Apakah kamu memiliki kebiasaan tidur siang? Apalagi ketika puasa Ramadhan. Tahukah kamu bahwa tidur ternyata memiliki banyak manfaat di bulan puasa.

Nah, bagi kamu yang tidak terbiasa untuk tidur siang, tak ada salahnya mulai membiasakan diri untuk tidur, misalnya berikan kesempatan tidur sejenak bagi tubuh setelah sholat Dzuhur.

Banyak yang bilang bahwa tidur ketika bulan puasa merupakan ibadah. Ternyata ia juga lebih bermanfaat.

Setelah tidur biasanya tubuh terasa lebih segar dan tenagapun tersimpan, tidak hanya itu kita juga akan mendapatkan amal dan pahala di dalamnya.

Mau tahu manfaat tidur saat bulan Ramadhan? Berikut beberapa ulasan tentang manfaat tidur di bulan puasa yang perlu kamu ketahui.

1Terhindar dari Godaa-Godaan yang Membatalkan Puasa

www.tuntasmedia.com

Memang sih ketika bulan Ramadhan setan-setan dibelenggu, akan tetapi manusia masih memiliki nafsu yang kadang mengajak pada hal-hal yang kurang baik.

Apalagi saat bulan puasa, banyak hal yang bisa saja ‘menggoda’ kita untuk melakukan hal yang sia-sia sehingga dapat mengurangi atau bahkan membatalkan kesempurnaan puasa kita.

Daripada tetap terjaga tapi beresiko untuk melakukan hal yang dapat membatalkan puasa, lebih baik tidur agar terhindar dari hal-hal tersebut.

2Terhindar dari Rasa Lapar dan Haus

www.acehardware.co.id

Orang yang berpuasa tentu menahan lapar dan haus. Rasa lapar dan haus tersebut bisa datang kapan saja, biasanya ketika siang hari saat panas matahari menyengat.

Rasa lapar juga bisa datang dari pikiran kita. Dengan tidur  ditengah puasa dapat membuat rasa lapar akan hilang sejenak dari pikiran kita.

3Sumber Tenaga

widhiaanugrah.com

Saat hari-hari biasa, kita dapat makan dan mium secara teratur. Makan dan minum tersebut menjadi sumber dari tenaga kita.

Ketika bulan puasa, sumber tersebut agak berkurang selama kurang lebih 13 jam. Jika kamu meluangkan tidur sejenak pada siang hari, maka kita dapat menjaga tenaga yang tersisa.

Sehingga tubuh akan terasa segar dan terbentuk semangat untuk menjalankan aktivtas kembali.

4Menenangkan Pikiran

ceritamotivasimendidik.blogspot.com

Saat kamu tidur, tidak hanya tubuh saja yang beristirahat, pikiran kita pun juga ikut beristirahat. Setelah tidur sejenak akan membuat pikiran lebih tenang sehingga dapat berpikir lebih jernih.

5Tidur Menjadi Ibadah

jadiberita.com

Ramadhan memang bulan yang penuh berkah, sampai-sampai tidur pun merupakan salah satu ibadah dimana terdapat pahala di dalamnya.

Orang yang tidur saat menjalankan ibadah puasa akan dijadikan ibadah oleh Allah jika tidurnya tidak berlebihan.

Itulah beberapa hikmah dari tidur di bulan puasa. Tapi yang perlu kamu ingat bahwa tidur yang dilakukan jangan dijadikan untuk bermalasan-malasan sepanjanng hari.

Lakukan tidur jangan berlebihan dan dengan perasaan ikhlas berniat ibadah.