Kemiri merupakan tumbuhan yang selama ini dimanfaatkan bijinya sebagai salah satu bumbu alami penyedap makanan. Selain itu, ada sebagian masyarakat yang memanfaatkan biji kemiri sebagai obat tradisional. Salah satu penggunaannya dengan mengambil dan memanfaatkan minyaknya.

Sudah umum diketahui oleh masyarakat bahwa minyak kemiri bermanfaat untuk kesehatan rambut dan tubuh. selain itu, minyak kemiri juga dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik alami lho. Seperti dalam penjelasan mengenai manfaat yang dapat kita peroleh dari minyak kemiri berikut ini.

1Mengencangkan Kulit

fastnewsindonesia.com

Manfaat pertama yang dapat kamu peroleh dari minyak kemiri yaitu berguna untuk mengencangkan kulit secara alami. Selain itu, minyak kemiri juga dapat membuat kulit menjadi semakin elastis. Hal ini dikarenakan dalam minyak kemiri terkandung Vitamin E yang sangat berguna bagi kesehatan kulit.

2Obat Tradisional

en.productsdb.com

Minyak kemiri telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan obat tradisional. Bersama dengan berbagai campuran bahan herbal lainnya, minyak kemiri dapat berguna untuk mengobati penyakit diare, demam, disentri, sakit gigi, dan permasalahan kesehatan lainnya.

3Menghitamkan Rambut Secara Alami

aliexpress.com

Kata pepatah, rambut bagaikan mahkota. Maka keberadaannya benar-benar harus dijaga agar senantiasa terlihat sehat dan tertata rapi. Tanda rambut yang sehat tampak dari warnanya yang hitam dan mengkilap.

Hanya saja, sebagian orang masih banyak yang menggunakan obat penghitam rambut yang menggunakan bahan kimia. Mereka tidak mengetahui efek samping jangka panjang jika terus menerus menggunakannya. Alangkah baiknya jika kamu menghitamkan rambut dengan bahan alami.

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menghitamkan rambut adalah minyak kemiri. Selain harganya terjangkau, minyak kemiri juga aman dan tidak menimbulkan efek samping negatif walaupun digunakan secara berkali-kali.

4Mengatasi Kerontokan Rambut

hairrestorationofthesouth.com

Manfaat lain dari minyak kemiri adalah untuk perawatan rambut. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak kemiri secara teratur pada rambut. Pastikan minyak kemiri juga menyerap pada kulit kepala. Metode ini akan memperkuat akar rambut dan mengatasi kerontokan.

5Mengatasi Rambut Beruban

u-tau.ga

Secara normal rambut akan mulai memutih pada usia 50 tahun ke atas. Namun, banyak faktor yang kini membuat rambut beruban pada usia yang masih relatif muda. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan minyak kemiri secara rutin setelah bangun tidur dan pada malam hari sebelum tidur.