Pernah minum susu kedelai? atau mungkin kamu suka minum susu kedelai? Kalau kamu suka, maka kamu sudah mengonsumsi asupan yang baik bagi tubuh.

Susu kedelai punya manfaat besar lho kalau dikonsumsi secara baik, dan tentu lebih disarankan untuk orang dewasa.

Berikut 6 manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh;

1Kesehatan Jantung

deherba.com

Penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh seorang pria.

Portal kesehatan dunia merekomendasikan untuk melakukan diet rendah lemak jenuh dan sodium serta tinggi protein untuk mencegah masalah kardiovaskular.

1 cangkir susu kedelai mengandung 3.6 gram lemak, 6.3 gram protein, 104 kalori dan hanya 0,5 gram lemak jenuh.

Selain rendah kalori, rendah lemak, dan tinggi protein, rasio lemak jenuh dan lemak tak jenuh susu kedelai dapat membantu tekanan darah tinggi dan kolesterol.

2Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

tekanan-darah-tinggi.org

Kandungan seimbang antara lemak jenuh dan tak jenuh adalah salah satu komponen yang dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah tinggi.

Kandungan vitamin E, asam folat dan B6 mampu mencegah terjadinya penyakit jantung. Tekanan darah tinggi juga dapat diminimalisir dengan kandungan magnesium pada susu kedelai.

3Mengurangi Kolesterol dalam Darah

penampilanitupenting.com

Antioksidan dalam isoflavon pada kacang-kacangan seperti kedelai, mampu menaikkan kadar HDL yang baik untuk kesehatan jantung.

Sedangkan lesitin dipercaya menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

4Mengurangi Risiko Diabetes

caretrainingpartnership.co.uk

Protein nabati pada susu kedelai dapat lebih mudah diolah oleh ginjal penderita diabetes, dibandingkan dengan protein hewani seperti susu sapi.

Susu kedelai mengandung dua zat gizi mikro yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan diabetes tipe 2, yaitu magnesium dan vitamin D.

Meskipun zat ini bukan untuk pengobatan diabetes tipe 2, orang-orang yang memiliki nutrisi rendah terhadap dua zat ini memiliki risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2.

1 cangkir penyajian susu kedelai dapat mencegah terjadinya kasus tersebut karena mengandung 8,6% dari magnesium dan 18 persen vitamin D. Susu kedelai adalah makanan yang aman bagi penderita diabetes tipe 2.

5Mencegah Osteoporosis

qpilates.net.au

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bertambahnya usia dan kekurangan hormon.

Fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis.

Untuk manfaat maksimal, pastikan untuk membeli susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium tambahan dan vitamin D.

6Kesehatan Mental

trenfashion.xyz

Kesehatan mental adalah salah satu manfaat susu kedelai yang tidak terduga. Bagaimana peran susu kedelai ini pada kesehatan mental?

Bunuh diri merupakan peringkat ke-7 dari penyebab utama kematian para pria. Nah, susu kedelai dapat membantu mengurangi risiko ini karena mengandung sejumlah zat gizi mikro dengan potensi manfaat kesehatan mental.

1 cangkir susu kedelai mengandung 5,8 persen vitamin B-6, yang dapat membantu tubuhmu membuat serotonin neurokimia untuk meningkatkan suasana hati.

Kadar magnesium juga membantu meningkatkan serotonin yang sama efektifnya dengan beberapa obat antidepresanĀ bagiĀ orang depresi dan diabetes.

Kandungan vitamin D yang tinggi dalam susu kedelai juga dapat membantu untuk mencegah dan mengobati gangguan afektif musiman.