Kita semua umat Islam tahu bahwa hukum dari sholat tahajud atau sholat di sepertiga malam adalah sunah, yaitu berpahala saat menjalankannya dan tidak berdosa apabila ditinggalkan.

Namun beberapa di antara umat Islam masih belum tahu benar, manfaat besar yang tersembunyi dari ibadah sunah ini, dan kedudukannya saat dijalankan.

Ya, salah satu waktu mustajab untuk berdo’a dan meminta kepada Allah adalah saat sepertiga malam, atau di waktu sholat tahajud.

Memang sulit sih, saat semua orang masih tertidur lelap dan di dinginnya malam yang menggoda untuk tetap berada di bawah selimut, kita harus bangun dan mengerjakan sholat.

Namun yakinlah, 5 manfaat besar sholat tahajud ini akan membuatmu enggan lagi untuk meninggalkannya. Kenapa?

Karena ternyata 5 manfaat ini sungguh luar biasa bagi kehidupan kita.

1Mendekatkan Pada Rezeki yang Berkah

anitascarf.com

Seseorang yang masih diberikan umur oleh Allah untuk hidup di dunia ini, berarti Allah masih menitipkan garis rezeki untuk dijalaninya dalam kehidupan ini.

Salah satu indikator kebahagiaan hidup seseorang ternyata bukan dari banyaknya harta, namun dari keberkahan rezeki yang diterimanya.

Orang yang rutin memohon kepada Allah kelancaran dan keberkahan rezeki, akan Allah berikan dengan begitu murah dan penuh kasih sayang kepadanya.

2Mendekatkan Pada Jodoh yang Dinanti

miftahulhidayah90.blogspot.com

Entah itu jodoh pasangan hidup, tempat tinggal baru, pekerjaan, teman, sahabat, bahkan pun anak, ketika kita meminta kepada Allah di waktu mustajab tersebut, Allah akan mengabulkan.

Jika tidak saat itu, bisa di waktu yang terbaik. Dan jika ternyata permintaan kita bukan yang terbaik, Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.

Mintalah kepada Allah, karena sepertiga malam adalah ibarat “jalan tol” menuju kepadaNya.

3Menentramkan Hidup

islamiday.com

Ketentraman hidup terletak juga pada keikhlasan dan kemampuan kita untuk bersabar dalam menjalani hidup ini.

Ketika seseorang telah terbiasa menjalankan sholat tahajud, dia yakin bahwa Allah akan selalu menjaganya dan memberikannya yang terbaik.

Hatinya tentram karena dia yakin bahwa semuanya milik Allah, dan ketika Allah memberikan sesuatu padanya berarti itulah yang terbaik untuknya.

4Membuat Tubuh Makin Sehat

smoothdietindonesia.com

Banyak hasil riset dunia yang mengatakan bahwa udara di pagi hari adalah udara yang masih segar dan sangat sehat untuk kita hidup sebanyak-banyaknya.

Terutama di waktus epertiga malam menjelang subuh, saat kita terkena air wudhu kemudian menjalankan gerakan-gerakan sholat, saat itulah tubuh kita sedang kita latih untuk berelaksasi.

Dengan rutin menjalankan sholat tahajud, kita juga bisa lebih terbiasa untuk disiplin waktu karena kita bisa bangun pagi lebih awal untuk menyambut sholat subuh dan aktivitas pagi hari.

5Do’a Kita Berpeluang Besar Dikabulkan

abuthalhah.wordpress.com

Salah satu waktu mustajab untuk meminta kepada Allah adalah waktu sepertiga malam, termasuk jika kita memintanya dengan sholat dan do’a yang kusyu’.

Di saat suasana yang masih sepi dan tenang tersebut juga kita akan bisa lebih nyaman dalam menjalankan ibadah, mengadu dan meminta kepada Allah.

Dengan kondisi yang demikianlah, membuat kita menjadi lebih dekat dengan Allah dan kemungkinan do’a kita dikabulkan Allah akan lebih besar.

Asal kita niatkan tulus semua untuk mencari ridho Allah, demi kebaikan kita di dunia dan akhirat, serta hanya percaya kepada Allah bahwa Dialah yang mampu menolong kita.