Guys, sudah barang tentu kita tidak asing dengan minyak zaitun ya. Minyak zaitun ini termasuk salah satu minyak yang disebut dalam alquran lho, keren kan. Minyak ini memang recomended banget untuk kamu-kamu yang menjaga kesehatan dan kecantikan, secara memang banyak banget manfaatnya, yuuk sama-sama bahas minyak zaitun.

Minyak ini diperoleh dari pohon zaitun (Olea europaea) yang merupakan pohon hasil pertanian tradisional di wilayah Mediterania.

Minyak zaitun diperoleh dari proses pemerasan buah zaitun hingga menghasilkan minyak yang berkhasiat. Salah satu khasiatnya adalah untuk kecantikan kulit wajah.

Tentu dong memiliki wajah yang sehat dan bersih memang menjadi dambaan bagi siapapun, baik wanita maupun pria. Akan tetapi sering kita melihat atau bahkan mengalami problema seputar wajah yang paling dominan adalah jerawat dan bekasnya.

Banyak yang merasa frustasi dengan masalah kulit wajah berjerawat. Jerawat membuat setiap wanita merasa risih, malas keluar rumah, serta malu dilihat banyak orang saat memiliki wajah berjerawat.

Keberadaan minyak zaitun merupakan salah satu solusi alami yang tepat bagi kamu guna mengatasi bekas jerawat, bekas luka hitam pada wajah maupun flek hitam lainnya yang berhubungan dengan kecantikan kulit wajah.

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun mampu mencegah datangnya jerawat pada kulit wajah dan juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat.

1Karakteristik Minyak Zaitun

manfaatbuahan.com

Mungkin juga perlu kita tahu ya guys, buat nambah ilmu. Minyak segar memiliki asam lemak bebas yang sangat rendah (Free Fatty Acid/FFA), dan secara alami  minyak cold-press kandungan FFA nya kurang dari 0,5%. Secara umum, minyak virgin memiliki FFA kurang dari 0,8%.

Extra-virgin adalah grade tertinggi minyak zaitun. Seperti semua minyak virgin, diproses secara mekanis tanpa menggunakan bahan kimia atau pengapian. Berat jenis @ 15,5 ° C adalah 0,9150-0,9180, nilai Iodine 75-94, dan nilai saponifikasi 184-195 .

2Kandungan Minyak Zaitun

balihealthdigest.com

Minyak zaitun adalah minyak nabati terbaik dalam hal palatabilitas, stabilitas, profil lipid. Kaya energi; 100 g minyak menghasilkan 884 kalori. Namun, rasio asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak jenuh memenuhi syarat sebagai salah satu minyak paling sehat untuk dikonsumsi.

Minyak zaitun extra virgin memiliki titik uap yang tinggi, 450 ° F (210 ºC). Sangat penting ketika menggunakan suhu tinggi untuk memasak, seperti pengolahan deep-frying untuk makanan tertentu.

Minyak zaitun memiliki profil lipid yang sangat baik. Jenuh, tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda (SFA: MUFA: PUFA = 14: 77: 9) lemak di dalamnya mempunyai proporsi yang sehat. Minyak cold-press adalah salah satu minyak goreng stabil.

Nah setelah kita tahu apa itu minyak zaitun dan karateristiknya , tentu dong kita juga harus tahu, sebenarnya apa saja manfaat minyak zaitun untuk wajah kita?

3Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah Kita

dw.com

Obat Alami Penghilang Jerawat

Yup, jelas sekali manfaatnya yang pertama yaitu penghilang jerawat. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang begitu tinggi, vitamin E itu sendiri berfungsi untuk merawat kulit. Oleh karena itu, minyak ini sangatlah cocok digunakan untuk masker wajah.

Selain menghilangkan jerawat, kandungan vitamin E dapat memperhalus kulit wajah. Lalu bagaimana cara melakukan perawatannya?

Caranya cukup simple, bersihkan wajah terlebih dahulu, setelah itu oleskan minyak zaitun pada jerawat yang menempel di bagian wajahmu, pastikan tangan dalam keadaan yang bersih.

Dengan perawatan ini, maka jerawat akan mengering dengan sendirinya tanpa ada bekas jerawat di wajah. Selanjutnya kamu juga bisa menghilangkan bekas jerawat di wajah dengan menggunakan campuran tea tree oil dan minyak zaitun.

Oleskan campuran tersebut secara merata pada bekas jerawat yang menempel di wajah, lalu diamkan selama sehari. Kamu bisa melakukan cara ini secara teratur hingga bekas jerawat hilang.

Pelembab Bagi Kulit

Jika saat ini kamu memiliki masalah kulit seperti wajah kering serta kusam. Tak perlu khawatir dengan memanfaatkan minyak ini akan bisa menjadi solusi alami yang sangat bagus untuk menjadikan kulit wajahmu menjadi lembab.

Akan tetapi perawatan ini sebaiknya dilakukan secara teratur guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Minyak zaitun memiliki kemiripan struktur yang lebih dekat dengan struktur kimia minyak alami kulit anda dibanding minyak alami lainnya.

Minyak zaitun meresap jauh ke dalam kulit wajah, memberikan kelembaban yang dibutuhkan kulit dan sebagai pelindung untuk melindungi kulit, menjaganya agar tetap mulus.

Nah, sekarang bagaimana cara perawatan dengan minyak zaitun? Sebelumnya bersihkan wajah dengan benar, selanjutnya oleskan minyak di permukaan bagian kulit wajah, lakukan sebelum tidur malam. Selamat mendapatkan wajah yang segar.

Menjaga Elastisitas kulit

Manfaat berikutnya dari minyak zaitun yaitu dapat menjaga elastisitas kulit. Tentu kamu ingin memiliki kulit wajah yang kenyal? Gunakan minyak zaitun, minyak zaitun yang kaya akan vitamin E dan A ini membantu menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit.

Cukup oleskan minyak zaitun ke permukaan kulit wajah, pijatlah dengan lembut,lakukan hal itu beberapa kali dalam sehari secara rutin, minimal sehari sekali ya, hal ini dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit kamu.

Menghilangkan Kutil pada Wajah

Pastilah ya guys jika ada kutil pada wajah tentu sangat mengganggu kita. Keberadaannya sangat tidak kita ingnkan karena terkadang semakin hari kutil bisa bertambah banyak, tentu hal ini mengganggu penampilan.

Lantas bagaimana cara menghilangkan kutil-kutil itu? Siapkan minyak zaitun secukupnya, bersihkan terlebih dahulu kondisi kutil yang akan diobati. Lalu oleskan minyak zaitun pada area wajah yang terdapat kutilan.

Sebaiknya hal ini dilakukan sesudah mandi sore ataupun pagi hari, oleskan juga ketika akan tidur malam hari. Pengobatan ini sebaiknya dilakukan 1 samapi 2 minggu agar kutil-kutil mudah hilang dengan sendirinya.

Mencegah Kulit dari Penuaan Dini

Munculnya keriput-keriput di wajah tentu menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi wanita. Kamu tidak perlu khawatir, minyak zaitun adalah bahan kuat anti-aging produk perawatan kulit yang kaya akan antioksidan.

Kandungan ini mampu mencegah penuaan pada kulit dan munculnya garis-garis halus. Selain itu minyak zaitun juga memberi nutrisi, meremajakan dan melindungi kulit.

Menakjubkan bukan khasiat minyak zaitun pada kulit wajah? Setelah kamu mengetahui manfaat minyak zaitun di atas, bagi kamu yang menginginkan kulit wajah sehat dan bersih, bisa mencobanya.

Mengatasi Pecah-Pecah

Manfaat selanjutnya dari  minyak zaitun adalah minyak zaitun dapat mengatasi masalah kulit pecah-pecah yang melanda diri kita. Biasanya kulit pecah-pecah dapat terjadi karena kulit kering dan kekurangan nutrisi.

Dengan mengoleskan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit yang mengalami pecah-pecah secara rutin, maka kita akan dapat segera mengatasi masalah yang sangat mengganggu penampilan dan bikin tidak percaya diri.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Yup, manfaat keren selanjutnya dari minyak zaitun adalah mengangkat sel kulit mati. Pastilah ya salah satu masalah yang mengganggu penampilan cantik kita ialah kondisi sel kulit mati yang menimbulkan noda-noda serta flek pada kulit sehingga terlihat kurang sedap dipandang mata.

Nah, untuk menghilangkan dan mengangkat sel kulit mati ini, kita dapat memanfaatkan minyak zaitun. Dengan terangkatnya sel kulit mati ini, maka kulit kita akan menjadi Lebih cerah Lebih halus Terlihat berseri dan cantik

Mencerahkan dan menyegarkan kulit wajah

Harus kita tahu juga ya guys, minyak zaitun mampu memberikan efek yang menyegarkan dan merelaksasi kulit kita, khususnya pada kulit wajah.

Dengan menggunakan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah, maka kulit akan dapat merasakan kesegaran, dan efeknya adalah mampu mencerahkan wajah kita Ketika wajah kita sudah cerah dan berseri, maka secara otomatis, kecantikan akan terpancar secara alami dari wajah kita, yang pastinya akan meningkatkan kepercayaan diri kita

Menghilangkan kantung mata

Minyak zaitun juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menghilangkan kantung mata. Kantung mata berwarna hitam terletak di bawah mata jadi kantung mata sangatlah berpengaruh terhadap kecantikan kita, karena sulit untuk dikamuflase atau ditutupi dengan menggunakan make up.

Tapi jangan khawatir bagi kamu yang mempunyai masalah dengan kantung mata, namun dengan mengoleskan minyak zaitun secara teratur, maka kantung mata akan dapat hilang dengan baik dan mengembalikan pancaran kecantikan kita

Tabir surya

Penting untuk kamu tahu ya guys bahwa sinar ultraviolet sangatlah berbahaya apabila sering bersentuhan dengan kulit. Paparan radiasi dari sinar ultraviolet ini dapat menimbulkan berbagai gangguan kulit, seperti kanker kulit, iritasi kulit, kulit menghitam dan gosong serta kulit terbakar

Nah , kita dapat memanfaatkan minyak zaitun untuk menjadi tabir surya. Dengan mengandaakan tabir surya dari minyak zaitun, Maka kita akan terhindar dari bahaya sinar ultraviolet yang mengancam kecantikan kulit kita.

Mengatasi wajah berminyak

Buat kamu yang mempunyai masalah dengan wajah berminyak, minyak zaitun selain untuk kecantikan juga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi wajah yang berminyak lho. Memang gak enak ya rasanya punya wajah berminyak, serasa semua debu mudah nempel, belum lagi kalau dipandang orang, haduh seperti abis masak dari dapur saja.

Jangan ragu menggunakan minyak zaitun. Dengan terkontrolnya kadar minyak pada wajah, maka pastinya kecantikan kita akan terpancar dengan indah dan juga alami. So, kamu pun akan tampil percaya diri kembali.

4Minyak Zaitun Untuk Merawat dan Menjaga Kesehatan Rambut

herbaneka.com

Minyak zaitun juga sering dimanfaatkan untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut kita. Rambut yang sering diistilahkan sebagai mahkota, merupakan salah satu hal yang dapat memancarkan kecantikan. Ini adalah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan rambut :

Membuat rambut berkilau secara alami, mencegah munculnya ketombe dan kutu rambut, mempercepat pertumbuhan rambut, mencegah rambut rontok serta mencegah rambut bercabang.

Dan Ini cara-cara recomended yang bisa kamu praktekkan di rumah.

Perawatan Rambut

Campurkan minyak zaitun dan madu dalam jumlah yang sama ke dalam mangkuk. Oleskan ke rambut kamu dari akar hingga ke ujung rambut. Gulung dan tutup rambut dengan kain, handuk, atau shower cap. Diamkan selama 10 menit, bilas dengan air.

Mengembangkan rambut

Mungkin bagi kamu yang ramburnya sangat tipis, sehingga mudah patah dan mudah rusak, kamu bisa gunakan minyak zaitu dengan cara ini.

Kocok dua butir telur dan secangkir penuh minyak zaintun selama dua menit atau lebih hingga lembut. Oleskan dari akar hingga ujung rambut. Diamkan sekitar 10 menit dan cuci dengan air bersih.

Jika kamu melakukan itu dengan rutin minimal satu hari sekali, pasti dong rambut kamu akan bervolume, mengembang, dan berkilau dengan tebal tidak tipis lagi.

Merawat rambut rusak

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah rambut, mungkin rambur kamu rusak, gampang patah atau rontok cara ini bisa kamu coba.

Tambahkan kelopak bunga mawar atau ektrak melati dalam minyak zaitun. Simpan dalam botol tertutup selama sedikitnya 24 jam. Usapkan rambut kamu dengan air panas untuk membuka pori-pori kulit kepala. Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala, pijat selama beberapa menit.

Lakukan itu dengan rutin selama beberapa hari, tidak hanya sekali atau 2 kali saja ya guys, karena memang rambut rusak itu perlu perawatan intensif, jadi usahakan rajin tiap hari minimal 1 kali dalam sehari.

Memanjangkan rambut

Jika kamu ingin mempunyai rambut panjang yang indah, haluskan biji lemon dan lada, kemudian campurkan dua sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama 20 menit dan cuci dengan sampo.

Tentu lakukan dengan rutin paling tidak dalam sehari sekali, dalam 1 minggu akan kamu dapatkan perbedaan dari rambut kamu.

Ini juga berguna bagi anak-anak yang biasanya bermasalah dengan rambut, yaitu rambut sulit tumbuh. Secara hormon anak-anak memang belum sempurna wajar jika rambut kadang sulit tumbuh.

5Macam-Macam Masker zaitun

hipwee.com

Setelah kita bahas manfaat minyak zaitun untuk wajah dan rambut, yuuk mari kita belajar bersama-sama membuat masker minyak zaitun dengan beberapa bahan alami yang tentunya mudah dicari dan dengan harga yang murah. Masker-masker ini recomended buat kamu lho.

Masker alami minyak zaitun, oatmeals, dan pepaya

Masker alami wajah satu ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki kulit kering, kusam, dan bersisik. Sebab kombinasi antara minyak zaitun, oatmeals, dan pepaya akan membuat kulitmu lebih lembab secara alami.

Cara membuat masker alami minyak zaitun, oatmeals, dan pepaya

Langkah pertama siapkan terlebih dahulu 4 sendok makan minyak zaitun, setengah cangkir kecil oatmeals, dan 1 cangkir halusan daging buah pepaya.

Campurkan semua bahan alami tadi sampai membentuk semacam pasta. Usahakan jangan terlalu encer ataupun kental agar bisa diaplikasikan dengan mudah ke area wajah.

Sebelum menggunakan masker wajah alami ini bersihkan dulu area kulit dengan sabun khusus muka. Hal ini bertujuan agar kotoran dan sisa keringat tidak menghambat penyerapan.

Setelah memastikan benar-benar bersih, mulailah mengoleskan masker secara merata keseluruh bagian wajah. Berikan pijatan lembut selama kurang lebih 5 menit. Selanjutnya diamkan selama 30 menit, apabila sudah mengencang dan kaku bilaslah dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Masker alami minyak zaitun, buah alpukat, dan madu

Buah alpukat terkenal mampu menjaga kekencangan kullit wajah dan menutrisi dari dalam. sedangkan madu mengandung senyawa antioksidan tinggi yang sangat baik untuk mengatasi radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel kulit. Kombinasikan bahan-bahan tersebut dengan minyak zaitun agar hasilnya semakin maksimal.

Cara membuat masker alami dari minyak zaitun, alpukat, dan madu:

Terlebih dahulu siapkan minyak zaitun, daging buah alpukat, dan madu secukupnya. Lalu campurkan alpukat dan madu sampai merata membentuk sebuah pasta/krim.

Sedangkan untuk minyak zaitun, silahkan oleskan terlebih dahulu keseluruh bagian wajah kamu. Setelah merata, tumpangi minyak zaitun dengan masker alami yang telah kamu buat tadi.

Diamkan masker tersebut bekerja selama kurang lebih 1 jam. Apabila sudah terasa cukup kaku dan mengencang, silahkan bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Masker alami minyak zaitun, yoghurt, dan ampas kopi

Sebelumnya sudah membahas mengenai  untuk perawatan wajah. Namun kali ini kita akan mengombinasikan kopi dengan yoghurt dan zaitun. Masker alami satu ini sangatlah berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, pengelupasan kulit, dan mencerahkan kulit secara alami.

Cara membuat masker alami minyak zaitun, yoghurt, dan ampas kopi:

Pertama kalinya siapkan 5 sdm minyak zaitun, 2 sdm yoghurt tawar, dan bubuk kopi secukupnya saja. Campurkan semua bahan sampai membentuk adonan mirip pasta. Apabila kurang encer silahkan tambahkan lagi bubuk kopinya.

Setelah selesai mandi oleskan masker tersebut secara merata keseluruh bagian wajah. Beri pijatan secara melingkar selama 10 menit dan diamkan kurang lebih 30 menit.

Apabila masker sudah mengencang dan kaku, bilaslah masker tersebut dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Masker alami minyak zaitun, lemon, dan beras

Memutihkan kulit dengan cepat tidak perlu memerlukan perawatan kecantikan mahal. Dijamin dengan kamu menggunakan masker alami wajah satu ini kulitmu akan nampak lebih putih dan cerah secara alami.

Cara membuat masker alami minyak zaitun, lemon, dan beras.

Pertama kalinya siapkan 5 sendok makan minyak zaitun, 2 sendok makanan lemon, dan 3 genggam beras (merek apapun).

Beras tersebut kamu rendam dulu selama satu malam, keesokan harinya silahkan ditumbuk dan jemur di bawah terik matahari sampai kering dan berubah menjadi tepung beras.

Ambil tepung beras tersebut kemudian campur dengan air lemon dan minyak zaitun. Pastikan campuran yang kamu buat membentuk adonan pasta/krim agar nanti mudah diaplikasikan.

Sebelum menggunakan, cuci wajah dengan sabun khusus muka. Lalu bilas air hangat untuk membuka pori-pori wajah. Setelah itu oleskan masker secara merata keseluruh bagian wajah.

Agar masker bekerja secara maksimal, diamkan selama kurang lebih 30-45 menit. Setelah itu bilaslah dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Membuat masker alami zaitun, tomat, dan air mawar.

Cara membuat masker alami wajah terakhir adalah dengan mengombinasikan antara minyak zaitun, tomat, dan air mawar. Sesuai yang saya sampaikan diatas tadi, minyak olive oil atau zaitun sering digunakan oleh Ratu Mesir bersama air mawar untuk merawat kulitnya

Cara membuat masker minyak zaitun, tomat, dan air mawar:

Rendam dahulu bunga mawar merah selama 1 malam. Setelah itu campur air tersebut secukupnya dengan minyak zaitun dan halusan buah tomat. Usahakan campuran tidak terlalu encer (tekstur mirip pasta).

Sebelum menggunakan silahkan bersihkan wajah kamu dengan air hangat. Jika sudah bersih dari kotoran, mulailah mengoleskan masker tersebut secara merata keseluruh bagian wajah.

Jangan lupa beri pijatan lembut selama kurang lebih 5 menit, lalu diamkan masker bekerja dan meresap selama 1 jam. Apabila sudah terasa kaku bilaslah dengan air hangat sampai bersih.

Itulah beberapa cara membuat masker minyak zaitun untuk merawat kulit secara alami. Dengan perawatan kecantikan seperti diatas secara rutin minimal 1x sehari, maka kamu akan mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat, cantik, mulus, dan terbebas dari berbagai masalah.

Catatan penting ya, masker-masker tersebut tidak hanya irit biaya ya guys, tapi juga alami jadi sangat minim sekali efek sampingnya bahkan hampir tidak ada, berbeda dengan masker-masker kimia yang menggunakan obat kimia, tentu masker alami jauh lebih baik dan lebih bagus.

Setelah di atas dibahas panjang lebar kali tinggi tentang manfaat minyak zaitun utnuk wajah dan rambut, kamu juga musti tahu ya jenis-jenis minyak zaitun dan bagaimana membedakan minyak zaitun yang asli dan palsu.

Secara minyak ini sudah mahal guys, tentu dong kita tidak mau dong merelakan uang dan mendapatkan minyak yang palsu, iya kalau bermanfaat bagaimana kalau justru merugikan, haduh bisa trauma kelas berat. Maka dari itu yuuk sama-sama kita ketahui jenis-jenis minyak zaitun dan bagaimana cara membedakannya.

6Jenis-Jenis Minyak Zaitun

femina.co.id

Minyak Zaitun Sulingan

Minyak zaitun yang jenis pertama adalah sulingan. Jenis ini merupakan jenis minyak zaitun yang mengalami proses penyulingan lanjutan, setelah proses pertama. Warnanya kekuningan dan cocok digunakan untuk menumis. Jenis ini manfaat minyak zaitun nya sudah sangat berkurang karena sudah melewati beberapa tahap penyulingan.

Minyak Zaitun Murni (Pure)

Salah satu ciri Minyak zaitun yang murni biasanya berwarna hijau kekuningan. Manfaat minyak zaitun jenis murni ini yang paling baik adalah untuk masak dengan pemanasan yang tidak terlalu lama. Jenis minyak zaitun murni adalah hasil proses lanjutan dari jenis yang extra virgin. Harga pasaran biasanya lebih rendah dari jenis sulingan dan extra virgin.

Minyak Zaitun Extra Virgin

Ciri jenis extra virgin : kehijauan, memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam. Minyak ini sangat tidak disarankan untuk menumis atau menggoreng karena kadar minyaknya yang rendah. Cara mengambil manfaat minyak zaitun jenis extra virgin adalah langsung dikonsumsi.

7Cara Cek Keaslian Minyak Zaitun

minyakzaitunasli.com

Langkah-langkah cara cek minyak zaitun asli

Untuk melakukan tips ini sebaiknya gunakan gelas kaca berwarna biru agar warna minyak tidak terlihat, namun jika tidak ada anda bisa menggunakan gelas kaca bening karena cara kerjanya masih sama.

Mengaduk

Siapkan satu sendok makan minyak zaitun lalu tuangkan pada gelas kaca, hangatkan minyak zaitun dengan cara menutup bagian atas gelas dengan telapak tangan, sedangkan tangan yang lain memegang bagian bawah gelas. Selanjutnya goyang-goyangkan gelas seperti sedang mengaduk, hal ini di lakukan untuk melepaskan ester pada minyak zaitun.

Mengendus

Sekarang tarik napas dalam-dalam di bagian atas gelas dan hirup aroma dari minyak zaitun, minyak zaitun yang asli memiliki aroma yang cukup menyengat, namun terkadang agak sulit untuk membedakannya karena memiliki aroma seperti seperti minyak sayur, tujuan melakukan proses ini adalah untuk mengemulsi minyak.

Mencicipi

Minum sedikit minyak zaitun sambil menghirup baunya, atau seperti menyeruput, rasakan tekstur dan rasa minyak zaitun saat berada di dalam mulut, minyak zaitun yang asli akan terasa lebih pahit, dan agak pedas, serta memiliki tekstur seperti mengandung biji bunga matahari.

Menelan

Setelah merasakan rasa dan tekstur minyak zaitun, tahap selanjutnya adalah menelannya, minyak zaitun yang asli tidak akan meninggalkan rasa di mulut melainkan di belakang tenggorokan.

Yup, itulah ulasan lengkap tentang minyak zaitun, mulai dari apa itu minyak zaitun, karateristik minyak, kandungan, manfaat untuk wajah, untuk rambut, cara membuat masker dari minyak zaitun, jenis-jenis minyak zaitun dan cara mengecek keaslian minyak zaitun.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat minyak zaitun, selain untuk wajah dan rambut, minyak zaitun juga berguna bagi kesehatan tubuh, lain kali akan disebutkan di lain tempat.

Semoga bermanfaat bagi kita semua ya.