedakan lagi menjadi kura-kura darat (land tortoises) dan kura-kura air tawar (freshwater tortoises atau terrapins).

Perbedaan paling ketara antara ketiganya adalah dilihat dari habitat atau tempat hidupnya. Perbedaan secara umum antara kura-kura, penyu, dan bulus berdasarkan habitatnya, yaitu :

Kura-kura, meskipun dapat hidup di darat dan di air tetapi lebih banyak menghabiskan waktunya di darat ketimbang di air tawar.

Penyu, sepenuhnya hidup di air laut dan hanya penyu betina saja yang beberapa tahun sekali ke daratan (pantai) untuk bertelur.

Karena itu, penyu kerap disebut juga sebagai kura-kura laut. Bulus atau labi-labi, kebalikan dari kura-kura, lebih banyak menghabiskan waktunya di air tawar ketimbang di darat.

Berdasarkan struktur tubuh, antara kura-kura, penyu, dan bulus dapat dibedakan berdasarkan ciri-ciri umum, meliputi :

Karapas. Kura-kura memiliki karapas dua lapis, lapisan luar terdiri dari kumpulan sisik yang keras dan lapisan dalam yang berupa lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat. Penyu tidak memiliki sisik pada karapas melainkan sejenis kulit.

Sedangkan labi-labi (bulus) karapsnya tersusun dari tulang rawan yang lebih lunak dibanding karapas kura-kura dan penyu.

Kaki. Kaki kura-kura didesain untuk berjalan di darat sehingga memiliki kuku-kuku yang tajam. Sedangkan pada penyu dan bulus, bentuk kakinya menyerupai sirip yang membantunya berenang di air.

Penyebutan kura-kura, penyu dan bulus dengan beberapa perbedaannya tersebut hanya untuk mempermudah diskripsi bagi masyarakat umum.

Sedangkan untuk keperluan ilmiah, perbedaannya tentunya didasarkan pada klasifikasi ilmiah berupa jenjang famili, genus, dan spesies.

15Manfaat Bagian Tubuh Hewan Bulus

belanjaalkes.com

Mungkin selama ini kita sering lihat hewan yang namanya kura-kura tapi mungkin tidak banyak orang yang tahu bulus.

Hewan bulus menghasilkan lemak yang dapat diolah menjadi minyak untuk digunakan manusia. Minyak tersebut dapat menambah kecantikan, membantu perawatan kulit supaya halus, mulus, kencang, dan awet muda.

Minyak bulus juga mampu mengencangkan payudara, perut (terutama ibu muda yang baru saja melahirkan). Menghilangkan flek-flek hitam, jerawat menahun, luka bakar, kena air panas, kulit keriput.

Empedu bulus juga berguna sebagai obat asma, mata rabun, obat sakit gigi. Batok atau tempurungnya berguna sebagai obat reumatik, dan mempercepat sambung tulang patah.

Kepala maupun otak bulus bermanfaat untuk pengobatan telinga tuli maupun bernanah. Otaknya berguna untuk membantu kesuburan pasangan suami istri yang mendambakan anak.

Hati bulus berguna untuk obat segala macam penyakit dalam, stress, pikiran kacau, terkena guna-guna atau santet.

Dagingnya berguna untuk menjaga kesehatan paru-paru, menurunkan demam, memperkuat kondisi tubuh. Meningkatkan nafsu makan, badan loyo, pegal-pegal dan panas dalam.

Telur bulusnya bermanfaat sebagai obat untuk membantu perrnafasan yang lemah, dan menyembuhkan diare.

Sirip atau piton bulus berguna untuk membantu kulit tampak lebih awet muda, menjaga metabolisme tubuh, dan menghilangkan noda-noda hitam.

16Hukum Makan Daging Bulus (Kura-kura)

birdbody.blogspot.com

Dalam Liqo’ Al Bab Al Maftuh, Syaikh rahimahullah ditanya, “Apa hukum makan katak, ular (yang hanya hidup di air), dan kepiting?”

Beliau rahimahullah menjawab, “Kalau kita melihat keumuman firman Allah Ta’ala, “Dihalalkan bagimu binatang buruan laut (yang ditemukan dalam keadaan hidup) dan yang ditemukan dalam keadaan bangkai sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan” (QS. Al Maidah: 96)

menunjukkan bahwa hewan-hewan tersebut halal kecuali katak. Ia bukanlah hewan air. Katak hidup di darat dan di air sehingga ia tidak masuk dalam keumuman ayat tadi.

Beliau juga ditanya dalam kajian Nur ‘ala Ad Darb, “Daging buaya dan kura-kura itu halal dimakan ataukah haram? Karena kami menemukan makanan semacam itu di negeri kami, Sudan. Berilah penjelasan pada kami. Barakallahu fiikum.”

Beliau menjawab, “Semua hewan air itu halal, baik yang ditangkap dalam keadaan hidup maupun bangkai. Allah Ta’ala berfirman,

“Dihalalkan bagimu binatang buruan laut (yang ditemukan dalam keadaan hidup) dan yang ditemukan dalam keadaan bangkai sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan” (QS. Al Maidah: 96)

Ibnu ‘Abbas mengatakan bahwa “shoidul bahr” maknanya adalah hewan air yang ditangkap hidup-hidup. Sedangkan “tho’amuhu” adalah hewan air yang ditangkap dalam keadaan mati.

Akan tetapi sebagian ulama katakan bahwa buaya itu tidak halal karena buaya termasuk hewan yang bertaring. Padahal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang memakan hewan yang bertaring baik itu hewan buas.

Sedangkan hewan darat piaraan (jinak) yang bertaring pun diharamkan. Akan tetapi, zhohir (tekstual) surat Al Maidah ayat 69 menunjukkan akan halalnya buaya.

Syaikh rahimahullah pernah menyannggah orang yang mengharamkan buaya dengan alasan bahwa buaya itu bertaring. Syaikh menyatakan bahwa yang dimaksud larangan dalam hadits adalah untuk hewan darat yang bertaring.

Sedangkan hewan buas yang hidup di air, maka ia memiliki hukum tersendiri. Oleh karena itu, dihalalkan memakan ikan hiu. Padahal ikan hiu juga memiliki taring yang digunakan untuk memangsa buruannya.

Ulama saat ini yang juga menghalalkan buaya adalah Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullah (Fatwanya, 23/24) sebagaimana beliau pun mendukung pendapat ini dalam Fatwa Al Lajnah Ad Daimah.
Penjelasan ini menunjukkan bahwa buaya, kura-kura dan kepiting itu halal dimakan. Halalnya hewan-hewan ini sesuai dengan pendapat ulama Malikiyah karena mereka menganggap setiap hewan air itu halal.

Sedangkan ulama yang menyatakan bahwa kepiting dan kura-kura itu haram karena dianggap jijik (khobits), maka ini perlu ditinjau. Karena khobits (jijik) itu bukanlah dalil tegas akan haramnya sesuatu.

Adapun, katak ada dalil tegas yang menunjukkan akan haramnya karena ia termasuk hewan yang tidak boleh dibunuh.

Lalu bagaimana cara membunuh kepiting dan kura-kura agar jadi halal? Ibnu Qudamah dalam Al Mughni menyatakan, “Setiap hewan air yang bisa hidup di daratan, maka tidak halal kecuali dengan disembelih.”

Contohnya adalah burung air, kura-kura, dan anjing laut. Kecuali jika hewan tersebut tidak memiliki saluran darah seperti kepiting. Kepiting itu dihalalkan walaupun tidak dengan cara penyembelihan. Imam Ahmad pernah ditanya,

“Kepiting itu tidak mengapa dimakan (baca: halal), lantas bagaimana ia disembelih? Imam Ahmad menjawab, “Tidak perlu disembelih.”

Demikian karena memang penyembelihan itu berlaku bagi hewan yang mengeluarkan darah. Dagingnya bisa jadi halal dengan cara mengeluarkan darah dari tubuhnya. Hewan yang tidak ada mengalir darah dalam tubuhnya tidak butuh untuk disembelih.”

Artinya, kepiting disembelih di daerah mana pun yang membuat ia mati, tetap membuatnya halal.

Nah, kamu mau mencobanya? Semua tergantung dari seberapa besar usahamu ya, karena semua butuh kesabaran.