Tahukah kamu apa saja manfaat berpuasa? Selain mendapatkan pahala dari Allah SWT, juga banyak manfaat secara jasmani dan ruhani. Salah satunya adalah manfaat bagi proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Apalagi jika kita melaksanakan puasa ini selama satu bulan penuh. Tentu manfaat detoksifikasinya akan semakin optimal dong. Sehingga pasca puasa nanti, tubuh akan kembali sehat dan jauh dari berbagai keluhan penyakit.

1Meningkatkan Kemampuan Otak

roommateharmony.com

Saat seseorang berpuasa, maka di dalam otaknya terjadi suatu reaksi kimiawi. Unsur neurotropik dalam otak akan meningkat. Hal ini akan berdampak pada semakin banyaknya sel-sel otak regeneratif yang diproduksi.

Sehingga fungsi otak pun dapat bekerja secara maksimal. Selain itu, hormon kortisol saat seseorang berpuasa meningkat dan menjadikannya lebih tenang dan tingkat stressnya menurun.

2Membantu Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

iran-daily.com

Sakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia ini. Dan bagi seseorang yang berpuasa, ancaman akan terkena penyakit jantung dapat dihindari. Karena aktifitas berpuasa berdampak sangat baik bagi kesehatan jantung.

Selain itu, puasa juga membantu meningkatkan HDL sekaligus menurunkan LDL dalam darah yang berefek positif bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

3Menurunkan Kolesterol

ahlikolesterol.com

Bagi kamu yang merasa memiliki masalah kolesterol dalam tubuhnya, sebaiknya merutinkan untuk berpuasa. Paling tidak menjalankan puasa wajib di Bulan Ramadhan selama satu bulan penuh.

Hal ini diperkuat dengan sebuah penelitian yang dilakukan di Uni Emirat Arab menemukan  bahwa ketika seseorang berpuasa, akan terjadi pengurangan kadar kolesterol dalam darah. Dampaknya akan meningkatkan kesehatan jantung.

Dan akan mengurangi terjadi resiko terserang penyakit jantung dan stroke. Ditambah lagi jika kita melakukan program diet secara intensif. Tentu akan lebih mudah lagi menekan tingkat kolesterol dalam tubuh kita.

4Menyehatkan Ginjal

youtube.com

Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring berbagai zat berbahaya dari makanan dan minuman yang kita konsumsi dan masuk ke dalam tubuh kita. Fungsi ini akan bekerja optimal jika kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 hingga 12000 ml osmosis/ kilogram air.

Dan berkurangnya asupan air yang berimbang saat masa menjaga untuk tidak minum di waktu puasa akan membantu ginjal memenuhi kekuatan osmosis dalam urin. Sehingga akan berdampak baik untuk kesehatan ginjal kita.