Siapa warga Indonesia yang tidak mengenal tempe? Makanan berbahan dasar biji kedelai yang difermentasi ini merupakan makanan khas dan sangat digemari seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari warga kelas bawah hingga kelas atas.

Saat ini produksi tempe pun sudah mendunia, di beberapa negara bahkan sudah ada yang membuka pabrik tempe sendiri. Salah satu pabrik tempe yang terkenal berada di Jepang, yang dibangun oleh orang asli dari Indonesia.

Penggemar tempe di sana pun sangat banyak. Apalagi untuk orang yang menjalani vegetarian. Karena bagi para vegetarian, mereka akan menjadikan tempe salah satu menu andalan sebagai pengganti daging.

Rasanya yang pas untuk diolah menjadi berbagai masakan pun tidak menjadikan para pecinta tempe merasa bosan untuk terus mengonsumsinya. Di balik kesederhanaan tempe, makanan ini memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuhmu.

Sehingga tempe seringkali dikatakan sebagai makanan yang kaya akan zat gizi. Berikut ini adalah manfaat yang terkandung dari makanan rakyat yang bernama tempe.

1Meningkatkan Kinerja Otak

Ketika kamu mengonsumsi tempe, maka kebutuhan mineral mangan dan tembaga harianmu sudah dapat terpenuhi. Mineral mangan dan tembaga ini akan membantu menyembuhkan luka serta meningkatkan kekuatan jaringan.

Lebih hebatnya lagi, mineral tembaga yang terkandung dalam tempe mampu meningkatkan komunikasi sel otak. Hal ini akan membuat kinerja otakmu semakin baik dari sebelumnya.

2Tempe Mudah Dicerna

kudo.co.id

Protein nabati berbahan dasar biji kedelai ini lebih mudah dicerna oleh tubuh dibanding dengan sumber protein lainnya. Karena proses fermentasi dari kedelai itulah yang memudahkan tubuhmu untuk mencernanya.

Selain mudah dicerna, tempe juga mengandung riboflavin dan niasin yang menghasilkan enzim untuk sel-sel dalam pencernaan.

Bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, pasti senang mendengar manfaat tempe berikutnya. Karena niasin di dalam tempe juga dapat mengontrol nafsu makanmu yang berlebih.

3Menurunkan Risiko Kanker

kudo.co.id

Sekarang kamu bisa memakan tempe sesuka hatimu. Karena salah satu manfaat lain yang terkandung dalam tempe ini dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Antioksidan di dalam tempe akan membantu proses pencegahan kanker tersebut.

Antioksidan akan bekerja untuk menangkal radikal bebas yang akan menjadi penyebab kanker. Akan tetapi, kamu perlu memperhatikan cara pengolahan tempe juga supaya mendapatkan manfaat terebut.

Pastikan kamu menghindari yang namanya minyak yang mengandung lemak jenuh untuk mengolah tempe. Oke guys?

4Tinggi Protein

id.wikipedia.org

Protein yang terkandung di dalam tempe mampu memelihara jaringan otot serta memproduksi enzim yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh untuk menjalankan fungsinya masing-masing.

Setiap 100 gram tempe mengandung 19 protein. Jumlah ini dapat memenuhi 34 persen kebutuhan protein bagi orang dewasa dalam satu hari. Jadi, para vegetarian pun tak perlu khawatir akan kekurangan protein jika hanya mengonsumsi tempe saja.

5Menyehatkan Jantung

ahlikolesterol.com

Antioksidan dan anti-inflamasi pun terdapat dalam tempe. Antikoksidan dan anti-inflamasi mampu melindungi pembuluh darah daalam tubuhmu dari kerusakan oksidatif dan inflamasi. Sehingga, dengan mengonsumsi tempe mampu menyehatkan jantungmu.

Nah, banyak kan manfaat tak terduga dari makanan yang biasa kamu konsumsi sehari-hari ini? Jadi, kamu tak perlu meragukan lagi khasiat dari makanan yang difermentasi ini. Berbagai olahan masakan pun bisa kamu buat dari tempe ini.

subtersidera.blogspot.com
subtersidera.blogspot.com

Misalkan saja tempe goreng, tempe mendoan, tempe bacem, orek tempe, atau mau yang lebih internasional lagi?  Kamu pun bisa mengolahnya menjadi nugget tempe atau steak tempe.

Sehingga kamu dan anggota keluargamu tidak akan bosan untuk selalu mengonsumsi tempe yang sangat murah dan menyehatkan ini.