Jeruk memang kita kenal sebagai sumber alternatif vitamin C. Semua bagiannya bisa kita manfaatkan. Mulai dari daunnya bisa untuk bumbu masak, daging buah yang biasa kita makan, dan satu yang tak boleh tertinggal. Apa itu?

Yups, kulitnya Guys! Mungkin bagi kebanyakan orang menganggapnya sampah. Tapi tunggu dulu Guys, jangan buru-buru dibuang.

Kulit jeruk ini dipercaya mengandung banyak kegunaan yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga keharuman rumah kita. Mau tahu apa saja? Check this one out Guys.

1Pembersih Buatan

arbamedia.com

Yups, yang pertama kulit jeruk ini bisa jadikan sebagai pembersih buatan Guys. How to use it? Mudah sekali Guys, cukup rendam kulit jeruk di dalam cuka dan diamkan selama satu hingga dua minggu.

Setelah itu, campurkan air dengan perbandingan 50:50 dan mulailah membersihkan rumah seperti biasa pada umumnya. Tada, rumah pun jadi bersih. Bukan bersih saja tapi juga segar aroma kulit jeruk itu!

2Pewangi Ruangan

divatesstilus.hu

Yups, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, kulit jeruk selain membersihkan juga bisa mengharumkan.

Caranya lagi-lagi mudah sangat mudah kok Guys. Pertama, masukkan kulit jeruk ke dalam panci yang berisi air, masaklah dengan suhu rendah kemudian biarkan hingga air mendidih.

Nah dari uap air jeruk yang mendidih ini akan ada kandungan minyak alami yang berfungsi untuk mengharumkan ruangan. Sekedar tips, kita bisa menambahkan satu batang kayu manis atau daun kemangi agar wanginya lebih terasa.

3Menetralisir Bau di Dalam Kulkas

sidomi.com

Kita pun tahu, makanan apa saja akan lebih aawet jika disimpan di kulkas. Nah, karena terlalu banyak macam makanan yang ditaruh di sana, seringkali muncul bau yang tak sedap dari kulkas.

Yups, untuk menetralisirnya kita bisa gunakan kulit jeruk! Caranya cukup letakkan kulit jeruk pada mangkuk dan simpan di dalam kulkas. Wangi kulit jeruk akan menetralisir sekaligus menyegarkan kulkas. Teramat mudah bukan?

4Membersihkan Talenan

acemaxsberkhasiat.com

Papan kayu untuk memotong sayuran atau yang biasa kita sebut talenan bisa saja menjadi sarang bakteri. Yups, karena memotong sayuran apapun di atasnya.

Kadang sayuran yang belum dicuci, atau bahkan yang sudah dicuci sekalipun masih mengandung bakteri.

Nah, diperlukan pembersihan menyeluruh agar kuman-kuman di dalamnya hilang. Caranya, gosokkan kulit jeruk pada talenan, bilas, dan keringkan di tempat panas. Kulit jeruk di sini juga berguna sebagai disinfektan yang bisa menghilangkan bakteri.

Wow, ternyata yang kita kira sebagai sampah juga punya manfaat yang tidak boleh dipandang sebelah mata ya. So, mulai sekarang, coba jangan buru-buru dibuang ya kulit jeruknya, siapa tahu butuh, hehe. Semoga bermanfaat!