Apakah kamu tahu buah sirsak? Ketika sudah matang buah dengan kulit hijau yang kasar ini memiliki rasa yang segar dan nikmat. Sirsak merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah Karibia, Amreika Selatan dan Amerika Tengah.

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang dapat dengan mudah tumbuh di daerah beriklim tropis, sehingga tanamna sirsak pun telah menyebar di penjuru dunia, salah satunya di Indonseia.

Di daerah pedesaan kamu dapat dengan mudah menemukan tumbuhan ini. Tumbuhan ini mempunyai buah dengan daging berwarna putih lembut dan memiliki biji berwarna hitam. Buahnya banyak mengadung vitamain, seperti vitamin C, vitamin B1, dan Vitamin B2.

Selain buahnya yang segar dan nikmat, ternyata daun dari tumbuhan sirsak juga mempunyai khasiat bagi tubuh. Daun sirsak termasuk ke dalam kelompok tanaman herbal yang kaya akan manfaat. Banyak penelitian yang telah dilakukan terhadap tanaman ini.

Salah satunya terdapat kesimpulan bahwa daun sirsak dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit kanker. Memang daun sirsak sudah tak diragukan lagi akan manfaatnya.

Acetogenins, senyawa yang terkandung di dalamnya berperan aktif dalam membunuh sel kanker, luar biasa bukan? Mungkin sebagian dari kamu telah mengetahui cara mengolah daun ini, ada yang ditumbuk dan juga ada yang direbus.

Rebusan daun sirsak memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Cara mengolah rebusan daun sirsak cukup mudah, yaitu pertama siapkan 10 – 15 lembar daun sirsak yang sudah tua atau berwarna hijau tua. Lalu iris-iris daun tersebut menjadi beberapa bagian kecil.

Selanjutnya, rebus daun sirsak tadi dengan komposisi air 2 gelas. Tunggulah hingga airnya mendidih dan hanya tersisa satu gelas. Setelah itu, kamu dapat meminum rebusan tadi.

Berikut manfaat air rebusan daun sirsak yang ternyata meimiliki khasiat bagi kesehatan dan kecantikan.

1Mengatasi Kutu Rambut

g03.a.alicdn.com

Selama ini kita mengetahui manfaat daun sirsak untuk kesehatan. Nah, ternyata rebusan daun sirsak dapat membantu masalah rambut. Air rebusan daun sirsak dapat membasmi parasit yang tumbuh di kulit kepala kita, sehingga rambut akan bebas dari kutu dan ketombe.

Cara pemakaiannya yaitu cukup rebus daun sirsak 10 -20 menit lalu gunakan air rebusan tersebut untuk keramas.

Baca juga: Manfaat buah sirsak

2Mengencangkan Kulit

jambisatu.com

Selain bermanfaat bagi rambut, air rebusan daun sirsak juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak akan membantu merawat kulit dan mencegah penuaan dini pada kulit. Sehingga kulit terlihat kencang.

3Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

solusikesehatankita.files.wordpress.com

Kamu dapat mengkonsumsi air rebusan daun sirsak untuk menjaga daya tahan tubuh mu. Sehingga memiliki sistem imun yang kuat yang nantinya membuat tubuhmu lebih tahan terhadap penyakit terutama terhadap virus.

4Diet

lenteranews.com

Tahukah kamu bahwa air rebusan daun sirsak ternyata dapat membantumu yang sedang menjalankan program diet. Setelah kamu mengkonsumsi air tersebut mungkin pada hari pertama kamu merasa mudah lapar dan haus tapi rasa lelah mudah hilang.

Hari berikutnya nafsu makanmu dapar berkurang. Karena air rebusan ini dapat mengurangi rasa nafsu makan.

5Mengontrol Gula Darah

totalnewswire.com

Kadar gula darah yang berlebih merupakan penyebab utama penyakit diabetes. Penyakit ini tentu berbahaya bagi tubuh. Nah, air rebusan daun sirsak dapat mengontrol kadar gula berlebih dalam tubuh.

Maka bagi kamu yang menderita sakit diabetes dengan rutin mengkonsumsi air ini kadar gula darah mu akan terkontrol. Namun butuh kesabaran juga agar diabetes tersebut sembuh.

6Mengobati Penyakit Liver

www.dietdoctor.com

Kandungan senyawa yang ada dalam daun sirsak berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur sehingga efektif melawan berbagai parasit salah satunya cacing liver. Konsumsilah pada siang hari air rebusan daun sirsak untuk mengobati penyakit liver.

Itulah beberapa manfaat air rebusan daun sirsak bagi kecantikan maupun bagi kesehatan. Selain beberapa manfaat di atas, ternyata daun sirsak juga masih punya banyak manfaat lain yang tak kalah manjurnya.

Yaitu untuk mengobati penyakit kanker, asma, dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya bisa kamu baca di sini. Jangan lupa bagikan ya! Semoga bisa menjadi amal kebaikan yang tak pernah putus.