Sholawat merupakan salah satu amalan yang besar pahalanya, ALLAH Swt telah menyuruh para manusia dan para malaikat agar bersholawat kepada Rasulullah.

Ibadah ini tidak berat, bahkan tergolong ibadah sangat ringan. Cukup dengan melafalkan dibibir sudah termasuk ibadah, bisa dilakukan dimana-mana, saat sibuk atau sedang tidak bahkan saat sakit pun bisa dilakukan.

Para ulama banyak sekali yang menyetujui bahwa sholawat merupakan amalan yang besar, hal ini dikuatkan oleh sabda Rasulullah sendiri,

Dari Sayyidina Abdullah bin Mas’ud R.a, bahwa Rasulullah S.a.w bersabda:

“Sesungguhnya manusia yang paling utama denganku pada hari kiamat ialah yang paling banyak bershalawat ke atasku.”.(HR Tirmidzi).

Berikut manfaat sholawat bagi manusia.

1Membawa Keselamatan di Dunia dan di Akhirat

spiritualmuslim.mywapblog.com

Hal ini diceritakan seorang muslim yang dituduh oleh orang yahudi mencuri unta, dengan keyakinan seorang muslim tersebut, akhirnya muslim itu selamat dari hukuman.

Kata Nabi S.a.w; “Hai muslim, beritahukan kepadaku, apakah yang engkau perbuat, sehingga Allah S.w.t menjadikan onta ini bisa mengatakan milikmu?”,

“Wahai Rasulullah, saya tidak tidur di waktu malam sehingga lebih dulu membaca shalawat untuk engkau 10 kali”.

Kata Nabi S.a.w; “Engkau telah selamat (dari hukum dipotong tanganmu) di dunia ini dan selamat juga(dari siksa) di akhirat nantinya dengan sebab berkahnya engkau membaca shalawat untuk saya.”. (Durratul Waa’izdiina).

2Memudahkan Berjalan di Jembatan Shiratal Mustaqim

youtube.com

Sholawat juga mampu memudahkan manusia ketika berjalan melewati jembatan shiratal mustaqim.

Diriwayatkan dalam sebuah hadits dari Abdurrahman bin Samrah yang dituturkan oleh Sa’id bin Al-Musayyab, mengenai soal mimpinya Nabi S.a.w, sebagai berikut.

“Kulihat seorang dari umatku berjalan di atas shirath, kadang meranghak-rangkak dan kadang bergelantung, kemudian datanglah shalawat (yang diucapkannya dahulu ketika hidup di dunia) lalu membangunkannya hingga dapat berdiri dan berjalan dengan kakinya.

Lalu ia diselamatkan oleh shalawatnya.”. (Diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Madiny di dalam At-Targhib Wat-Tarhib, sebagai hadits hasan jiddan [amat baik]).

3Merupakan Amalan yang Sangat Berat Ketika di Mizan

cahaya7langit.wordpress.com

Sholawat merupakan amalan yang berat timbangannya ketika di hari penimbangan antara kebaikan dan keburukan. Dimana setiap manusia yang bersholawat akan seperti mempunyai catatan tersendiri dan catatan itu bisa menyelamatkannya dari siksa.

4Amalan yang Pasti Diterima

nurulfajri.org

Para ulama telah bersepakat tentang hal ini, bahwa ibadah mengucap sholawat kepada baginda rasulullah walau dalam keadaan riya’, tetap saja sholawat itu dicatat menjadi pahala.

Karena sholawat termasuk menyanjung, memuji dan memuliakan rasulullah, tidak ada sanjungan, pujian dan memuliakan yang lebih tinggi dari sholawat kepada Rasulullah.

5Limpahan Rahmat, Ampunan dan Terkabulnya Doa

writhink.wordpress.com

Salah satu kunci dikabulkannya doa adalah bersholawat, seperti yang dijelaskan dalam yang diriwayatkan dari Sayyidina Anas bin Malik R.a, dari Nabi S.a.w;

“Tidak satu doa pun kecuali antara do’a itu dan langit terdapat suatu hijab, sehingga dibacakan shalawat kepada Nabi S.a.w.

Kalau dibacakan shalawat kepada Nabi S.a.w, maka terkoyaklah hijab itu dan masuklah doa itu. Dan bila tidak dibacakan shalawat, maka kembalilah doanya.”.

Sholawat juga mampu mendatangkan rahmat dan ampunan ALLAH, seperti yang jelaskan dalam hadits di bawah ini

“Siapa yang (membaca) shalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya (merahmatinya) sepuluh kali dan dihapuskan baginya sepuluh kesalahan serta diangkat untuknya sepuluh derajat”. (Shahih An-Nasa’i).

Suatu ketika sahabat Ubay bin Ka’ab R.a berkata: “Wahai Rasulullah, saya akan menjadikan seluruh waktuku untuk bershalawat kepadamu”, maka Rasulullah S.a.w bersabda:

“Karena itu, seluruh dosa-dosamu akan diampuni dan semua kesedihanmu akan dihilangkan (yakni tercukupi semua kebutuhan dan diberi jalan keluar atas segala masalah). (HR Tirmidzi 2457. Hasan Shahih).

Semoga bermanfaat dan menjadikan kita orang yang memuliakan Rasulullah