Beladiri Muay Thai kini mulai banyak digemari. Tak kurang beberapa artis tertarik dengan olahraga dari negeri Gajah Putih Thailand ini.

Muay Thai dalam dunia internasional dikenal sebagai kickboxing karena gayanya yang sangat mirip. Secara bahasa kata Muay berasal dari bahasa Sanskerta “mavya”  yang bermakna “tinju bela diri” dan Thai berasal dari kata “Tai” “suku Thai”.

Seni beladiri Muay Thai memadukan gerakan pukulan dengan tendangan. Sehingga semua unsur tubuh digerakkan dan digunakan dengan maksimal.

Hal inilah yang membuat Muay Thai tak lagi sekedar beladiri namun juga olahraga yang digemari. Pasalnya selain mendapat teknik beladiri untuk keperluan penjagaan, belajar Muay Thai dipastikan akan banyak membakar lemak tubuh.

Makanya Muay Thai banyak digemari kalangan menengah perkotaan karena mereka bisa mendapat dua hal sekaligus yakni beladiri dan olahraga.

Nah berikut ini akan dipaparkan beberapa manfaat Muay Thai bagi kesehatan. Artikel ini akan coba membedah manfaat Muay Thai dari sisi olahraga.

1Meningkatkan stamina

kickboxing2008.com

Jelas dengan berlatuh Muay Thai daya tahan dan stamina seseorang akan meningkat. Dalam sejarah, Muay thai diajarkan pada masa raja pha cao sua untuk melatih bala tentaranya pada kala itu.

Dengan gerakan yang memadukan teknik sapuan kaki, tendangan, lompatan, pukulan, dan teknik siku membuat massa otot kita bertambah. Dengan melakukan olahraga muay thai secara rutin dapat meningkatkan stamina tubuh

2Menjaga berat badan

www.playenable.com

Mau kurus dengan cara asyik dan bisa dapat teknik beladiri praktis? Muay Thai adalah jawabannya. Selain mengatur pola makan yang tepat, olahraga Muay Thai dapat dengan cepat membakar lemak tubuh.

Pasalnya hampir semua bagian tubuh digunakan dalam olahraga ini. Selain itu juga saat bertarung kita akan terpicu adrenalinnya sehingga berat tubuh bisa terus ideal

3Meningkatkan kekuatan kaki

www.wmcmuaythai.org

Olahraga muay thai sering menggunakan kaki sebagai salah satu teknik bertarung. Gerakan kaki ini dapat memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah dan kaki.

Kalau karate dan tinju hanya mengandalkan tangan untuk menyerang, taekwondo hanya dengan kaki, maka Muay Thai jauh lebih komplit.

Tak hanya tangan yang dibentuk dari olahraga ini namun juga kekuatan kaki akan semakin meningkat.

4Menjaga kesehatan

www.youtube.com

Manfaat olahraga muay thai cocok bagi semua kalangan bahkan bagi yang usianya sudah tidak muda lagi, namun perlu ada pengurangan gerak dibandingkan peserta yang usianya masih muda.

Banyak yang mengikuti olahraga ini dengan alasan untuk menjaga kesehatan. Muay thai dipercaya dapat menekan kolesterol jahat dan menekan darah tinggi.

5Menjaga kesehatan mental

www.blitzsport.com

Mengikuti olahraga muay thai tidak hanya menjaga kesehatan fisik tetapi dapat menjaga kesehatan mental. Muay thai yang dilakukan secara rutin secara tidak langsung dapat meningkatkan disiplin diri.

Latihannya yang keras dapat membentuk keberanian dan keringat yang keluar dari hasil latihan dapat mengeluarkan hormon penyebab kecemasan dari dalam tubuh.

6Membentuk pinggul

senshi.com.au

Nah ini mungkin jawaban kenapa sekarang banyak wanita muda suka olahraga yang terkesan keras ini. Pasalnya Muay Thai diyakini dapay membentuk pinggul seseorang menjadi bagus.

Ingin mendapatkan bentuk pinggul yang indah, dapat diperoleh dengan berolahraga muay thai. Gerakan pada lutut dan tendangannya dapat membentuk tubuh bagian pinggul.

SHARE