Buah manggis selama ini sering dimanfaatkan sebagai makanan penutup atau minuman jus yang menyegarkan. Namun belakangan, kulit manggis dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Kandungan kulit buah manggis yang kaya akan antioksidan terbukti sangat ampuh mengatasi berbagai jenis penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Kandungan antioksidannya paling kaya dibandingkan dengan buah-buahan yang lain.

Salah satu cara memanfaatkan kulit manggis sebagai obat adalah dengan merebusnya. Berikut ini beberapa manfaat rebusan kulit manggis yang dapat kamu gunakan.

1Membunuh Sel Kanker di Dalam Tubuh

lovelearnandshare.wordpress.com

Zat antioksidan yang ada dalam kulit manggis terbukti ampuh untuk mengatasi kanker dan membunuh sel-sel kanker yang mulai berkembang.

Beberapa kanker yang dapat diatasi antara lain seperti kanker usus, kanker payudara, kanker otak, kanker paru-paru, kanker hati, kanker rahim, kanker tulang dan jenis kanker lainnya.

Jenis kanker tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi secara rutin air rebusan kulit manggis. Bahkan pengobatan dengan cara ini lebih efektif dan aman. Resiko efek samping yang cukup berbahaya dengan kemoterapi tidak akan ditemukan pada metode ini.

2Mengobati Penyakit Asma

cauchymurtopo.wordpress.com

Asma sering datang tak terduga. Penyakit ini disebabkan adanya gangguan pada saluran pernafasan. Ancamannya pun tak tanggung-tanggung. Bila terlambat dan salah penanganan, bisa sampai mengancam jiwa penderita.

Sebagian besar penderita asma bila tiba-tiba asmanya kambuh, cara mengatasinya dengan metode pengasapan atau penguapan yang mengandung sabutamol.

Obat uap ini bersifat meringankan sesak nafas atau asma sementara saja. Bahkan pada beberapa kasus justru menyebabkan ketergantungan.

Alternatif yang dapat kamu gunakan dengan mengkonsumsi air rebusan kulit manggis secara rutin dan teratur. Bila kamu bisa melakukannya, penyakit asmamu bisa sembuh sampai ke pusatnya.

Keuntungannya setelah sembuh total, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan serangan asma yang suka datang tiba-tiba. Selain itu kamu tidak perlu lagi repot membawa obat uap kemana-mana. Hal ini justru dapat menjadikanmu kurang percaya diri bukan?

3Menurunkan Berat Badan

programberatbadan.com

Kamu masih memiliki masalah kelebihan berat badan alias overweight?

Cobalah formula ini dan dapatkan berat badan ideal sesuai keinginanmu. Air rebusan kulit manggis terbukti dapat mengatasi masalah kelebihan berat badan.

Kandungan senyawa xanthone di dalamnya mampu mengatasi masalah kelebihan berat badan dengan cara menghancurkan lemak dalam tubuh. Lemak yang telah dihancurkan tersebut kemudian diubahnya menjadi energi yang besar.

Disamping itu, kamu juga perlu mengimbanginya dengan olahraga rutin sehingga targetmu untuk menurunkan berat badan hingga berat ideal bisa segera kamu dapatkan.

4Memperbaiki Sel-sel Kulit yang Rusak

tuankepo.blogspot.com

Antioksidan yang terkandung pada kulit manggis juga dapat berfungsi untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Caranya dengan meminum air rebusan kulit manggis setiap hari secara rutin dan teratur.

5Cara Membuat Air Rebusan Kulit Manggis

minumankulitmanggis.blogspot.com

Setelah kamu tahu manfaat dari air rebusan kulit manggis, tentunya kamu penasaran bagaimana cara membuatnya bukan?

Berikut ini tahapan membuat air rebusan kulit manggis sebagai obat.

Pertama, siapkan 2 buah kulit manggis yang masih segar. Cuci hingga kulit manggis bersih dari segala kotoran yang menempel.

Kedua, kulit manggis yang telah bersih kemudian rebus bersama 2 gelas air hingga mendidih. Biarkan hingga tinggal tersisa 1 gelas.

Ketiga, air hasil rebusan tadi dapat diminum dalam keadaan hangat. Minumlah 2 kali dalam sehari secara rutin dan teratur.

Khasiat air rebusan kulit manggis ini memang tidak bisa langsung dirasakan manfaatnya karena merupakan cara alami. Namun dibandingkan dengan obat-obatan kimia, cara ini memiliki khasiat yang lebih bersifat permanen.