gambartop10.blogspot.com

Inilah Manfaat Surat Al-Waqiah Jika Diamalkan dengan Benar

Posted on

Semua yang ada di dalam Al-Qur’an adalah sebuah kebenaran dan kebaikan yang Allah berikan kepada umat manusia untuk dijadikan pedoman hidup dalam meraih kebahagiaan di syurgaNya kelak.

Namun masih banyak sebagaian umat manusia yang lalai bahkan ingkar, Al-Qur’an tak disentuh sama sekali, atau hanya disentuh sesekali.

Padahal semua firman Allah SWT di dalam Al-Qur’an dapat menjadi penolong dan penentram hati kita dari beratnya himpitan hidup.

Semua yang menjadi kebingungan kita sesungguhnya telah Allah jawab di dalam Al-Qur’an.

Bahkan menurut sebuah kisah, pada zaman Rasul, cara Rasulullah SAW mengajari sahabat-sahabatnya adalah dengan memantapkan satu surat dahulu sebelum beranjak ke surat lain.

Jika para sahabat belum mampu membaca, mengerti maksudnya, bahkan belum bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka Rasulullah tak akan melanjutkan ke surat selanjutnya.

Luar biasa sekali bukan?!

Nah, berbicara tentang Al-Qur’an, ada salah satu surat dalam Al-Qur’an yang bernama Al-Waqiah. Arti secara bahasa Indonesia adalah Hari Kiamat.

Surat ini termasuk surat Makiyyah, yang artinya diturunkan di kota Mekkah, dan berjumlah 96 ayat.

Surat ini terletak di juz 27, setelah surat Ar-Rahmaan, dan sebelum surat Al-Hadiid.

Ada beberapa keutamaan bagi kita yang rutin membaca surat Al-Waqiah dengan pengalaman yang benar menurut beberapa hadits shahih. Apa sajakah itu?

Dimudahkan Menuju Syurga

simomot.com
simomot.com

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh perawi hadits terkenal bernama Imam Bukhari, dalam sharah haditsnya nomor 4502, disebutkan sebagai berikut:

“Telah menceritakan kepada kami (Ali bin Abdullah), telah menceritakan kepada kami (Sufyan), dari (Abu Zinad), dari (Al A’ra), dari (Abu Hurairah ra.), sampai kepada Rasulullah SAW, beliau bersabda:

“Dalam syurga terdapat sebatang pohon yang bilamana seorang yang berkendaraan berjalan di bawahnya selama seratus tahun, maka dia belum habis melewati bayangannya.

“Karena itu, bacalah jika kalian mau yaitu ayat WA ZHILLIM MAMDUUD (dan naungan pohon yang terbentang luas) (QS Al-Waqiah ayat 30).”.

Nah, dari hadits tersebut kita dapat mengambil sebuah pelajaran bahwa satu ayat saja dari surat Al-Waqiah ternyata sudah dapat membantu kemudahan kita dalam menggapai syurga Allah.

Maha Suci Allah dengan Segala FirmanNya!

Dijauhkan dari Kelalaian

pondokibu.com
pondokibu.com

Dalam sebuah riwayat disebutkan, Ubay bin Ka’ab berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah, ia akan dicatat tidak tergolong orang-orang yang lalai.”.

Nah, pengertian lalai disini tentu kita semua sudah paham benar bukan?

Lalai adalah sifat manusia yang meninggalkan entah dengan sengaja atau tak sengaja apa-apa yang telah diamanahkan Allah kepadanya.

Dengan membaca surat Al-Waqiah yang juga merupakan bagian dari Al-Qur’an ini, menurut sabda Rasulullah SAW tersebut, kita bisa dijauhkan dari sifat lalai tersebut.

In shaa Allah.

Hidup yang Damai dan Tentram

littlemikhael.wordpress.com
littlemikhael.wordpress.com

Setiap orang pasti sangat menginginkan kehidupan yang damai dan tentram. Walau ada ujian dari Allah namun tetap dapat tenang dan bersabar dalam menghadapinya.

Nah, dengan mengamalkan membaca surat Al-Waqiah terutama setelah sholat atau saat-saat diri terasa dihimpit beban berat, in shaa Allah aka nada pertolongan dari Allah.

Dalam sebuah riwayat diceritakan, dari Imam Ja’far Ash-Shadiq yang adalah seorang ulama fiqih, meriwayatkan sabda dari Rasulullah SAW sebagai berikut:

“Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah pada malam Jum’at, ia akan dicintai Allah dan manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia.”.

Selain itu, ada juga hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husain bin Ali bin Abu Thalib, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.”.

Luar biasa sekali, sungguh Allah Maha Perkasa dan Kuasa. Dengan segala yang ada di langit dan bumi, Dia karuniakan Al-Qur’an sebagai bentuk cintaNya kepada para hambaNya.

Maka jika kita lalai sedikit saja terhadap Al-Qur’an, kita ibaratnya seperti tengah memadamkan lampu senter saat kita tersesat di dalam gua yang gelap.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *