Indonesia merupakan salah satu negara penghasil tembakau terbesar, banyak sekali petani tembakau di negeri ini, khususnya di pulau jawa.

Hal yang disayangkan adalah penggunaan tembakau itu sendiri, selama ini tembakau hanya digunakan untuk bahan dasar pembuatan rokok, tak heran banyak sekali pabrik rokok di Indonesia dan konsumen rokok pun juga sangat banyak.

Padahal kegunaan tembakau sangat banyak sekali, salah satunya adalah mampu mengendalikan penyakit mematikan yaitu HIV atau Aids.

Untuk lebih jelasnya tentang manfaat tembakau mari kita bahas bersama di bawah ini.

1Hasilkan Protein Anti Kanker

arrahmah.com

Tembakau di rokok memang dapat memicu kanker, tapi ternyata tanaman tersebut dapat menghasilkanĀ  protein anti kanker yang bermanfaat bagi penderita kanker.

Protein dibuat oleh DNA dari tubuh kita, lalu DNAitu dimasukkan ke dalam tanaman lewat bakteri, lalu tanaman tersebut akan membuat protein sesuai DNA yang dimasukkan. Sehingga jika panen tembakau, bisa dibentuk cairan yang isinya protein.

2Obat Anti Serangga

antarakalsel.com

Tembakau sangat ampuh mengatasi serangga, hal ini dibuktikan dengan beberapa petani yang menggunakan semprot cairan tembakau untuk membasmi hama di tanaman padi.

Selain ini sangat ampuh untuk hama, tembakau yang disemprotkan ke padi tidak ada efek sampingnya.

Tembakau juga dapat melepaskan gigitan lintah, jika kulit ada yang dihinggapi lintah akan sangat mudah dilepaskan dengan tembakau.

3Obat Diabetes dan Antibodi

techno.id

Berdasarkan hasil riset para ilmuwan, tembakau yang dimodifikasi berdasarkan genetiknya, bisa digunakan untuk dijadikan obat diabetes serta kekebalan tubuh.

4Obat HIV atau AIDS

blogdokter.net

Tembakau dapat menghasilkan protein obat virus HIV, yang disebut dengan griffithsin. Bedanya bukan tembakau yang menghasilkan protein tapi virus dari tembakau tersebut.

5Pemelihara Kesehatan Ternak

uang1000.com

Ekstrak tembakau mampu membunuh cacing H contortus yang ada pada ternak. Sehingga selain dapat menyembuhkan juga dapat menjaga kesehatan ternak

6Obat Luka

tokoina.com

Jika terkena benda tajam atau tangannya tergores dan berdarah, setelah darah kering bisa menggunakan tembakau untuk mengobati luka tersebut.

Caranya kurang lebih 25 gram daun segar tembakau dicuci lalu ditumbuk hingga lumat, ditambah minyak tanah kurang lebih 25 mili, diperas dan disaring, lalu oleskan pada bagian yang luka

7Sebagai Biofuel

vedralny.mywapblog.com

Hal ini sedang terus diuji oleh para ilmuwan, dimana biji tembakau dapat dijadikan minyak untukĀ  bahan bakar mesin diesel. Jika memang bisa akan dapat mengurangi pemanasan global atau global warming.

Inilah manfaat tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, jadi tembakau bukan hanya untuk rokok saja, tapi juga untuk kesehatan manusia.