Bersedekah adalah sebuah bentuk tindakan terpuji, dengan memberikan apa yang dimilikinya kepada orang lain, dengan hati ikhlas.

Sehingga sebenarnya definisi dari bersedekah tidak hanya bisa disempitkan pada pemberian harta saja, namun pemberian lain secara ikhlas bisa disebut dengan ikhlas.

Memberikan senyum manis kepada saudara sesama umat Muslim saat bertemu, saling mendoakan, dan saling memberi salam kepada umat Muslim yang lain juga merupakan sebuah sedekah.

Seseorang yang telah bersedekah dengan ikhlas, pantas jika dipanggil dengan sebutan seorang yang dermawan. Dan kedermawanan merupakan hal yang disukai Allah.

“Sesusungghnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan dan akhlaq yang mulia, dan Ia membenci akhlaq yang buruk.” (HR Al Baihaqi, dishahihkan oleh Al Albani).

Nah, untuk kamu umat Muslim yang masih berat untuk menjadi seorang dermawan dengan bersedekah, silahkan simak artikel berikut ini.

Artikel tentang 4 manfaat sedekah ini akan membuatmu percaya bahwa Allah Maha Pemberi, sehingga malu untuk menjadi seorang hamba yang kikir.

1Menghapus Dosa

manhajuna.com

Dalam sebuah hadits diriwayatkan, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.”, (HR Tirmidzi, dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih Tirmidzi, 614).

Hadits di atas menunjukkan bahwa salah satu keutamaan dari bersedekah dengan penuh keikhlasan adalah dapat terhapusnya dosa-dosa seseorang tersebut.

Tentunya, oleh beberapa ulama hal lain yang disepakati dari adanya hadits di atas bahwasanya terhapusnya dosa karena sedekah juga harus diikuti dengan taubatan nasuha.

Taubatan nasuha adalah sebuah taubat yang dilakukan seseorang dengan niat kuat tidak lagi akan mau melakukan dosa-dosa yang dulu sering dilakukannya.

2Mendapatkan Naungan di Hari Akhir

yayasanpantiasuhanfirdaus.blogspot.com

Suatu hari, Rasulullah Muhammad SAW pernah bercerita tentang 7 jenis manusia yang kelak akan mendapatkan naungan di hari akhir.

Salah satu jenis manusia tersebut adalah manusia yang gemar menyedekahkan harta atau sesuatu berharga miliknya kepada orang lain dengan ikhlas Lillaahi Ta’ala.

“Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya tersebut sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR Bukhari).

Hadits tersebut mengajarkan umat Muslim bahwasanya seseorang yang bersedekah hendaknya melakukan dengan sembunyi-sembunyi, bukan malah dipamer-pamerkan.

Cukuplah hanya dia dan Allah saja yang tahu tentang amalannya tersebut.

3Harta Menjadi Lebih Berkah

chaidir.web.id

Jika seseorang beranggapan bahwa dengan bersedekah maka harta akan semakin berkurang akibat diberikan pada orang lain, maka anggapan tersebut salah besar!

Sesungguhnya apapun yang kita berikan di jalan Allah dengan mengharap ridho Allah dan penuh keikhlasan, Allah akan menggantinya dengan berlipat-lipat ganda.

“Rasulullah SAW bersabda, Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR Muslim).

Dan para ulama pun bersepakat bahwa ada dua hal besar yang akan seseorang hamba dapatkan dari sedekah adalah keberkahan harta dan melipatgandanya pahala serta rezeki.

4Ada Pintu Syurga Lewat Sedekah

dakwatuna.com

Syurga merupakan sebuah tempat kembali yang amat dirindukan semua makhluk hidup, termasuk manusia, umat Islam di seluruh belahan dunia ini.

Gambaran begitu nikmatnya segala hal yang ada di syurga selalu menjadi sebuah motivasi tersendiri bagi setiap manusia untuk selalu berusaha menggapainya setelah mati kelak.

Dalam sebuah hadits shahih Bukhari diriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda tentang adanya beberapa pintu tempat masuk ke syurga.

Salah satu pintu tersebut adalah pintu sedekah. Yang jelas sekali bahwa pintu itu adalah pintu yang khusus dilewati para dermawan sedekah untuk masuk ke syurga Allah kelak.

Jadi, apakah kamu masih akan ragu memberikan harta berhargamu yang sesungguhnya semua itu adalah pemberian Allah demi mendapat ridhoNya?

Karena sesungguhnya hidup kita hanyalah sementara, maka mari kita memaksimalkan amalan kebaikan kita sebagai bekal mati kelak.