www.kabarmaya.com

Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Hewan semut adalah serangga yang mudah kita temui di berbagai tempat dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan semut sekarang ini tak hanya mendatangi gula saja atau makanan manis.

Sepertinya ungkapan ‘dimana ada gula, di situ ada semut’ kini tak berlaku lagi. Karena hampir semua makanan atau bahkan benda sering didatangi semut.

Mungkin sudak biasa kita melihat semut dan buru-buru untuk kita bersihkan. Eits, ternyata ada semut yang memiliki manfaat luar biasa jika kita makan.

Adalah Semut Jepang, semut yang dipercaya memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Semut Jepang atau biasanya disebut dengan “Ari” oleh masyarakat Jepang ini, kini sangat populer.

Dilihat dari tampilan fisik, semut Jepang lebih besar dan lebih berisi dari semut pada umumnya. Terdapat lebih dari 150 jenis semut Jepang dan semua jenis tersebut mempinyai ciri-ciri yang hampir mirip.

Semut jepang ini tidak seperti semut pada umumnya bentuknya sama atau mirip dengan kumbang ulat hongkong, Semut jepang bentuknya seperti serangga.

Semut jepang memiliki antena, kelenjar metapleural, serta sektor perut kedua yang berhubungan ke tangkai semut.

Ada pinggang sempit (pedunkel) di antara mesosoma (sektor rongga dada serta daerah perut) dan metasoma (perut yg kurang abdominal segmen dalam petiole).

Semut jepang suka hidup berkoloni. Berbadan keras, berkaki 6, bersayap tapi tidak bisa terbang.

Tahukah kamu, ternyata semut jepang memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit loh.

Kandungan tersebut antara lain protein, asam amino, enzim, asam laktat, dan lain-lain. Nah, simaklah beberapa manfaat semut jepang berikut.

Mengobati Diabetes

www.lchdhealthcare.org

Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang saat ini menjadi perhatian khusus. Selain faktor keturunan, pola gaya hidup juga dapat menjadi penyebab munculnya sakit ini.

Kadar gula yang tinggi, tak terkontrol adalah penyebab utama penyakit diabetes. Semut memang sangat senang dengan gula tapi semut Jepang dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula dalam tubuh kita.

Jika kamu menderita diabetes, tidak ada salahnya mengobatinya dengan semut Jepang. Caranya konsumsilah 3 sampai 5 semut untuk diminun 2 kali sehari (tiga hari konsumsi seminggu).

Mengatur Kadar Kolesterol

klikdokter.com
klikdokter.com

Sebagian dari kita tentu gemar mengkonsumsi makanan yang lezat yakni seperti makanan yang bersantan ataupun makanan laut.

Memang tubuh kita memerlukan kolesterol, namun jika kolesterol dalam tubuh tinggi akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Nah, semut jepang dapat membantu mengatur kadar kolesterol baik bagi penderita kolesterol tinggi maupun normal.

Meringankan Penyakit Jantung

www.acehchannel.com

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang membahayakan. Karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian seseorang secara tiba-tiba. Semut Jepang diyakini dapat mengobati penyakit jantung.

Pengobatan Penyakit Hati

www.scifighting.com

Salah satu penyakit hati adalah liver. Bagi kamu yang menderita penyakit yang menyerang hati, tak perlu khawatir.

Konsumsilah semut jepang, semut jepang dipercaya dapat meringankan penyakit hati atau paling tidak dapat membuat penyakit hati tidak kambuh lebih sering.

Caranya dengan mengkonsumsi 3 sampai 5 semut untuk diminun 2 kali sehari (tiga hari konsumsi seminggu).

Mengobati Asam Urat

kidneycarecapsule.com

Seiring bertambahnya usia, orang dewasa sering mengalami penyakit asam urat. Salah satu faktor penyebab asam urat adalah pola gaya hidup.

Nah, semut Jepang dapat dijadikan obat untuk mengobati penyakit asam urat bahkan membuat penderitanya akan jarang merasa sakit di bagian yang terkena asam urat.

Caranya minum dua sampai tiga semut untuk diminum 2 kali sehari (3 hari selama seminggu).

Jika kamu merasakan keadaan yang lebih baik selanjutnya minumlah perhari satu semut (3 hari selama seminggu).

Semut Jepang akan mengatasi penyakit yang satu ini juga dan membuat penderitanya akan jarang merasa sakit di bagian sendi yang terkena asam urat.

Mengobati Stroke

ican-sa.co.za

Semut Jepang juga memiliki manfaat untuk membantu mengobati penyakit Stroke. Tentunya tergantung dengan tingkat keseriusan penyakit Stroke sendiri. Bila Stroke telah masuk ke dalam tingkatan tinggi, bisa saja semut Jepang tidak dapat mengobati hanya meringankan.

Dari kedelapan manfaat semut Jepang, memang lebih baik melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke pada dokter mengenai penyakit yang diderita.

Karena semut Jepang yang memang sudah banyak dijual hanya sebagai obat alternatif yang bisa kamu coba. Tidak hanya itu semut Jepang juga bisa dikatakan menjadi obat anti kimia karena zat enzim yang alami.

Semut jepang juga dipercaya sangat baik untuk melancarkan peredaran darah, meningkatkan kesuburan, membersihkan kolesterol, meningkatkan metabolism.

Meringankan penderita kelainan fungsi hati, membantu menjaga kesehatan secara umum, sebagai antioksidan, membantu meningkatkan fungsi sel

Bagi penderita stroke dapat meminum lima sampai tujuh semut dua kali sehari (3 hari selama seminggu). Untuk minggu kedua minum lima ekor semut 2 kali sehari.

Meningkatkan Vitalitas

assets.kompas.com

Bagi kamu yang memiliki aktivitas padat dan membutuhkan energi lebih dalam berkegiatan, semut Jepang dapat menjadi vitamin bagi tubuh.

Semut Jepang dapat menambah vitalitas baik bagi pria maupun wanita sehingga stamina tubuh akan menjadi lebih baik.

Masyarakat jepang sendiri sudah sangat hafal dengan banyaknya manfaat semut Jepang sehingga mereka sering menjualnya sebagai oleh-oleh dari negeri sakura tersebut yang ditawarkan ke paada para wisatawan.

Mengenai manfaatnya, semut Jepang memang mengandung beberapa zat enzim yang dapat membantu menyembuhkan atau juga mengobati penyakit.

Mengatur Tekanan Darah

mencegahpenyakit.com
mencegahpenyakit.com

Manfaat lainnya adalah mengatur tekanan darah dalam tubuh. Zat enzim dalam semut Jepang akan membantu mengatur tekanan darah seperti tekanan darah tinggi yang akan berlanjut ke penyakit lainnya.

Efek Samping Semut Jepang

health.kompas.com
health.kompas.com

Mengkonsumsi semut jepang secara berlebih dan dengan cara yang kurang tepat dapat mengakibatkan rasa nyeri pada otot kemaluan.

Efeknya otot di sekitar kemaluan akan menjadi sangat sensitive. Sehingga pada pria penderita diabetes bisa mengalami masalah ejakulasi dini.

Secara berlebihan semut jepang juga dapat menyebabkan penurunan Hemoglobin, dan akan membuat tubuh menjadi terasa lemah dan mudah terserang penyakit.

Hal ini bisa menyebabkan penyakit lainnya seperti anemia, darah rendah, dan gangguan pada eritrosit.

Kadar gula juga bisa menurun secara drastis. Konsumsi semut jepang yang berlebih juga dapat membuat kadar gula jadi turun drastis.

Hal ini menyebabkan badan menjadi lemah dan kehilangan kesadaran. Karena penurunan gula yang drastis tidak diimbangi oleh keseimbangan insuli pada tubuh.

Efek panas. Semut jepang juga bisa membuat tubuh menjadi panas, gangguan ini memnyebabkan tubuh si penderita menjadi lemas.

Rasa tidak nyaman akan muncul di tubuh saat beraktifitas bahkan bisa terjadi dehidrasi yang berbahaya buat tubuh bila tidak segera di tangani.

Di mana Bisa Mendapatkan Semut Jepang?

manfaatsemut-jepang.blogspot.com
manfaatsemut-jepang.blogspot.com

Kemudian, bagaimana cara mendapatkan semut Jepang ? Untuk mendapatkan semut Jepang kamu bisa membelinya di para peternak semut Jepang. Tidak sedikit dari mereka yang juga menjualnya dalam dunia maya atau secara online.

Ada yang menjualnya berupa semut, ada juga yang menjualnya sudah berupa obat. Rata-rata berupa obat kapsul yang murni berisi satu semut Jepang.

Cara Konsumsi Semut Jepang

blogoinformasi.com
blogoinformasi.com

Cara mengkonsumsi lainnya dapat menggunakan bantuan media makanan lain. Contohnya menggunakan buah seperti pisang atau juga pepaya.

Cara pertama, masukan semut ke tengah-tengah buah kemudian kunyah bersama buah tersebut agar rasa semut tidak begitu terasa.

Cara konsumsi yang satu ini bisa dipakai bila kamu tidak ingin menggunakan kapsul yang terbuat dari rumput laut. Pastinya semut lebih cepat hancur karena telah dikunyah terlebih dahulu dimulut.

Cara kedua, dengan menyeduh semut Jepang dengan air hangat. Biarkan beberapa menit sampai air menjadi lebih dingin.

Tetapi cara yang satu ini akan membuatmu merasakan bagaimana semut jepang masuk ke dalam kerongkongan lalu tertelan. Jika belum terbiasa, memang agak mengganggu dan menyeramkan.

Manfaat semut Jepang memang dipercaya dapat membantu mengobati beberapa penyakit. Sesuai asalnya, semut Jepang hidup di iklim Jepang yaang berbeda dengan iklim Indonesia. Tetapi kembali lagi kesehatan ada di tanganmu sendiri.

Lebih baik mencegah bukan dari pada mengobati? Sedikit saran, lebih baik kamu berkonsultasi terlebih dahulu ke pada dokter atau orang yang ahli apakah tubuhmu cocok untuk mengkonsumsi semut Jepang.

Di Jepang, terdapat sekitar 200 spesies semut yang dalam bahasa negara tersebut dinamai “Ari”. Spesies-spesies tersebut termasuk Pachycondyla pilosior, Ponera swezeyi, Solenopsis japonica, Camponotus nipponicus, Polyergus samurai serta banyak lagi.

Berbeda dengan semut kebanyakan di sekitar rumah kita, semut jepang memiliki badan yang keras. Semut-semut ini memiliki sayap, namun tidak bisa menggunakannya untuk terbang.

Hewan yang hidup berkelompok ini bereproduksi dengan sangat cepat dan tidak memakan satu sama lainnya.

Cara Budidaya Semut Jepang

banjarmasin.tribunnews.com
banjarmasin.tribunnews.com

Budidaya semut Jepang menjadi marak setelah banyak orang menemukan khasiat dari mengonsumsi jenis-jenis serangga ini.

Modal yang harus dikeluarkan untuk mebangun peternakan semut jepang tidak terlalu banyak, dengan modal Rp 100 ribu saja kamu sudah bisa beternak semut jepang dengan bibit semut berjumlah sekitar 100 ekor.

Siapkan bibit semut jepang, sekitar 3 ekor atau lebih karena akan baik hasil perkembangbiakannya dalam menghasilkan populasi yang banyak.

Sediakan tempat seperti toples ataupun baskom yang tertutup, lalu diberi lubang kecil untuk saluran udara. Siapkan ragi tape, yang berfungsiuntuk sebagai permentasi tape.

Siapkan tempatnya yang memiliki suhu berkisar 30 derajat atau dalam kondisi sedang. Siapkan kapas yang berfungsi untuk tempat perkembangbiakan semut jepang, kapas disesuaikan dengan toples atau baskom tempat berkembangbiaknya semut jepang.

Masukkan semua ke dalam toples atau baskom yang sudah disiapkan sebelumnya.

Selain itu, kondisi kebersihan tempat atau kandang juga harus diperhatikan. Jangan sampai kandang dibiarkan kotor, maka dari itu stoples tempat memelihara semut jepang harus dibersihkan secara rutin.

Toples harus diberi lubang lubang kecil untuk sebagai tempat pertukaran udara agar semut jepang tak mati. Namun lubang tersebut ukurannya harus lebih kecil daripada semut jepang yang diternakkan.

Pastikan bahwa tempat untuk menampung semut tidak boleh basah atau terkena air. Dan tidak dapat dijangkau oleh gerombolan semut merah bisa sekelilingnya diberi kapur pengusir semut atau serangga pemangsa lain.

Kapas yang digunakan adalah kapas steril atau bisa berupa kapas bayi yang tidak mengandung unsur dari bahan kimia.

Cara pemberian makan semut adalah selama 3 hari cukup diberi 1 butir ragi tape (tergantung banyaknya kapasitas semut. Misalnya, semut kurang dari 200 ekor dalam satu toples). Satu butir untuk konsumsi 50-200 ekor semut selama 3 hari.

Semut yang berada didalam toples atau baskom jangan sampai terkena cahaya matahari karena semut tersebut sensitif apabila terkena suhu panas dari cahaya matahari.

Semut jepang akan menjadi agresif dengan mencari jalan keluar dari wadah dan mati bila dibiarkan terlalu lama.

Ternak semut jepang paling cepat mencapai panen adalah setelah 2 sampai 3 bulan. Sebab setelah kurun waktu tersebut semut semut jepang yang diternak sudah berkembang biak menjadi 3 sampai 6 kali lipat dari jumlah semula. Saat inilah semut jepang dapat dipanen

Dari 10 ekor semut jepang dapat berkembang biak menjadi sekitar 200 ekor dalam 2 bulan. Perawatan selanjutnya, kamu cukup memberi makan semut seminggu sekali degan tiga butir roti tawar.

Kalau budidaya semut jepang ini ingin cepat berkembang, maka cobalah untuk membeli bibit semut jepang sekitar 200 ekor yang mana biasa dijual seharga sekitar 200 ribu.

Semut ini akan berkembang biak setelah tiga sampai empat minggu. Dan sebulan kemudian anak dari semut ini akan menjadi dewasa dan siap untuk dipanen.

Harga berkisar 2000 – 5000 per ekor, tergantung dari daerah tempat tinggal. Selain mudah dalam budidaya semut jepang sangat cepat dalam berkembang biak.

Kandungan Gizi Semut Jepang

khasiatmanfaatsemutjepang.blogspot.com
khasiatmanfaatsemutjepang.blogspot.com

Protein merupakan salah satu zat pembangun, yang berfungsi dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan, menggantikan sel-sel yang telah mati dan aus terpakai sebagai protein struktural.

Semut Jepang juga berfungsi sebagai zat pengatur proses-proses metabolisma dalam bentuk enzim dan hormone.

Proses-proses metabolik atau reaksi biokimia diatur dalam tubuh dengan bantuan enzim, sedangkan aktivitas enzim diatur lagi oleh hormon, agar terjadi hubungan yang harmonis antara proses metabolisma yang satu dengan yang lainnya

Dalam kromoson, protein akan menyimpan dan meneruskan sifat-sifat keturunan dalam bentuk gen. Dalam gen ini tersimpan codon untuk sintesa protein enzim tertentu,

sehingga proses metabolisma diturunkan dari orang tua kepada anaknya dan diteruskan ke generasi berikutnya secara berkesinambungan

Kandungan lainnya yaitu asam amino yang dapat membantu mencegah rambut rontok sekaligus menghambat pertumbuhan tumor dan kanker, membantu meningkatkan proses detoksifikasi amonia oleh hati sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Asam amino bisa memastikan keseimbangan nitrogen yang dibutuhkan untuk kelancaran sistem reproduksi. Asam amino juga mempercepat penyembuhan dan membantu memperbaiki kulit dan jaringan ikat.

Asam amino sangat penting jika kamu ingin memiliki kulit, rambut, dan kuku yang sehat. Defisiensi asam amino dapat menyebabkan ketidakseimbangan enzim dan hormon.

Asam amino dapat memicu pelepasan insulin dan dengan demikian membantu keseimbangan tingkat gula darah, berperan merangsang produksi hormon pertumbuhan dan memperkuat tulang serta kolagen.

Berfungsi untuk membantu menghindarkan kelelahan dan meningkatkan stamina. Makanan kaya asam amino dapat membantu menjaga kesehatan jantung, membantu menghindari depresi, dan meningkatkan daya ingat

Asam Laktat. Pada awalnya asam laktat dianggap sebagai zat sisa, namun begitu dikaji ulang, dapat disimpulkan bahwa asam laktat memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Asam laktat yang diproduksi kemudian menumpuk di otot. Penumpukan asam laktat ini dicurigai sebagai penyebab dari kelelahan selama olahraga dan mengakibatkan kram otot setelah selesai olahraga.

Sekarang dengan hasil penelitian terbaru, asam laktat telah menjadi energi yang penting selama olahraga yang berlangsung lama. Hal ini karena asam laktat yang dibentuk oleh sel otot dapat digunakan oleh sel otot lain nuntuk membentuk energi.

Saat olahraga, permintaan oksigen melebihi suplai sehingga timbul metabolisme anaerob yang menghasilkan asam laktat. Asam laktat yang diperoleh dari khasiat semut jepang menurut dokter akan diserap oleh sel otot untuk dijadikan bahan bakar.

Pada orang yang rutin berolahraga atau atlet, terjadi peningkatan efektivitas pemakaian asam laktat sehingga mereka mampu berolahraga dalam jangka waktu lebih lama.

Dibandingkan membuat lelah, asam laktat justru memperlambat terjadinya kelelahan dan meningkatkan kemampuan dalam olahraga.

Sehingga asam laktat dapat menjadi bahan bakar untuk pembentukan energi dalam tubuh. Asam laktat justru memperlambat terjadinya kelelahan dan meningkatkan kemampuan dalam olahraga.

Kandungan lain dari semut jepang adalah Hyaluronic Acid atau Restiaid Asam hialuronat atau Hyaluronan atau hyaluronic acid atau hyaluronate (atau disingkat HA).

HA adalah suatu zat yang terdapat pada seluruh jaringan tubuh manusia, yang berfungsi mengikat air. HA adalah polisakarida alami yang terkandung dalam semut jepang.

Fungsi utama molekul ini adalah untuk menstabilkan struktur interseluler (bagian dalam sel) dan membentuk matriks fluida untuk tempat pengikatan kolagen dan serat elastik.

Efek kandungan asam hialuronat akan terasa seiring dengan pertambahan usia. Namun jumlah asam hialuronat di kulit akan menurun sehingga menyebabkan peningkatan kerutan.

Salah satu aplikasi dari asam hialuronat adalah sebagai jaringan pengisi lunak untuk mengatasi lipatan dan kerut di wajah.

Beberapa perusahaan kosmetik telah membuat produk dari asam hialuronat yang dapat bertahan lebih lama di jaringan lunak. Tetapi akibat dari bertambahnya usia, maka kandungan Hyaluronic Acid akan semakin berkurang.

Dan apa yang akan terjadi jika sendi kekurangan Hyaluronic Acid ? Sendi akan terasa sakit, sehingga sulit untuk beraktifitas. Penyakit ini disebut Osteoarthritis.

Fungsi HA pada mata yaitu untuk memperjelas penglihatan, memberikan pelumas pada mata. Karena bola mata kita dikelilingi oleh HA. HA juga biasanya digunakan pada pengoperasian mata, khususnya pada operasi katarak dan glaucoma.

Fungsi HA Terhadap Otak yaitu untuk menjaga ukuran otak agar tidak mengecil maupun membesar karena factor usia, sehingga sering menimbulkan penyakit pikun.

Hal ini disebabkan karena kandungan air dan Hyaluronic Acid pada otak yang berkurang, sehingga akan menyebabkan pikun. Untuk menjaga agar besaran otak tetap, maka kita perlu suplai kembali Hyaluronic Acid.

Fungsi HA pada kulit juga tak kalah besar. HA pada kulit terdapat pada epidermis dan dermis. Pada Dermis, HA mengisi ruang antara collagen dan elastin.

Karena faktor usia dan sinar matahari , maka menyebabkan hilangnya kadar air dan kandungan HA pada lapisan dermis dan epidermis yang menyebabkan kulit kusam, kasar dan berkerut.

Secara umum Fungsi HA pada kulit yaitu dapat melembabkan kulit dengan mengikat air, bermanfaat mengisi celah yang kosong pada kulit, berfungsi meningkatkan metabolisme kulit,

bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi garis-garis halus pada wajah, berfungsi mengaktifkan kembali sel matrik, pembentukan collagen, meningkatkan vitalitas

HA juga dapat mempercepat penyembuhan luka, berguna bagi pertumbuhan rambut, dapat memperbaiki jaringan, berguna dalam meningkatkan daya ingat, bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang, berguna dalam menjaga kestabilan emosi

Berfungsi meningkatkan potensi seksual, berguna dalam menguatkan organ-organ dalam

Kandungan HA Semut Jepang pada Tubuh Manusia

pojokbisnis.com
pojokbisnis.com

Bayi sampai usia 20 tahun membutuhkan kandungan HA sekitar 80% – 100%. Setelah berusia 25 tahun: Kandungan HA sekitar 65%. Setelah berusia 50 tahun: Kandungan HA sekitar 45%. Setelah berusia 60 tahun: Kandungan HA sekitar 25%

Keberadaan air dan Hyaluronic Acid pada tubuh sangatlah penting. Karena apabila kandungan kedua zat tersebut tercukupi, maka masalah yang selalu ditakuti setiap orang.

Ada lagi Enzym Hmes. Fungsi enzim ini yaitu sebagai katalis atau senyawa sebagai salah satu khasiat semut jepang menurut dokter adalah zat yang bisa mempercepat terjadinya proses reaksi tanpa dirinya sendiri habis karena proses reaksi.

Zat penting ini untuk melepaskan molekul uap air dalam tubuh, pelepasan unsur dan zat kimiawi lainnya, melepaskan molekul-molekul, gugus amin serta banyak lagi.

Semua enzim ini bertujuan untuk memperlancar proses pencernaan serta metabolisme pada tubuh. Enzim bisa mengolah zat-zat baru yang masuk kedalam tubuh sehingga ada proses lainnya yang berubah.

Enzim yang berfungsi sebagai penghancur makanan ketika sedang mengunyahnya didalam mulut. Seluruh kinerja organ tubuh dibantu oleh adanya enzim.

Enzym hmes didalam tubuh manusia juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah. Dalam beberapa hal, pertumbuhan ragi (makanan semut jepang) menyebabkan perubahan yang menguntungkan.

Contohnya, ada perbaikan bahan pakan dari sisi mutu, baik dari aspek gizi maupun daya cerna serta meningkatkan daya simpannya.

Itulah beberapa manfaat semut Jepang bagi tubuh manusia, sangat luar biasa bukan? Kamu dapat menjadikan semut Jepang ini sebagai salah satu obat alternatif.

Tapi tunggu dulu, apakah lantas mengonsumsi semut jepang diperbolehkan secara syariat Islam?

Bagaimana Hukum Makan Semut Jepang dalam Islam?

 

Imam Al-Ghazali berkata dalam kitabnya Ihya’ Ulumuddiin: “Apabila ada semut atau lalat masuk ke dalam periuk makanan,

maka tidak diharuskan menumpahkan dan membuang semua makanan yang ada di periuk tadi, karena yang menjijikkan adalah dzat dari bangkai semut dan lalat tersebut.”

Di dalam kitab Tuhfatul muhtaaj, karangan Imam Zakariya Al-Anshari, disebutkan: “Apabila semut jatuh ke dalam madu, kemudian madu tersebut dimasak, maka boleh memakan semut tadi (tidak perlu di ambil semutnya) bersama madunya.

Namun, apabila jatuh di daging yang memungkinkan untuk memisahkannya, maka tidak boleh memakannya dan harus dipisahkan dengan daging yang dimasak.” (diambil dari kitab Tuhfatu Al-Muhtaaj, 40/403)

Dari keterangan-keterangan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa hukum memakan semut jepang dalam Islam adalah haram dengan alasan bahwa semut adalah hewan yang menjijikkan.

Namun, apabila semut masuk ke dalam makanan yang mana sulit untuk dipisahkan, maka hukumnya semut tersebut boleh untuk dimakan beserta makanan tersebut, dikarenakan sulit untuk dipisahkan.

Namun, jangan menganggap semut yang masuk ke dalam makanan dan susah untuk dipisahkan dengan makanan tersebut itu halal.

Hukum memakan semut dalam kasus ini adalah ma’fu ‘Anhu (diampuni), karena bagaimanapun, hukum memakan semut adalah haram dengan alasan hewan tersebut menjijikkan (menurut syara’/syari’at).

Adapun memakan semut jepang untuk obat, apabila masih ada obat yang lain yang halal, maka hukumnya tetap haram, karena itu bukan keadaan yang darurat.

Kebolehan memakan perkara yang diharamkan itu berdasarkan adanya darurat menurut syara’, seperti ketika kelaparan dan tidak ada makanan yang bisa dimakan selain bangkai dan apabila tidak makan takut akan meninggal karena kelaparan.

Maka, boleh bagi kita memakan bangkai tersebut yang mana hukum asal memakan bangkai adalah haram. Namun, karena keadaan yang darurat, maka boleh memakannya sekedar untuk mempertahankan nyawa.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *